Laman

Minggu, 10 April 2016

TIM ALEXANDER




Lahir pada 10 April 1965 dengan nama Timothy William Alexander di Cherry Point, North Carolina, dikenal sebagai drummer band Primus. Alexander bermain di rekaman Primus dari album Suck on This hingga Tales from the Punchbowl, sebelum meninggalkan band pada 1996, hanya untuk beragbung kembali pada 2003 untuk EP Animals Should Not Try to Act Like People. Alexander sering dipuji untuk permainan “polyrhythmic”-nya.

Sebelum Primus, Alexander bermain dan rekaman dengan Major Lingo, yang pada saat itu adalah band ska berbasis ritem yang menampilkan lap steel guitar sebagai alat musik utama, dimainkan oleh Tony Bruno.


Alexander mendapatkan pekerjaan dengan Primus menggantikan Jay Lane (bersama dengan Larry LaLonde yang menggantikan Todd Huth) pada 1988, dan bertahan hingga 1996. Jabatan kedua Alexander dengan Primus adalah dari awal 2003 hingga 2009 saat dia digantikan oleh Jay Lane. Les Claypool membicarakan permainan Alexander dalam sebuah wawancara dengan Bass Player: “(Dia) adalah seorang pemain yang tepat. Bahkan saat kami melakukan pemanasan, anda dapat mengatakan bahwa kami masih sebuah band yang tidak banyak berlatih. Dan sebagian besar dari itu karena Tim”.

Mengikuti kepergian Alexander dari Primus, dia membentuk grupnya sendiri, Laundry, yang merilis di label Claypool, Prawn Song Records. Alexander juga berkolaborasi dengan pemain bass eksperimental Michael Manring dan gitaris Alex Skolnick untuk membentuk grup dengan nama Attention Deficit.


Alexander adalah drummer pertama dari A Perfect Circle, menampilkan pertunjukan live awal dengan band, dan merekam drum untuk trek “The Hollow” di album debut band, Mer de Noms.

Alexander bergabung dengan grup teatrikal Blue Man Group, dan terkadang bermain dengan band rock improvisasi asal Las Vegas, Uberschall.

Meskipun dikenal terutama untuk pekerjaan drumnya Alexander juga seorang gitaris dan penyanyi. Dia menampilkan gitar live dengan grup Born Naked dan mengambil peran vokal utama di album kedua Luandry dan tur pendukungnya.


Alexander terlibat selama 2008-09 di sebuah proyek sebagai into The Presence yang menampilkan lagu-lagu oleh Luis Carlos Maldonado. Album debut mereka dirilis di Razor and Tie Records dan meliputi penampilan dari bassis Paz Lenchantin dan celis Ana Lenchantin. Baik rilisan into The Presence dan the Fata Morgana direkam dan diproduseri di Ghost Town Studios milik Alexander.


Hingga 2010 Alexander secara aktif terlibat sebagai anggota dari proyek Puscifer-nya Maynard James Keenan. Dia telah melakukan tur dengan mereka dan dapat didengar di rekaman terbaru yang dirilis oleh mereka.

Pada 25 September 2013 Rolling Stone mengumumkan via sebuah wawancara dengan Claypool bahwa Alexander akan bergabung kembali dengan Primus, dengan kemungkinan melakukan sesi rekaman di awal Nopember. Drummer terdahulu Jay Lane akan beralih ke proyek lainnya termasuk mantan bandnya, Ratdog.

Pada 18 Juli 2014, Alexander menderita serangan jantung, dan menjalani operasi jantung terbuka. Primus memperbarui status kesehatan Alexander pada 21 Juli dengan pernyataan di Facebook, “Tim “Herb” Alexander yang hebat telah menjalani operasi, penyumbat dari jantungnya telah dubuang dengan tanpa komplikasi dan semua menandakan ke penyembuhan yang berhasil dan cepat.” Dia bergabung kembali dengan Primus untuk tur “Primus and the Chocolate Factory” mereka 3 bulan kemudian pada 22 Oktober 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...