Laman

Senin, 18 April 2016

MIKE MANGINI



Lahir  dengan nama lengkap Michael Mangini di Newton, Massachusetts, AS, pada 18 April 1963.

Mangini mulai bermain drum ketika ia berusia dua setengah tahun, yang terinspirasi oleh Ringo Starr dari The Beatles. Dia berlatih 2-4 jam sehari dan pada saat ia berusia sembilan tahun dia sudah meniru pertunjukan Buddy Rich. Pengaruh lainnya termasuk Bobby Colomby, Danny Seraphine, John Bonham, Neil Peart dan Terry Bozzio

Pada saat SMA, ia tampil di band sekolah. Setelah lulus dari "Waltham Senior High School" di tahun 1981, Mangini mengesampingkan studi musiknya untuk belajar di jurusan ilmu komputer di "Bentley University". Setelah lulus Mangini mulai bekerja dalam pemrograman perangkat lunak untuk program "Missile Patriot". Pada saat yang sama, dia bekerja pada sebuah program yang mempelajari hubungan antara otak dan tubuh manusia. Pada tahun 1987, Mangini untuk pertama kalinya mencatatkan namanya bermain drum untuk Rick Berlin Band di Boston, di mana ia bekerja dengan bassis Philip Bynoe (yang kemudian bekerja dengan Mike di band Journey-nya Steve Perry dan lebih terutama selama waktu Mike di band Steve Vai).


Pada tahun 1991, Mangini mulai bekerja untuk band thrash metal Annihilator. Mangini menjadi drumer tambahan pada beberapa lagu untuk album studio, "Set the World on Fire". Dia melanjutkan dengan ikut tur bersama band untuk promosi album ini sampai tahun 1994. Pada tahun 1994 ia diminta untuk bermain dengan band Extreme, menggantikan drummer asli Paul Geary. Mike Mangini telah berteman dengan gitaris Extreme Nuno Bettencourt sejak 1980-an. Waktu di Extreme dia merekam beberapa lagu untuk album mereka di tahun 1995, "Waiting For The Punchline". Selama waktu itu, ia juga tampil pada acara "Late Show with David Letterman". Saat tur dengan Extreme pada tahun 1995, Mangini merekam lagu untuk Nuno pada 4-track mesin tape. Lagu-lagu tersebut terdapat di album solo Nuno Schizophonic setelah ia keluar dari Extreme untuk mengejar solo karir.


Setelah Extreme vakum pada tahun 1996, Mangini diberitahu drummer Jonathan Mover bahwa gitaris Steve Vai sedang mencari drumer untuk band live-nya. Mangini berhasil mengikuti audisi untuk band Steve Vai dan pindah ke Los Angeles. Dari akhir tahun 1996 sampai awal tahun 2000, Mangini adalah drummer yang sangat dihormati dari band live Steve Vai, bersama bassis Philip Bynoe, gitaris Mike Keneally dan (pada tahun 2000) gitaris Dave Weiner. Mangini merekam beberapa trek drum pada album Steve, "Fire Garden" dan "Ultra Zone." Dia juga berlatih dan merekam Ultra Zone saat tur dengan Steve Vai pada tahun 2000.

Setelah " Ultrazone Tour" di Amerika Selatan selesai lebih cepat pada tahun 2000, Mangini pindah kembali ke Boston dan mulai mengajar di Berklee College sebagai profesor. Dia mulai bekerja dengan mantan vokalis Extreme Gary Cherone dan bassist Pat Badger pada band yang berumur pendek, Tribe of Judah. Dia juga terus bekerja dengan Dale Bozzio (sebelumnya dari band new wave, Missing Persons), dan menghasilkan beberapa rekaman. Di antaranya pwnghormatan untuk Rush (berjudul Subdivisions) dan sebuah album penuh kedua dengan Annihilator berjudul "All for You". Mike juga melakukan rekaman lagu untuk artis Sal DiFusco, Bill Lonero dan Chris Emerson.


Pada tahun 2005, ia menerima posisi mengajar penuh di Berklee College of Music di Percussion Department. Pada tahun 2007, ia merekam drum di album Metal Annihilator. Pada akhir tahun 2010, Mike, bersama dengan Marco Minnemann, Peter Wildoer, Virgil Donati, Aquiles Priester, Derek Roddy dan Thomas Lang, mengikuti audisi sebagai drummer Dream Theater. Pada hari Jumat, 29 April 2011, Dream Theater secara resmi mengumumkan bahwa Mike Mangini adalah drummer baru mereka. Mangini mengundurkan diri dari "Berklee College of Music" untuk bergabung dengan Dream Theater.


Dengan Dream Theater, ia telah merekam tiga album studio A Dramatic Turn of Events (2011), Dream Theater (2013) dan The Astonishing (2016) serta dua album live: Live at Luna Park (2013), Breaking the Fourth Wall (2014) dan The Astonishing (2016). 

Pada tahun 2012, ia melakukan tur dengan John Petrucci dan Dave LaRue untuk tur G3 di Amerika Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...