Laman

Rabu, 20 April 2016

MIKE PORTNOY




Lahir dengan nama lengkap Michael Stephen Portnoy pada 20 April 1967 dan tumbuh di Long Beach, New York. Ayahnya, Howard Portnoy, bekerja sebagai seorang DJ di sebuah stasiun radio lokal. Ibunya meninggal pada 16 Nopember 1984, saat sebuah pesawat pribadi yang membawanya dengan pacarnya jatuh di garis pantai Atlantic City.


Pekerjaan ayah Portnoy membantunya mendapatkan sebuah apresiasi pada musik pada usia dini khususnya, seperti yang telah Portnoy tunjukkan, karena dia memiliki akses pada koleksi LP ayahnya. Dia membangun preferensi pada band-band seperti Rush, Queen, Led Zeppelin, The Who, Iron Maiden, dan The Beatles. Portnoy mengklaim bahwa dia belajar sendiri saat bermain drum, meski dia mengambil kelas teori musik di SMA. Selama periode itu dia mulai bermain di band-band lokal, dua diantaranya (Rising Power dan Inner Sanctum) merekam dan merilis album-album independen. Dia meninggalkan Inner Sanctum (band SMA terakhirnya) setelah dia diberi beasiswa untuk belajar di Berklee College of Music di Boston. Disana, dia bersua John Petrucci dan John Myung. Mereka membentuk sebuah band, awalnya memakai nama “Majesty” sebelum merubah nama mereka menjadi Dream Theater. Mereka meninggalkan Berklee tidak lama kemudian.


Pada musim semi 2010, Portnoy mengisi untuk mantan drummer Avenged Sevenfolf, Jimmy “The Rev” Sullivan, yang meninggal selama produksi album kelima band, Nightmare.


Pada 5 Mei 2010, Portnoy merilis sebuah pernyataan mengenai statusnya dengan Avenged Sevenfold di situs resmi mereka: “Walaupun Saya berharap Saya dapat bertahan dengan Avenged dalam sebuah kapasitas yang lebih, kenyataannya adalah saya berkomitmen pada Dream Theater sebagai prioritas utama saya dan saya perlu untuk menghasilkan karya dengan mereka untuk memulai sebuah album baru pada 2011…Namun, saya akan bisa bergabung dengan Avenged Sevenfold untuk setidaknya durasi dari tur mereka selama 2010… Anda dapat melihat saya seperti sebagai ‘rebound drummer’ untuk memberikan mereka waktu hingga mereka merasa nyaman dan siap untuk membuat sebuah komitmen bagi orang baru untuk hubungan utuh di masa depan mereka!”


Pada hari rabu, 8 September 2010, Portnoy mengumumkan dia akan meninggalkan Dream Theater. Di pernyataan resminya, dia berkata dia “sudah mencapai titik bahwa mesin (Dream Theater) mulai menghanguskan saya”, dan bahwa dia menyarankan band untuk beristirahat dari rekaman, penerbitan dan siklus tur tanpa hentinya. Namun, saat band memutuskan mereka lebih baik berlanjut tanpa dia, dia pergi, dan Dream Theater kemudian memilih Mike Mangini untuk mengambil tempatnya setelah mengaudisi tujuh drummer “kelas dunia”. Saat Avenged Sevenfold kemudian memutuskan untuk juga makin dekat dengan Portnoy, dia mengumumkan bahwa dia diminta untuk kembali ke Dream Theater, tapi ditolak oleh pengacara mereka sejak band (saat kemudian terungkap) telah mendapatkan Mangini.


Portnoy kemudian mengumumkan bahwa dia memulai dua proyek musik: Adrenalin Mob, dengan Russell Allen, Mike Orlando, Rich Ward dan Paul DiLeo; dan Flying Colors, dengan Neal Morse, Steve Morse, dave LaRue dan Casey McPherson. Adrenalin Mob merilis EP debutnya pada Agustus 2011. Kedua band merilis album utuh pertama mereka pada 2012.


Pada 10 Juni 2011, Portnoy mengumumkan di situsnya bahwa dia akan memainkan sebuah pertunjukan di New York City pada 24 Juni 2011 dengan Adrenalin Mob.

Pada 5 Agustus 2011, salah satu lagu baru Adrenalin Mob, “Hit the Wall” melakukandebut di stasiun radio Q104,3 setekah sebuah wawancara live dengan Portnoy tentang band itu, juga harapannya untuk masa depan dan perasaannya pada Dream Theater.

Pada 14 September 2011, diumumkan bahwa Portnoy akan mengisi drum untuk pertunjukan Stone Sour di Rock in Rio untuk Roy Mayorga, yang menantikan kelahiran anak pertamanya pada hari yang sama dengan pertunjukan.

Portnoy dan gitaris John Sykes mengerjakan sebuah band baru pada Juli 2011, bersama dengan bassis Billy Sheehan. Namun, pada Januari 2012 proyek itu dibatalkan, dan Portnoy mengumumkan bahwa dia dan Sheehan telah memilih gitaris Richie Kotzen untuk menggantikan Sykes. Album direkam selama Agustus 2012. Pada 24 Maret 2013, diumumkan bahwa nama dari band Poertnoy/Sheehan/Kotzen adalah The Winery Dogs. Albumnya dirilis pada Juli 2013.


Pada 4 Juni 2013, Portnoy mengumumkan via laman Facebook milik Adrenalin Mob bahwa dia akan memainkan 4 pertunjukan lagi dengan band sebelum pergi. Portnoy menyebutkan konflik jadwal yang menghalangi dia dari dapat “secara penuh berkomitmen pada aktifitas masa depan band pada saat itu.”

Pada 21 Maret 2015, Mike Portnoy bergabung kembali dengan rekan seband lamanya di Adrenalin Mob di New Jersey untuk sebuah penghormatan bagi A.J. Pero, yang meninggal pada 20 Maret 2015 dari serangan jantung. Selain itu, Portnoy mengisi sebagai drummer untuk Twisted Sister setelah kematian Pero.

Pada edisi April 2001 dari Modern Drumer & situs Mike Portnoy, dia menyebut Neil Peart, Carl Palmer, Bill Bruford, Terry Bozzio, Billy Cobham, Alan White, Stewart Copeland, Phil Collins, Chester Thompson, Simon Phillips, Nick D’Virgilio, Andy Sturmer, Dave Lombardo, Jon Fishman, Vinnie Colaiuta, Peter Criss, Ringo Starr, Tommy Lee, John Bonham, Lars Ulrich dan Keith Moon sebagai pengaruh.


Dia ikut menjadi pendiri beberapa grup dan proyek rock progresif, termasuk Transatlantic, sebuah “supergrup” rock progresif yang menampilkan mantan kibordis/vokalis Spock’s Beard Neal Morse, gitaris Flower King Roine Stolt dan bassis Marillion Pete Trewavas dan Liquid Experiment, sebuah band rock progresif instrumental yang menampilkan sesama anggota Dream Theater John Petrucci dan John Myung bersama bassis Tony Levin.


Dia telah merilis 3 video instruksional, “Progressive Drum Concepts”, “Liquid Drum Theater”, yang memenangkan penghargaan dari Modern Drumer Magazine, dan “In Constant Motion”. Dia merilis banyak “Bootleg resmi” di situsnya, termasuk cuplikan dari sesi studio untuk album-album Dream Theater Six Degrees of Inner Turbulence, Train of Thought, Octavarium dan rilisan Transatlantic Bridge Across Forever. Dia telah merilis bootleg dari band penghormatannya Hammer of the Gods (penghormatan Led Zeppelin), Yellow Matter Custard (The Beatles),Cygnus and the Sea Mosnters (Rush), dan Amazing Journey (The Who).


Pada 18 September 2006 dalam forum situsnya Portnoy dengan bangga mengatakan bahwa dia akhirnya bertemu salah satu pahlawan drumer dari masa mudanya dari band Rush; drummer Neil Peart (salah satu dari sedikit pahlawan dari masa mudanya dimana Portnoy belum pernah bertemu, berhutang pada kepribadian legendaris Peart), bahwa “Neil dan saya akhirnya bertemu dan kami menghabiskan beberapa waktu minggu ini dan bersenang-senang…”, dan bahwa sebuah kemungkinan kolaborasi akan dilakukan/telah didiskusikan dengan pernyataan yang menarik “Bersabarlah anda semua… semuanya akan segera terungkap!” Hal itu kini dapat terungkap bahwa pertemuan ini adalah sebuah wawancara yang dilakukan Portnoy untuk pekerjaannya sebagai editor tamu dari Rhythm Magazine. Portnoy sebelumnya menulis catatan untuk cetakan Jepang dari rilisan 2002 Rush, Vapor Trails, tapi  tapi dibatalkan Peart pada 2000 setelah Peart menyebut orang-orang yang terlibat dalam penghormatan Rush “bar bands”.


Pada edisi Oktober 2009 dari Rhythm Magazine, Portnoy dicantumkan sebagai #5 di daftar mereka dari Top 50 Drummers of All Time.


Dia tampil di Talking Metal milik Fuse TV dimana dia bergabung dengan Bobby Ellsworth dan pembawa acara dalam membawan “Overkill” milik Motorhead.

Pada 14 Juni 2010, Mike Portnoy memenangkan Metal Hammer Golden God Award untuk Best Drummer.


Saat dipilih oleh 6.500 drumer di seluruh dunia, Portnoy memenangkan the Drummies Award untuk Best Progressive Rock drummer pada 2010, sedangkan Joey Jordison dari Slipknot/Rob Zombie/Murderdoll memenangkan penghargaan untuk Best Metal drummer.

Di Revolver Golden God Awards pada April 2011, dia memenangkan “Best Drummer Award” untuk karyanya dengan Avenged Sevenfold.

Pada 7 Juni 2011, Portnoy memberitahukan di Facebook-nya bahwa dia memenangkan “Drummer of the Year Award” dan “Metal Drummer Award” dari Drum! Magazine.

Portnoy memenangkan penghargaan :Virtuoso pada the 2013 Progressive Music Awards.

Dia adalah orang termuda kedua (setelah Neil Peart) yang dilantik ke Modern Drummer’s Hall of Fame (pada usia 37 tahun). 

Portnoy dan istrinya Marlene (nee Apuzzo tinggal di Upper Saucon Township in wilayah Lehigh Valley dari Pennsylvania dengan anak-anak mereka, Melody Ruthandrea dan Max John. Marlene adalah gitaris di band all-female Meanstreak, dan dua dari anggotanya, gitaris Rena Sands dan bassis Lisa Martens, masing-masing menikah dengan gitaris John Petrucci dan bassis John Myung dari Dream Theater.

Max, seperti ayahnya Mike, adalah seorang drummer. Bandnya Next to None membuka untuk Adrenaline Mob di Atlanta pada 6 April 2013.

Mendekati akhir setiap tahun sejak 2001, Portnoy berbagi di blog-nya pilihan pribadi pada top 10 rekaman musik, film dan acara TV yang dirilis tahun itu.

Portnoy berasal dari keluarga Yahudi, tapi tidak aktif mempraktekkan agama itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...