Laman

Sabtu, 09 April 2016

GERARD WAY




Lahir pada 9 April 1977 di Summit, New Jersey, AS dengan nama Gerard Arthur Way, putra dari Donna Lee (nee Rush) dan Donald Way. Dia berketurunan Italia dan Skotlandia. Dibesarkan di Belleville, New Jersey, bersama adik Mikey Way, dia mulai menyanyi di depan umum di kelas empat, saat dia memainkan peran Peter Pan di sebuah produksi musik sekolah. Nenek dari pihak ibunya, Elena Lee Rush, adalah pengaruh kreatif hebat yang mengajarnya menyanyi, melukis, dan tampil dari usia muda; dia berkata bahwa “dia telah mengajarkan pada saya segalanya yang saya tahu”. Juga, saat di sekolah dasar, Bon Jovi adalah alat untuk membentuk kecintaannya akan musik.

Pada usia 15 tahun, Way terlibat penodongan senjata. Seperti yang dia katakana pada wawancara Rolling Stone pada April 2008, “saya memiliki sebuah .357 Magnum, ada sebuah senjata tertodong di kepala saya dan terjatuh di lantai, gaya pengeksekusian.” Dia mengatkan bahwa “tidak masalah betapa jelek dunia atau betapa bodohya dunia memperlihatkan pada saya, saya selalu memliki kepercyaan (padanya)”. Pada usia 16 tahun, dia muncul dalam sebuah episode Sally Jesse Raphael untuk mendiskusikan kontroversi sekitar pempublikasian kejahatan pembunuh berantai Jeffery Dahmer dalam buku komik. Way bersekolah di Belleville High School hingga dia lulus pada 1995. Memutuskan untuk mengejar karir dalam industri buku komik, dia belajar di School of Visual Arts di New York City, lulus dengan Bachelor of Fine Arts pada 1999.

Saat remaja, Gerard dan adiknya Mike Way, yang kemudian menjadi bassis My Chemical Romance, terpengaruh oleh artis-artis seperti Iron Maiden, The Misfits, Danzig, Black Flag, Queen, Pulp, Blur, Morrisey dan The Smiths. Way awalnya ingin menjadi seorang gitaris. Neneknya membelikannya gitar pertamanya pada usia 8 tahun dan dia bermai di band live singkat seperti Ray Gun Jones dan Nancy Drew dengan rekan seband masa depan Ray Toro, tapi saat dia tidak sukses (salah satu band mengeluarkannya karena kurangnya keterampilan pada gitar), dia memilih berkonsentrasi pada karir seninya.


Way tengah bekerja sebagai seorang karyawan di Cartoon Network di New York City selama serangan 11 September 2011. Melihat efek dari serangan secara langsung mendorong Way merubah pandangannya pada hidup di minggu berikutnya. Dia mengatakan pada majalah Spin, “Saya secara langsung berkata pada diri saya, ‘Persetan seni. Saya harus keluar dari ruang bawah. Saya harus melihat dunia. Saya harus membuat perbedaan.’” Untuk membantu berhubungan dengan efek emosional serangan pada dirinua, Way menulis lirik untuk lagu “Skylines and Turnstiles”, yang sejak itu dikenal sebagai lagu pertama oleh My Chemical Romance. Kemudian, My Chemical Romance mulai menyatu sebagai sebuah band.

Way telah berkontribusi secara vokal untuk band-band seperti “Kill the Music”-nya Everytime I Die, “Gradutaion Day”-nya Head Automatica, “In Defense of the Genre”-nya Say Anything, dan “From My Cold Dead Hands” dan “Barnabus Collins Has More Skeletons in His Closet Than Vincent Price”-The Oval.

Dalam banyak wawancara, Way menyatakan musik dan karya seninya menjadi hasil efektif yang berhubungan dengan pertarungan lamanya dengan depresi, alkoholisme dan pemakian narkoba. Penggunaan musik sebagai sebuah cara untuk memecahkan pertarungan pribadi menyebabkan way untuk mencipatak secara dalam lagu-lagu pribadi seperti “Helena,” yang ditulis untuk mengenang almarhum neneknya. Pada 22 Maret 2013, My Chemical Romance mengumumkan pembubaran mereka.

Pada Mei 2014, Way meluncurkan Tumblr-nya berdasarkan situs dimana dia mengumumkan bahwa dia telah teken kontrak dengan Warner Bros. Records sebagai artis solo dan mendekati menyelesaikan album solo pertamanya. Lebih jauh kemudian dia mengumumkan sebuah lagu baru, “Action Cat”, dirilis pada bulan Juni sebagai single promosi untuk album barunya dan pertunjukan solo pertamanya di Reading and Leeds Festivals 2014. Dia kemudian mengumumkan penampilan solo lainnya yang akan berlangsung di Portsmouth’s Wedgewood Rooms pada 20 Agustus. Pada 19 Agustus Way mengeluarkan video musik baru untuk lagu “No Shows”, yang dirilis sebagai single pertama dari album barunya pada 19 Agustus. Album dengan judul Hesitant Alien dirilis pada30 September 2014.

Saat Way ditanya mengapa dia memilih memainkan genre Britpop dalam musiknya dia mengatakan bahwa dia menilkmati energi dan gaya dari musik dan kancahnya, dan terdroeing untuk mengembangkan genre ini di Amerika.

Pada Februari dan Maret 2015, Way tampil sebagai artis solo dengan The Hormones di panggung utama di festival musik Soundwave 2015 di Australia, dan menjadi penampil utama sebuah pertunjukan tambahan di Melbourne.

Pada awal 2015, diumumkan bahwa dia akan tampil di the Boston Calling Music Festival pada Mei 2015.

Pada 2006, Way dan proyek musik Julien-K me-remix sebuah versi lagu “Sleep When I’m Dead” oleh The Cure untuk EP mereka Hypnagogic States. Semua keuntungan yang diperoleh dari penjualan EP ini untuk mendanai International Red Cross.

Pada awal 2009, Way dan penyanyi Jepang Kyosuke Himuro memproduseri lagu tema baru untuk Advent Children Complete, Blue-ray director’s cut dari sekuel filem untuk video game terkenal, Compilation of Final Fantasy VII. Dia juga menulis lirik dan menyanyi bersama Himuro. Lagunya berjudul “Safe and Sound”, dirilis di iTunes pada 29 April 2009. “Safe and Sound” hanya dapat didengar di rilisan filem di Jepang; rilisan Inggris menggunakan “Calling”-nya Himuro (tema akhir asli untuk Advent Children) untuk menggantikannya. Dia juga berkontribusi vokal untuk vocal mix dari lagu deadmau5 “Professional Griefers”.

Seorang pendukung lama dari band rock Inggris, LostAlone, Way adalah produser eksekutif dari album studio kedua mereka, I’m a UFO in This City (2012).

Way berkontribusi vokal tamu untuk “Falling in Love Will Kill You” dari album debut solo Wrongchilde, Gold Blooded, proyek alias dari frontman Kill Hannah, Matt Devine.

Usaha pertama Way untuk menulis komik adalah pada usia 16 tahun pada 1993, menulis seri buku komik berjudul On Raven’s Wings, diterbitkan oleh Bonyard Pressnya Hart D. Fisher, yang ditunda setelah dua edisi karena kehilangan tim artistic; dia dikreditkan sebagai Garry Way.

Pada 2007, Way mulai menulis miniseri buku komik The Umbrella Academy. Way menulis cerita dan menggambar versi aslinya, tapi kartunis Gabrial Ba mengganbar ulang di volume pertama, Apocalypse Suite.

Apocalypse Suite pertama dirilis oleh Dark Horse Comics di terbitan Free Cimic Book Day mereka pada 5 Mei 2007. Sejak itu, cerita 8 halaman telah diterbitkan berjudul “Safe & Sound”, yang muncul di koleksi dari cerita berjudul MySpace Dark Horse Presents Volume One. Terbitan resmi pertama dari The Umbrella Academy dirilis pada 19 September 2007. Terbitan pertama laris terjual dan dilanjutkan cetakan kedua yang dirilis pada 17 Oktober 2007. Apocalypse Suite juga memenangkan the 2008 Eisner Award untuk Best Limited Series. Seri berikut dari Dallas, dirilis pada 26 November 2008, dan diikuti spekulasi bahwa Way telah pensiun dari komik, sebuah seri ketiga berjudul Hotel Oblivion saat ini sedang dikerjakan.

Way dan sesama artis Shaun Simons dan Becky Cloonan menciptakan seri buku komik lainnya berjudul The True Lives of the Fabulous Killjoys, yang diumumkan Way di San Diego Comic-Con 2009. Di New York Comic Con tahun 2012, tim ini mengumumkan bahwa tampilan pertama dari seri itu akan dirilis di Free Comic Book Day tahun 2013. Seri ini melanjutkan konsep yang dikenalkan di album My Chemical Romance dengan judul serupa.

Pada 2011, My Chemical Romance menyatakan bahwa Mikey dan Gerard mengerjakan proyek buku komik lainnya yang tetap mereka rahasiakan sejak pertengahan 2009. Hingga 2015 tak ada satupun dari proyek ini yang muncul.

Pada 21 Desember 2013, Gerard Way menyatakan bahwa dia dan Gabriel Ba akan mengerjakan bagian tiga dan empat dari seri buku komiknya, Umbrella Academy yang dimulai pada tahun baru.

Di sebuah wawancara podcast pada 31 Desember 2013 dengan Chris Thompson dari Pop Culture Hound, Way mendiskusikan seri Umbrella Academy barunya lebih rinci dan menegaskan dia akan mengerjakan dua volume sekaligus, dengan terbitan ganda. Selain itu, dia mendiskusikan seri komik barunya All Ages yang pertama muncul sebagai seri bergambar di Twitter-nya. Walaupun proyek itu tidak memiliki penerbit atau seorang artis pada tahap ini, dia secara aktif mengerjakan cerita tentang kucing di SMA yang menemukan tempat mereka di dunia.

Diumumkan bahwa Way akan membuat debutnya di Marvel Universe dengan menulis untuk seri semesta alternative Spider-Man, Edge of Sipder-Verse.

Pada 2001 Way ikut menciptakan sebuah kartun dengan Joe Boyle berjudul The Breakfast Monkey. Mereka menawarkannya pada Cartoon Network, tapi jaringan itu menolak untuk mengambil konsep itu secara langsung karena terlalu mirip dengan Aqua Teen Hunger Force.

Pada 2013, Way membuat debut penyutradaraan televisinya di seri asli The Hub, The Aquabats! Super Show!, ikut menyutradari dan menulis dua seri musik final “The Antibats!” dengan salah satu creator seri ini Christian Jacobs dan Jason deVillers. Selain itu, adik Way, Mikey muncul dalam episode itu, memainkan penyanyi utama dari band death metal fiksi bernama Asthma. Tahun berikutnya, episode itu dinominasikan untuk Daytime Emmy Award dalam kategori untuk “Outstanding Writing in a Children’s Series”.

Way bergumul dengan alkoholisme dan kecanduan obat selama bertahun-tahun tapi kini sudah sembuh. Di sebuah edisi majalah Spin pada November 2010, dia berkata bahwa menjadi seorang yang bahagia dan merasa lebih terkendali, dia bisa menikmati minuman dengan santai.

Pada 3 September 2007, setelah sebuah konser di Colorado, Way menikhai Lyn-Z, bassis dari Mindless Self-Indulgence, di belakang panggung di jadwal terakhir dari tur Projekt Revolution. Seorang anggota dari staf tur Live Nation yang juga seorang menteri kehormatan mengadakan pesta kecil-kecilan. Putri mereka, Bandit Lee Way, lahir pada 27 Mei 2009. Keluarga itu tinggal di Los Angeles, California.

Pada 2014, Way mulai secara terbuka mendiskusikan perjuangan identitas gendernya online dan dalam wawancara. Di sebuah Reddit AMA yang dipandu Way pada 14 Oktober, dia menyatakan, “Say selalu sangat sensitive pada mereka yang memliki masalah identitas gender seperti saya merasa saya mengalaminya juga, jika hanya dalam skala kecil. Saya selalu diidentifikasi dengan gender wanita, dan dimulai pada titik di MCR untuk mengekspresikan ini melalui tampang dan gaya penampilan saya. Maka bukan sebuah kejutan bahwa semua inspirasi  dan pengaruh gaya saya menembus batas gender. Freddy Mercury, Bowie, Iggy, glam awal, T-Rex. Maskulinitas bagi saya selalu membuat saya merasa itu bukan tepat untu saya.”

Pada Januari 2015, Way tampil di The Boyzine, sebuah majalah independen yang diterbitkan oleh frontman SWMRS Cole Becker. Way kembali mendiskusikan identitas gendernya, berkomentar, “Saya tidak pernah benar-benar masuk ke maskulinast yang tumbuh, saya tidak tertarik dalam olah raga atau sesuatu seperti itu. Ada waktu dimana saya disebut seorang gadis maka saat menemukan ide transgebder saya sendiri lebih menganggap lebih sebagai seorang gadis. Maka saya lebih didentifikasi dengan orang-orang trans dan wanita karena saya seorang gadis dari orang-orang yang tumbuh.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...