Laman

Kamis, 14 Januari 2016

ZAKK WYLDE




Dilahirkan dengan nama Jeffrey Phillip Wielandt di Bayonne, New Jersey pada 14 Januari 1967. Dia mulai bermain gitar pada usia 8 tahun, tetapi tidak serius memainkannya sampai tahun pertamanya di SMA. Pada usia 14 tahun ia bekerja di Silverton Music di bagian Silverton dari Toms River, New Jersey. Wielandt dibesarkan di Jackson, New Jersey, dan bersekolah di Jackson Memorial High School, di mana ia lulus pada 1985. Dia menyatakan bahwa ia berlatih bermain gitar sebanyak 12 jam per hari dan sering bermain gitar hampir non-stop antara pulang dari sekolah dan berangkat ke sekolah keesokan harinya, kemudian tidur sepanjang hari sekolah.

Wylde bermain secara lokal dengan band pertamanya Stone Henge, kemudian dengan band lokal Jersey, Zyris. Kemudian, ia mendapatkan peran sebagai gitaris dan penulis lagu bersama untuk Ozzy Osbourne. Dia mengirimi Osbourne demo tape pada tahun 1987 dan dipekerjakan untuk menggantikan Jake E. Lee, yang menggantikan Brad Gillis, yang menggantikan almarhum Randy Rhoads. Rhoads menjadi pengaruh Wylde terutama dalam permainan gitar dan gaya panggung.


Wylde tertarik dengan gitar Les Paul tertentu, yang telah dikenal sebagai "The Grail"; gitar Gibson Les Paul custom-nya yang terkenal yang dicat Bullseye. Wylde kehilangan gitar itu setelah gitar itu jatuh dari bagian belakang sebuah truk yang mengangkut peralatan saat ia bepergian antar pertunjukan di Texas. Imbalan ditawarkan kepada siapa pun yang memiliki informasi tentang gitar itu. Wylde dan The Grail berkumpul kembali bertahun-tahun kemudian ketika seorang penggemar membelinya di sebuah toko gadai Dallas dan melihat inisial "ZW" diukir di belakang humbucker pickups. Ia menghubungi mantan webmaster Wylde Randy Canis untuk mengatur pengembalian ke Wylde. Dia menukarnya, ditukar dengan Les Pauls lainnya. Pada 1995, Wylde mengikuti audisi untuk Guns N 'Roses.


Wylde digantikan dalam band Osbourne oleh Joe Holmes dari 1995 sampai kembali pada tahun 2001. Pada 17 Januari 2006, Zakk Wylde diakui di Hollywood Rock Walk of Fame, menampilkan cetakan tangan dan tanda tangannya, sebagai pengakuan atas karirnya yang sukses sebagai musisi dan kontribusinya untuk industri musik. Acara ini terbuka untuk umum dan banyak selebriti rock yang hadir, antara lain Ozzy Osbourne.

Setelah audisi di 2004/2005, Ozzy Osbourne mengumumkan Wylde sebagai gitaris resmi untuk albumnya, Black Rain, yang dirilis pada 2007. Di panggung dengan Osbourne, Wylde telah dikreditkan untuk meminjamkan energi tingkat tinggi dan semangat untuk pertunjukan. Album Black Label Society Shot To Hell, dirilis pada 11 September, 2006 di Inggris, dan 12 September 2006 di AS melalui Roadrunner Records, dengan produser Michael Beinhorn. Black Label Society menjadi penampil utama di panggung kedua pada the 2006 Ozzfest, dengan Wylde memainkan tugas ganda dengan Ozzy pada jadwal tertentu. Dia juga bergabung dengan Ozzy Osbourne untuk the Ozzy and Friends Tour dalam penggantian dari tur Black Sabbath yang dijadwalkan untuk musim panas 2012, memainkan berbagai jadwal Eropa antara lain Graspop Metal Meeting di Belgia.


Black Label Society merilis 'The Song Remains Not the Same' pada 10 Mei 2011 pada E1. Wylde juga memainkan solo gitar di cover Black Veil Brides dari lagu Kiss '"Unholy," pada Rebels EP band tersebut yang dirilis pada Desember 2011.
 
Sejak 2014 Wylde mengomandani sebuah band cover Black Sabbath bernama “Zakk Sabbath”, dengan Wylde pada gitar dan vocal, disertai oleh Rob “Blasko” Nicholson pada bass dan Joey Castillo (Danzig, Queens of the Stone Age) pada drum, yang menggantikan drummer asli John Tempesta. JP Gaster (Clutch) duduk di kusri drum, pada September 2017. Band ini melakukan tur secara rutin, dan merilis sebuah single, vinyl live 12” berisi 3 lagu pada 2016.
 
Wylde, bersama dengan Steve Vai, Nuno Bettencourt, Yngwie Malmsteen, dan Tosin Abasi, tampil di tur Generation Axe pada April dan Mei 2016.

Pada 28 April 2017, diumumkan bahwa Wylde bergabung kembali dengan band Ozzy osbourne untuk sebuah tur musim panas 2017.


Wylde dan istrinya Barbaranne memiliki empat anak: Hayley Rae, Hendrix, Sabbath, dan Jesse -yang merupakan anak baptis dari Ozzy Osbourne. Wylde adalah teman dekat dari Darrell "Dimebag" Abbott dan kemudian mendedikasikan lagu, "In This River" untuk mengenangnya. Dia adalah penggemar New York Yankees. Pada 2011, ia bekerja sama dengan Blair’s Sauce and Snacks untuk menghasilkan "Berserker" Hot Sauce dan beberapa variasi. Wylde menganut Katolik Irlandia dan telah membicarakan tentang imannya, menyebut dirinya sebagai "soldier of Christ". Kesehatan Wylde berada di bawah pengawasan selama beberapa tahun. Wylde diminta oleh Sharon Osbourne untuk mengikuti rehabilitasi, tetapi pergi lebih awal. Pada Agustus 2009, Wylde dirawat di rumah sakit karena pembekuan darah; ia kemudian dipaksa untuk membatalkan tur dengan Mudvayne dan Static-X.Setelah rawat inap nya, Wylde berhenti minum alkohol dan sekarang bersih.

Wylde telah muncul sebagai musisi tamu di berbagai album oleh artis lain:
Pertunjukan live tamu
  • Pada 1 Agustus 1993, di Great Woods Amphitheatre di Mansfield, MA, Wylde muncul di panggung dengan the Allman Brothers pada gitar utama karena Dickey Betts tidak mampu tampil di pertunjukan, dan mereka membutuhkan gitaris pada menit terakhir. Acara ini didokumentasikan di bootleg Zakk Goes Wylde.
  • Wylde membawakan lagu kebangsaan AS pada gitar listrik selama pertandingan New York Rangers pada bulan Oktober 2005. Dia juga telah memainkan anthem di pertandingan Los Angeles Kings dan Dodgers. Sebuah video dari penampilan Kings disertakan sebagai fitur tambahan pada DVD Boozed, Broozed, dan Broken-Boned.
  • Pada 1 Februari 2007 Wylde dan Nick Catanese memulai tur pertunjukan akustik di Hard Rock Cafe di berbagai kota di seluruh Amerika Utara. Meskipun Catanese harus pergi di pertengahan tur karena alasan pribadi yang tidak ditentukan, Wylde terus memainkan pertunjukan itu sendiri. Dia membawakan beberapa lagu di gitar akustik dan kibord. Tur itu akhirnya dibatalkan karena alasan yang tidak ditentukan.
  • Pada 13 April 2011 ia adalah gitaris untuk James Durbin di American Idol, selama Durbin membawakan lagu "Heavy Metal" milik Sammy Hagar.
  • Pada 14 Mei 2011 ia membawakan lagu kebangsaan AS di Rockfest di Kansas City, Missouri.
  • Wylde muncul di panggung pada 8 Desember 2011 di Indianapolis, IN, untuk memainkan sebuah cover dari AC/DC "Whole Lotta Rosie" dengan Guns N 'Roses saat Black Label Society membukan untuk Guns N' Roses selama putaran dari tur AS. Wylde juga melakukan hal ini pada pertunjukan berikutnya sebelum BLS selesai menjalankan tur mereka.
  • Pada musim gugur 2014, Wylde muncul sebagai salah satu pemain di tur "Hendrix Experience 2014" bersama dengan Billy Cox, Eric Johnson, Jonny Lang, Kenny Wayne Shepherd, Buddy Guy dan lain-lain. Wylde membawakan "Manic Depression", "Little Wing", dan "Purple Haze" serta bermain dengan banyak pemain lainnya. 



Akting
  • Pada 2001, Wylde muncul sebagai gitaris untuk band bernama Steel Dragon di film Rock Star, yang juga dibintangi Mark Wahlberg.
  • Wylde muncul di episode Aqua Teen Hunger Force "Spirit Journey Formation Anniversary" sebagai dirinya sendiri.
  • Wylde muncul di episode Californication "Suicide Solution" di 2011, dikreditkan sebagai "Guitar Guy".
  • Wylde juga muncul bermain gitar bersama Lorne dan penonton lainnya di episode musim 4 dari Angel "The Magic Bullet" pada 2003.
Media lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...