Laman

Selasa, 19 April 2016

RUUD JOLIE




Lahir pada 19 April 1976 di Tilburg, Belanda, dengan nama lengkap Rudolf Adrianus Jolie, adalah gitaris utama dari Within Temptation.


Dia merupakan anak tunggal. Saat mulai tumbuh dia tertarik untuk memainkan kibord, tapi hasrat untuk musik mulai terbangun setelah dia menonton sebuah video konser milik Iron Maiden. Maka, setelah menyelesaikan SMU, Ruud masuk universitas dan mengambil pendidikan dalam bidang musik jazz. Dia lulus pada tahun 1999.

Jolie memulai dengan bermain bersama beberapa band lokal. Dia bergabung dengan “Brotherhood Foundation”, sebuah band nu-metal dengan siapa dia bertahan untuk 2 tahun. Saat Brotherhood Foundation bermain di festival “Dynamo” pada 1988 di Republik Ceko, Jolie bertemu Within Temptation yang juga bermain di sana. Saat itu, Michiel Papenjove masih gitaris Within Temptation, dan tidak ada rencana awal bagi Ruud untuk bergabung dengan band Symphonic metal itu. Salam sebuah wawancara dengan Starfacts, Ruud menyatakan bahwa pengalaman manggungnya yang paling memalukan adalah saat dia masih memiliki rambut panjang dan tersangkut di mikrofon saat headbanging. Dia berpikir bahwa itu memalukan karena gadis yang dia cintai ada di barisan depan. Mereka tidak pernah bersama.


Setelah Brotherhood Foundation, Ruud bergabung dengan sebuah band alternative rock “Vals Licht” (False Light) pada 2001. Band ini dikenal akan kombinasinya dari musik heavy metal dengan lirik bahasa Belanda, sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Mereka merilis beberapa single di toko Belanda, dimana “Het Licht” mencapai tangga lagu top 10. Sebulan setelah bergabung dengan “Vals Licht”, Ruud mendapatkan panggilan telepon dari Within Temptation memintanya untuk bergabung dengan mereka saat gitaris Michiel Papenhove pergi. Ruud menolak mereka karena dia telah berkomitmen dengan “Vals Licht” dan berpikir itu tidak layak untuk “berpindah dari band ke band” dengan sangat cepat. Di minggu yang sama, Robert Westerholt, pendiri dan gitaris Within Temptation, khawatir dengan kondisi Johann memanggil Ruud lagi dengan permintaan yang sama. Ruud menolak Within Temptation lagi karena keadaan yang tidak mudah yang dialami “Vals Licht”, tapi memberi tawaran untuk menjadi gitaris pengganti Within Temptation hingga mereka menemukan sendiri anggota permanen.

Di musim panas 2001, Within Temptation memiliki sebuah jadwal di Mexico City. Ruud, sebagai pengganti, ikut dengan mereka untuk tampil di konser itu. Perjalanan ini sangat membuat Ruud makin dekat dengan para anggota Within Temptation, dan membuatnya menyadari bahwa dia ingin menjadi anggota permanen dari band. Sayangnya, Within Temptation telah mempekerjakan seorang gitaris “permanen”. Namun, saat mereka kembali ke Belanda, beruntung bagi Ruud, bahwa hal itutidak berhasil, dan maka dia menerima panggilan ketiga dan terakhir dari Robert menanyakannya untuk bergabung dengan band segera, sebuah permintaan yang akhirnya disetujui Ruud.

Pada September 2007, Ruud mengumumkan rencananya untuk sebuah proyek solo, berjudul “For All We Know”. Di sebuah pengumuman di blog MySpace-nya, Ruud berkata “Saya memutuskan untuk memberinya nama itu karena saya pikir nama itu memunculkan semua pertanyaan yang tidak mempunyai jawaban segera dengan cepat. Dan apa yang lebih menarik daripada mencari jawaban? Setiap orang mencari jawaban segera saya rasa. Bhakan tanpa sadar. Dengan demikian hal itu dapat diinterpretasikan secara beragam. Hal yang dapat dipertanyakan tentang nama itu yang mungkin menaikkan alis daripada pertanyaan adalah saat anda menyebutkan huruf depannya; FAWK. Ah, itu adalah rincian kecil… Secara musikal ini akan menjadi berat pada dasarnya. Tentu saja sangat berorientasi gitar. Itu tidak akan menjadi album shred tapi banyak isian gitar dengan menarik. Beberapa kata kunci yang ada sekarang adalah; Heavy, Hysterical, Melodic, Atmospherically, Ambient, Groovy, Mellow… Periksa pengaruh saya di seksi info umum. Kemudian anda akan melihat jenis musik apa yang saya dengarkan. Saya rasa hal itu wajar saya bahwa beberapa ‘isi’ dari band-band dan artis-ratis itu menjadi hasil akhir musik saya. Dan tidak, ini tidak akan menjadi sesuatu seperti Within Temptation. Apa gunanya mengerjakan sebuah proyek sampingan jika itu sesuatu seperti band utama saya?” Album ini dirilis pada 25 April 2011.


Saat klub penggemar Iron Maiden Belanda meminta Joey Bruers melakukan sebuah pertunjukan khusus yang akan menjadi sesuatu lebih dari pada penghormatan rutin atau sebuah band cover. Dia meminta Ruud untuk bergabung bersama dengan dia dan musisi lain dari beberapa band untuk menampilkan sebuah rangkaian lagu-lagu Maiden akustik. Reaksi dari khalayak sangat mengesankan. Ide yang menjadi sebuah pertunjukan kemudian menjadi sebuah proyek. Sebuah proyek untuk membawa semua jenis musisi dan penggemar bersama untuk merayakan musik. Maiden United mempersembahkan lagu-lagu Iron Maiden klasik dalam cahaya baru yang menarik. Aransemen ulang akustik yang merubah lagu menjadi sesuatu yang penggemar Iron Maiden tidak pernah membayangkan untuk mendengarnya. Dia saat ini merekam dan memproduseri album ketiga mereka yang akan dirilis pada musim gugur 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...