Laman

Rabu, 27 April 2016

RON KEEL




Lahir dengan nama Rynia Lee Keel Jr. pada 25 Maret 1961 adalah seorang vokalis dan gitaris heavy metal untuk sejumlah band dari 1980an hingga saat ini, termasuk band Keel.

Ron Keel memulai karir musiknya dengan band asal Tennessee bernama Lust. Dia datang ke Los Angeles dengan bandnya Steeler, yang kemudian menampilkan Yngwie Malmsteen, Rik Fox dan Mark Edwards. Steeler merilis satu album self-title pada 1983 melalui Shrapnel Records. Steeler menjadi salah satu dari banyak band rock LA 80an yang tidak bisak bertahan dengan ujian waktu. Malmsteen adalah yang pertama kali pergi, memilih bermain dengan band Alcatrazz (menampilkan Graham Bonnet) sebelum mendapatkan kesuksesan dengan bandnya sendiri.


Setelah pembubaran Steeler, Ron membentuk sebuah band baru dan diberi nama singkat Keel. Band mendapatkan kesepakatan rekana dengan Gold Mountain/A&M Records. Dari1984 hingga 1989, Keel melakukan tur dunia dan menjual 2 juta rekaman. Vokalis/bassis Kiss Gene Simmons memproduseri dua album Keel: The Right to Rock dan The Final Frontier. Band berkumpul kembali pada 2008 dan melakukan tur untuk merayakan ulang tahun ke 25 mereka.


Pada 1990, Ron membentuk band Fair Game, sebuah proyek yang digawangi Keel dengan empat musisi wanita pendukung. Walaupun band memainkan gig mereka tidak pernah membuat demo. Dua lagu yang direkam oleh band tampil di soundtrack film Bad Channels. Sesi rekaman lengkap mereka akhirnya berhasil pada 2000 di label Metal Mayhem dengan judul Beauty & The Beauty.


Ron kembali ke kancah musik heavy metal pada 1997, saat dia berkolaborasi dengan gitaris Jepang Akihito Kinoshita pada Proejct One, album debut label mayor dari band milik Kinoshita, Saber Tiger.

Pada 2000, Ron membentuk IronHorse, yang mencampur country dengan southern rock. Dia meninggalkan band pada 2007 untuk fokus pada aspek lain dari karirnya. Dia juga tampil sebagai bagian dari band penghormatan Brooks & Dunn di Country Supertars Tributedi Fitz Casino & Hotel di Las Vegas, Nevada.


Sebelum membentuk kembali Keel, Ron membentuk sebuah band pada 2008 bernama K2 Featuring Ron Keel, yang membawakan banyak lagu dari karirnya.


Pada 2014, Keel menerbitkan otobiografinya Even Keel (Wild West Media).

Ron tinggal di wilayah Las Vegas, Nevada hingga 2005 dan sangat aktif di kancah musik Vegas selama waktunya di kota itu, bahkan memerankan Ronnie Dunn di pertunjukan live Country Superstars Tribute.

Hingga 2015, Ron Keel kini tinggal di Sioux Falls, South Dakota, dimana dia menjadi pembawa cara pada siang hari di stasiun rock klasik KBAD-FM, dan mengetuai Badlands House Band, di Badlands Pawn, Gold, and Jewelry.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...