Laman

Sabtu, 09 April 2016

TERRY KNIGHT




Lahir pada 9 April 1943 di Lapeer, Michigan, AS, dengan nama Richard Terrance Knapp. Setelah lulus dari SMA pada 1961, dia secara singkat belajar di Alma College sebelum keluar. Karir musik Knight dimulai sebagai DJ Detroit pada 1963 saat dia menggantikan Dave Shafer sebagai “Jack the Bellboy” di WJBK, datang ke Detroit dari stasiun rock Top 40 Flint, Michigan, WTAC. Pada tahun berikutnya, dia pindah ke CKLW di Windsor, Ontario. Dianggap sebagai DJ Amerika pertama yang mengudarakan the Rolling Stones, dia membawakan acara lewat tengah malam dari CKLW, membawa British Invasion ke negara bagian Selatan. Dia beri penghargaan gelar kehormatan “The Sixth Stone” untuk dukungan awalnya pada the Stones. Namun, pada akhir 1964, Knight meninggalkan CKLW dan bisnis radio, bermaksud mengejar karirnya sendiri dalam musik.

Sekitar tahun 1965, Knight membuat karir penulisan lagu dan penampilannya sendiri di Flint dengan menjadi frontman untuk Terry Knight and the Pack. Dengan band ini, Knight merekam sejumlah hit regional terkenal untuk Lucky Eleven Records lokal, bagian dari grup Cameo-Parkway Records, termasuk anthem generasi yang dia tulis sendiri “A Change On The Way,” juga menghasilkan hit nasional, sebuah cover dari the Yardbirds “(Mister, You’re A) Better Man Than I” dan gayanya dari Ben E. King “I (Who Have Nothing)” (yang hampir membuat top 40 nasional, mencapai di #46). Band ini juga meninggalkan 3 LP garasi klasik sebelum bubar pada 1967. (Brownsville Station menganugerahi Knight and the Pack dengan sebuah cover yang ditulis Knight “Love, Love, Love, Love, Love” di album ’73 mereka, Yeah!).


Pada 1967 Knight pindah ke New York, dan menempuh karir solo sebagai seorang penyanyi dan produser staf dengan label Cameo-Parkway, dengan sukses terbatas. Dia memproduseri dan menulis sejumlah lagu oleh artis-artis lain, termasuk band garasi Question Mark & the Mysterians dan International Pop Orchestra. Dia juga membuat musik untuk klasik noir 20th Century Fox, The Incident. Knight pergi ke London pada 1968, berharap untuk menjadi artis rekaman dan atau produser untuk label the Beatles yang baru terbentuk, Apple Records. Knight bertemu Paul McCartney dan hadir di sesi rekaman Beatles untuk the White Album termasuk sesi dimana Ringo Starr untuk sementara keluar grup. Knight terkejut menenmukan anggota grup berdebat satu sama lain. Knight segera meninggalkan London setelah dia tidak bisa menegosiasikan kontrak dengan syarat yang diterima.

Pada awal 1969 Knight mendapatkan kontrak produser dengan Capitol Records yang mengijinkannya untuk merilis lagu-lagunya sendiri sebagai artis solo. Dia menulis dan merekam sebuah single, “Saint Paul” yang mungkin menjadi kontribusi pada hoax “Paul is Dead” yang mencuat di akhir tahun.

Lirik dari lagu secara umum memiliki pemkiran pada hubungan yang gagal Knight dengan McCartney dan kepercayaannya bahwa The Beatles akan segera bubar. Liriknya tidak berhubungan dengan kematian tapi dianggap oleh beberapa penggemar sebagai pertanda. Akhir lagu mengulang fras “hey Paul” dalam sebua aransemen yang bersuara mirip dengan lagu The Beatles, Hey Jude. Juga terdapat dua versi stereo yang berbeda dalam peredaran. Versi dengan durasi 5 menit juga berisi suara dengan nada tinggi dari lagu the Beatles lainnya, termasuk, “Hello, Godbye”, “Lucy in the Sky with Diamonds” dan “She Loves You.” Versi edit 4 menit tidak berisi cuplikan lagu tambahan.

Salinan awal dari single ini mencantumkan perusahaan Terry Knight, Storybook Music, sebagai penerbit dari “Saint Paul”. Setelah Capitol menerima surat tuntutan dari penerbit musik The Beatles, Maclen Music (divisi AS dari Northern Songs) rekaman itu ditarik dari distribusi.

Sebuah kesepakatan terjadi antara Knight dan Maclen Music. Sekitar satu bulan kemudian pada Meo 1969 “Saint Paul” dirilis kembali dengan penerbit Maclen. Cetakan kedua dari rekaman itu juga berisi sebuah catatan di label yang menertangkan bahwa “Hey Jude” dipergunakan dengan ijin. Penandatanganan kembali dari hak penerbitan membuat lagu Knight menjadi lagu tunggal non Lennon-McCartney yang dimiliki Maclen. “Saint Paul” mencapai top 40 di beberapa kota di wilayah Midwest tapi gagal masuk ke tangga lagu nasional Billboard Hot 100. Fakta bahwa “Saint Paul” diterbitkan ulang oleh Maclen dilihat oleh beberapa penggemar Beatles sebagai bukti sebuah konspirasi yang meilbatkan Knight, The Beatles dan rumor “Paul is Dead”.

“Saint Paul” direkam ulang pada 1969 oleh penyanyi Selandia Baru dan menjadi salah satu single terbaik pada tahun 1960an di negara itu. Pada awal 1990an penulis Andru Reeve berulang kali mencoba mewawancarai Knight saat menulis buku tentang hoax “Paul Is Dead”. Namun Reeve tidak bisa menghubungi Knight untuk membicaraklan tentang lagu itu.


Masih bekerja sebagai produser dengan Capitol, Knight memperbarui hubungannya dengan dua mantan anggota Pack, gitaris Mark Farner dan drummer Don Brewer. Knight mendorong keduanya untuk menambahkan seorang pemain bass baru dan menjadi sebuah”power trio” seperti Cream. Grup ini dengan cepat menambahkan mantan bassis Mysterians Mel Schacher dan mengganti nama mereka menjadi “Grand Funk Railroad.” Saat menjadi manajer-produserr mereka, Knight membantu mengarahkan trio ini terkenal secara internasional, dimulai dengan membawa mereka ke the 1969 Atlanta Pop Festival dengan gratis. Penampilan live ini meyakinkan Capitol untuk mengontrak trio ini. Untuk dua tahun ke depan, Grand Funk Railroad menjadi band rock paling terkenal di AS meskipun mendapatkan tanggapan yang beragam bahwa Knight mengeksploitasi sebagai daya tarik mereka; dia juga menemukan dan memproduseri grup Bloodrock asal Forth Worth, Texas, yang memiliki hit Top 40 di awal 1971 dengan anthem “D.O.A. (Dead On Arrival).”

Antara Grand Funk dan Bloodrock, Knight menghasilkan delapan album emas yang terus menerus menyebabkan perang kata-kata dengan Rolling Stones pada penulisan tentang dua grup ini. Tapi pada awal 1972, baik Grand Funk dan Bloodrock mengakhiri hubungan profesioanl mereka dengan Knight. Dalam kasus Grand Funk, melibatkan aksi pengadilan yang membuat band tetap terikat untuk selama hampir 2 tahun; mereka telah meminta royalti penuh dan menuduh Knight mencampuradukkan sebagai manajer-produser saat trio ini tidak memperoleh semua penghasilan yang mereka peroleh. Untuk bagiannya, Knight mengklaim band hanya memiliki sisa 3 bulan kontrak dengannya saat mereka membawanya ke pengadilan dan bisa bebas dengan separuh tuntutan hukum; trio ini akhirnya memenangkan perpisahan mereka dari Knight tapi dengan biaya mahal, sebelum menambahkan pemain kibord Craig Frost dan melanjutkan karir rekaman dan tur yang sukses selama 1976.

Knight juga dikeluarkan dari Capitol tidak lama setelah kasus pengadilan Grand Funk selesai dan memulai labelnya sendiri, Brown Bag Records, merilis album dan single oleh Mom’s Apple Pie, John Hambrick, Wild Cherry dan Faith Band. Tak satupun dari mereka menemukan sukses komersil, pada akhir 1973, Knight pensiun secara permanen dari bisnis pertunjukan. Dia bergabung dengan super model Twiggy dan balapan mobil dengan bintang filem Paul Newman pada pertengahan 1970an sebelum menjadi kecanduan dengan kokain, yang menggerogotinya. Pada 1980an dia membuat dirinya bersih, tinggal di Yuma AZ dengan istri dan putrinya Danielle. Dia berbaur dengan masyarakat bekerja di iklan penjualan untuk Koran mingguan.

Pada 1 November 2004, Terry Knight terbunuh pada usia 61 tahun. Dia ditusuk beberapa kali oleh pacar putrinya yang berusia remaja Donald A. Fair di apartemen bersama mereka di Temple, Texas, setelah Knight berusaha untuk menjawan argumen pada penggunaan Fair atas metamfetamin. Fair kemudian mengklaim dia sedang teler karena metamfetamin pada saat pembunuhan, dalam usaha memperingan hukumannya. Fair dihukum pada 26 Mei 2005 seumur hidup dalam penjara. Terry Knight dikremasikan dan dikubur di tanah keluarga di Lapeer, Michigan. Dia meninggalkan putrinya, Danielle. Empat tahun setelah kematiannya, Terry Knight and The Pack akhirnya dipilih ke dalam the Michigan Rock and Roll Legends online Hall of Fame.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...