Laman

Minggu, 17 April 2016

MIKAEL AKERFELDT




Lahir dengan nama lengkap Lars Mikael Akerfeldt pada 17 April 1974 di Stockholm, Swedia, dikenal sebagai vokalis utama, gitaris, dan penulis lagu utama dari band progressive death metal Opeth, juga sebagai mantan vokalis dari supergrup death metal Blodbath. Dia juga gitaris untuk band “one-off” Steel, dan menjadi bagian dari kolaborasi Storm Corrosion dengan Steven Wilson.


Akerfeldt dikenal untuk gaya penulisan lagu yang terinspiasi rock progresif dan sering menggunakan vokal baritone bersih dan growl. Akerfeldt ada di peringkat #42 dari 100 Greatest Heavy Metal Guitarists of All Time oleh Guitar World bersama dengan Peter Lindgren, dan #11 dalam “The Top 25 Modern Metal Guitarists” di MetalSucks.


Akerfeldt adalah vokalis untuk Eruption, sebuah band death metal yang dia bentuk pada 1988 di usia 14 tahun. Setelah Eruption berkahir pada 1990, dia bergabung dengan Opeth, sebagai bassis. Saat vokalis David Isberg memaksa Akerfeldt bergabung dengan band, semua anggota lainnya pergi. Isberg berperan memainkangitar, dan saat dia meninggalkan Opeth dua tahun kemudian, Akerfeldt menggantikan dia sebagai vokalis. Akerfeldt menampilkan death vocals di album Katatonia, Brave Murder Day dan EP Sounds of Decay.


Akerfeldt adalah kolektor album rock dan heavy metal era 1970an. Dia juga cenderung memperlihatkan pengaruhnya dari band-band berpenagruh ini, membuat rujukan pada mereka di judul album-album Opeth seperti Blackwater Park, Still Life dan My Arms, Your Hearse, juga lagu-lagu seperti “Master’s Apprentice.” Dia juga terpenagruh secara luas oleh jazz, musisi Ritchie Blackmore juga Magma dan pendirinya Christian Vander.

Saat ditanya album apa yang ‘membuatnya menjadi seorang metalhead’, Akerfeldt menjawabnya The Number of the Beast oleh Iron Maiden, tapi juga menyebut Lick It Up oleh Kiss.

Pada 15 Agustus 2003, Akerfeldt menikahi pacar lamanya, Anna Sandberg. Pada 13 September 2004, Anna melahirkan seorang putri yang mereka beri nama Melinda. Pasangan itu mendapatkan putri kedua mereka, Mirjam Elba, pada 28 Oktober 2007.


Akerfeldt diketahui berteman dengan Steven Wilson, frontman dari salah satu band favoritnya, Porcupine Tree; Mike Portnoy, mantan drummer dari Dream Theater (dia tampil di video musik mereka untuk Wither); dan Jonas Renkse dari Katatonia. Dia juga menjadi basis untuk karakter Toki Wartooth dari kartun terkenal Metalocalypse, saat menjawab dalam sebuah wawancara dengan ultimate-guitar.com.

Akerfeldt mengungkapkan pada September 2009 bahwa dia merencanakan melakukan rekaman album solo akustik penyanyi-penulis lagu. Namun, pada 2014 dia mengekspresikan pandangannya bahwa dia tidak memerlukan proyek solo khusus dan bahwa dia dapat membuat apapun dalam musik Opeth. Dalam sebuah wawancara di STIM magazine dia mengungkapkan bahwa sorotan dari karirnya adalah penampilan di Royal Albert Hall.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...