Laman

Selasa, 26 April 2016

JANNE WIRMAN




Lahir dengan nama lengkap Janne Viljami Wirman pada 26 April 1979 di Espoo, Finlandia.

Janne mulai bermain piano pada usia 5 tahun. Sebagian besar awal bermusik dia memfokuskan gaya pada jazz, berubah rasa tertarik kepada musik heavy metal saat dia bergabung dengan band metal Children of Bodom pada 1997.


Dia lulus dari Helsinki Pop & Jazz Conservatory pada usia 16 tahun dan kemudian diundang oleh Jaska Raatikainen untuk bergabung dengan Children of Bodom, karena kibordis terdahulu mereka – Jani Pirisjoko – dipecat dari band. Janne adalah faktor mereka yang menjadi penentu untuk benar-benar memulai karir profesional mereka. Tidak hanya dia membawa bakatnya pada band, tapi setelah sebuah latihan tunga dia juga menjadi dapat bermain selaras dengan gitaris utama dan vokalis Alexi Laiho. Keselarasan ini dapat dilihat selama penampilan live mereka, atau lagu rekaman Bed of Razors, Lake Bodom dan Downfall.

Pengaruh utama permaian kibornya adalah dari Jens Johansson dari Stratovarius (juga pernah menjadi kibordis gitar virtuoso Yngwie Malmsteen dan Dio) dimana dia mengadopsi gaya permainan kibornya hingga saat ini.

Pada tahun 2000, Janne membuat sebuah band progressive metal sebagai proyek sampingan utamanya. Album kedua band – Beyond Abilities – berlanjut dengan kehadiran adik Janne, Antti Warman.


Di tahun yang sama, Jens Johansson diminta oleh band heavy metal Masterplan untuk bermain di album debut mereka, tapi karena dia sudah sibuk dengan proyek lain, dia menyarankan mereka pada Janne. Maka, di awal 2002, Janne ambil bagian di rekaman album debut self-title Masterplan. Band berkeinginan memberinya tawaran padanya sebuah posisi permanen, tapi Warman memilih untuk terus bermain dengan Children of Bodom. Masterplan merilis album mereka dan memberi kredit pada hasil karya Janne di buklet CD. Pemain kibord band Axel Mackenrott – dipekerjakan setelah penolakan Janne untuk masuk ke band – muncul di semua gambar promosi, dan secara resmi dikreditkan sebagai kibordis Masterplan.

Untuk rekaman dengan Warmen, Janne membangun Warmen Productions Studio (kini bernama Beyond Abilities). Studio ini juga melakukan untuk rekaman trek kibord Kotipelto, bagian dari album Iron milik Ensiferum dan album keempat Sinergy.


Janne pernah mengalami pengalaman buruk dengan kesepakatan sponsor. Dia telah bersepakat baik dengan Roland Skandinavia dan Korg di masa lalu dan dijanjikan peralatan baru, tapi tidak pernah menerima apapun. Di belakang album kedua Warmen tertulis: Tidak ada produk Roland atau Korg yang kami gunakan".

Janne awalnya hanya dimaksudkan untuk memainkan sedikit pertunjukan dengan Children of Bodom, tapi mereka makin menyukai dia. Di documenter Chaos Ridden Years, Alexi Laiho berkata, “Tapi itu pertama kali saya melihat dia minum, dan itulah saat saya tahu dia adalah orang yang tepat.” Janne bertahan dengan mereka, tapi mengatakan dia merasa seperti anggota band sejati di sekitar waktu rekaman album keduanya dengan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...