Laman

Selasa, 19 Januari 2016

JEFF PILSON


Dilahirkan dengan nama Jeffrey Steven Pilson pada 19 Januari 1959 di Lake Forest, Illinois, AS dan menghabiskan sebagian masa mudanya di Milwaukee, WI sebelum pindah ke Longview, WA di mana ia lulus dari R.A. Long High School pada tahun 1976. Ia berkuliah di University of Washington untuk belajar musik setelah ia mulai bermain bass pada usia 13 tetapi pergi tanpa gelar untuk mengejar impian rock'n'roll-nya. Salah satu band awalnya adalah trio progressive berjenis Emerson, Lake & Palmer bernama Christmas. Dia pindah ke San Francisco pada tahun 1978 di mana ia bertemu dan menjadi teman dengan gitaris Mike Varney. Varney dan Pilson bergabung di band Cinema. Setelah pindah kembali ke Seattle untuk jangka waktu singkat, Varney memanggil Pilson untuk terlibat dalam rekaman Rock Justice, sebuah opera rock yang ikut ditulis oleh Varney dan diproduseri oleh Marty Balin dari Jefferson Airplane. Dirilis pada tahun 1980 di EMI Records, Rock Justice menjadi album pertama yang dimainkan Pilson. 

Masih berbasis di San Francisco, Pilson kemudian bekerja sama dengan gitaris Randy Hansen, dikenal sebagai peniru Jimi Hendrix, dan Pilson merekam album Astral Projection - Live dengan Hansen untuk label Mike Varney yang mulai berkembang Shrapnel Records. Ketika band dengan Hansen dibubarkan, Pilson pindah ke Los Angeles dan hanya beberapa minggu kemudian, dengan rekomendasi oleh Mike Varney, dihubungi oleh vokalis Don Dokken yang sedang mencari pemain bass untuk band-nya Dokken. Dan audisi dilakukan dan Pilson bergabung dengan band pada tahun 1984. 


Menjadi anggota penting dari band, Pilson adalah salah satu penulis pada banyak dari lagu Dokken yang terkenal dan paling sukses, antara lain Just Got Lucky, Alone, Into the Fire, The Hunter, In My Dreams, It’s Not Love, Kiss of Death, dan Dream Warriors. Pilson merekam album studio Tooth and Nail (1984), Under Lock and Key (1985), dan Back for the Attack (1987), semuanya bersertifikat platinum, dan album live bersertifikat emas Beast from the East (1988). 


Setelah pembubaran dari Dokken di setelah tampil di Monster of Rock Tour 1988, Pilson, bersama dengan Randy Hansen, Vinny Appice dan Michael Diamond dari Legs Diamond, membentuk grupnya sendiri bernama Flesh & Blood pada tahun 1989, berperan sebagai vokalis utama dan gitaris ritem. Setelah mengubah nama menjadi War & Peace, Pilson merilis total empat album, dimulai dengan Time Capsule tahun 1993, memanfaatkan pemain dan lineup yang berbeda. Pilson melanjutkan untuk berkolaborasi dengan bassis War & Peace Tommy Henriksen, sekarang dengan band Alice Cooper, di bawah nama Underground Moon memilih nama samaran Dominic Moon untuk dirinya sendiri; album satu-satunya proyek ini dirilis pada tahun 2001 di Eropa dan Jepang. 


Pada awal 1990-an, Pilson juga bekerja sebagai bassis sesi dengan band Wild Horses (jangan bingung dengan band Inggris dengan nama yang sama), gitaris Michael Lee Firkins, dan MSG, sebelum mengambil bagian dalam reuni Dokken yang mengahasilkan album Dysfunctional pada tahun 1995. Album ini diikuti oleh semi-akustik One Live Night (1995), yang kontroversial Shadowlife (1997), dan Erase the Slate (1999), album studio terakhir Pilson dengan Dokken. Selama tahun 1990an, Pilson juga rekaman dan tur dengan Dio, muncul pada Strange Highways (1994) dan Angry Machines (1996). 


Pada tahun 1993, Pilson berkolaborasi dengan mantan gitaris Giuffria dan Dio, Craig Goldy, ikut menulis dan memberikan kontribusi vokal untuk 4 lagu di album solo pertama Goldy, Insufficient Therapy, yang diedarkan melalui Shrapnel Records pada tahun 1993. Selama waktu itu, Pilson, Goldy dan drummer Tim Pedersen juga memiliki proyek heavy progressive rock bernama 13th Floor meskipun tidak ada album yang pernah dirilis. 


Masih dengan Underground Moon, Pilson kembali dengan mantan rekan sebandnya di Dokken, gitaris George Lynch, dalam proyek yang bernama Lynch/Pilson, merilis album Wicked Underground pada tahun 2003. Setelah reuni Dokken yang diusulkan tidak terwujud, Pilson bersatu kembali dengan Lynch dan drummer Mick Brown di Tooth & Nail, kemudian disingkat menjadi T & N pada tahun 2011. Mereka merilis Slave to the Empire, album pengerjaan ulang lagu Dokken dan materi baru yang melibatkan beragam vokalis tamu pada musim gugur 2012. Pilson juga mengkonfirmasi sebagai pemain bass pada rilisan studio Lynch Mob tahun 2015.


Pilson menjadi pemain bass untuk Foreigner di musim panas tahun 2004 ketika ia diminta untuk bergabung dengan line-up dadakan yang terdiri dari anggota pendiri Mick Jones, Jason Bonham, Jeff Jacobs, Thom Gimbel, dan penyayi Bonham Chas West untuk sebuah pertunjukan amal untuk Muscular Dystrophy pada tanggal 25 Juli 2004, di Santa Barbara, CA di Fess Parker's Doubletree Resort. West digantikan oleh Kelly Hansen, sebelumnya dengan Hurricane, yang melakukan debutnya dengan kelompok pada 11 Maret 2005 di Boulder Station di Las Vegas. Pilson telah menjadi bagian dari setiap rekaman dan tur Foreigner sejak itu, antara lain album studio tahun 2009, Can’t Slow Down.


Selain memproduseri proyek sendiri dimulai dengan War & Peace, Pilson juga bekerja dalam kapasitas itu dengan beberapa band lainnya, mengepalai Uncreation (2006) dan Seasons of Tragedy (2008) milik Benedictum, dan Back from the Dead-nya Adler (2012). Dia memproduseri CD tahun 2006 Foreigner, Live in '05, serta lagu dari rilisan mereka tahun 2008 No End in Sight serta album mereka berikut, The Best of Foreigner 4 & More (2014). Dia kembali sebagai produser untuk Benedictum pada tahun 2012 untuk album keempat mereka, Obey (2013). 

Pada Desember 2012 terungkap bahwa Pilson akan memproduseri album kedua oleh Kill Devil Hill, menampilkan mantan rekan seband Pilson di Flesh & Blood dan Dio, Vinny Appice pada drum. Pilson juga menulis semua kecuali dua lagu dan memproduseri album terbaru Starship feat. Mickey Thomas, Loveless Fascination (2013), rilisan studio baru yang pertama grup di hampir seperempat abad.

Pada akhir 2014, Pilson menangani produksi pada album debut oleh Last in Line, sebuah band yang menampilkan anggota Dio asli Vinny Appice, Jimmy Bain, Vivian Campbell, dan Claude Schnell, yang dirilis pada tahun 2016.


Pilson juga bekerja sebagai aktor, telah muncul dalam film Rock Star tahun 2001. Pilson bermain sebagai bassis Jorgen, dari band fiksi Steel Dragon, bersama dengan Zakk Wylde, rekan band masa depan di Foreigner, Jason Bonham, yang juga berkontribusi pada Soundtrack, dengan Miljenko Matijevic dan Jeff Scott Soto sebagai vokalis, yang tidak bisa dilihat. Wylde kemudian menyatakan dalam sebuah wawancara untuk Metal Hammer bahwa sebelum kolaborasi mereka ia "hanya mengenalnya sebagai anggota Dokken. Saya tidak tahu tentang semua keahliannya. Orang ini luar biasa." 

Dia juga memberikan kontribusi terhadap pembuatan ulang Mortal Kombat, menampilkan acting suara untuk Johnny Cage.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...