Laman

Selasa, 19 April 2016

BOB ROCK




Lahir dengan nama Robert Jens Rock pada 19 April 1954 di Winnipeg, Manitoba, Canada.

Rock memulai karir musiknya di Langford, British Columbia (sebuah “pinggiran kota” dari Victoria) sebagai seorang gitaris bermain dengan teman-temannya William Alexander dan Paul Hyde di bekas sebuah lantai dasar bangunan. Setelah lulus SMA, Rock meninggalkan Victoria dan menjadi salah satu pendiri dari the Payola$, yang menjadi terkenal dengan kesuksesan hit 1980an mereka, “Eyes of a Stranger”, yang dipakai sebagai bagian dari soundtrack dari filem Valley Girl yang dibintangi Nicolas Cage. Pada 1983, the Payola$ memenangkan Juno Award untuk Single of the Year. Rock juga bekerja sebagai assistant engineer di Little Mountain Sound di Vancouver. Pada 1987, the Payola$ (yang kemudian mengganti nama mereka menjadi Paul Hyde and the Payolas) merubah nama mereka lagi menjadi Rock and Hyde dan memiliki sebuah single hit di Canada dengan lagu “Dirty Water”. Lagu ini juga masuk ke Hot 100 milik Billboard. Pada 2007, the Payola$ aktif secara singkat sekali lagi sebagai band tur dan rekaman, merilis sebuah EP Langford Part One.


Rock dikenal sebagai produser untuk band-band seperti Metallica dan Motley Crue. Dia juga bekerja dengan Aerosmith, Bon Jovi, The Moffats, Cher, The Cult, David Lee Roth, Skid Row, Veruca Salt, Nina Gordon, The Offspring, 311, Our Lady Peace, The Tragically Hip, The Tea Party, Lostprophets, American Hi-Fi, Simple Plan, Tonic, Nelly Furtado, Jann Arden dan Ron Sexsmith.


Rock secara singkat kembali tampil, membentuk band Rockhead dengan mantan drummer Payola$ Chris taylor. Band ini merilis satu album self-title dan dua single sebelum bubar.

Rock memproduseri lima lagu finalis dari Hockey Night in Canada Anthem Challenge milik CBC Sports pada akhir 2008. Dia terlibat dengan kontroversi karena bekerja dengan Gerry Mosby, salah satu semi finalis, yang melanggar aturan CBC pada Anthem Challlenge.

Pada 1990, Rock dipilih untuk menjadi produser album self-title bersertifikasi diamond milik Metallica, Metalluca (sering disebut dengan The Black Album). Rock kemudian berlanjut menjadi produser Load (1996) dan ReLoad (1997) juga materi baru untuk album cover band, Garage Inc. (1998). Setelah Jason Newsted meninggalkan Metallica pada Januari 2001, Rock menulis dan merekam semua bagian gitar bass pada album 2003, St. Anger. Dia juga memainkan bass selama beberapa penampilan live band hingga Robert Trujillo bergabung dengan band pada Februari 2003. Rock tampil di film documenter 2004, Some Kind of Monster. Film ini berhubungan dengan ketegangan internal Metallica dan perjuangan mereka dengan proses kreatif selama rekaman St. Anger.

Pada Februari 2006, Metallica memilih produser Rick Rubin untuk memproduseri album mereka selanjutnya, mengakhiri hubungan lama grup dengan Rock. Di konser ulang tahun ke 30 Metallica pada 12 Desember 2011, Rock bergabung dengan Metallica di panggung dan memainkan bass bersama Trujillo pada lagu-lagu “Dirty Window” dan “Frantic”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...