Laman

Selasa, 12 Januari 2016

ROB ZOMBIE



Seorang biduan hard rock dan sutradara film horror, Rob Zombie dilahirkan pada 12 Januari 1965 dengan nama Robert Bartlwh Cummings. Dia terkenal pertama kalinya dengan band heavy metal-nya White Zombie pada tahun 1990an, yang terkenal dengan liriknya yang kontroversial dan aksi panggungnya yang teatrikal. Zombie kemudian merambah kancah film dengan film thriller berdarah seperti House of 1,000 Corpses dan remake dari Halloween pada tahun 2007.

Zombie belajar sebentar di the Parsons School of Design. Disana diabertemu dengan Sean Yseult dan keduanya segera menjadi pasangan. Bersama mereka membentuk White Zombie, mengambil nama mereka dari film horror tahun 1932 yang dibintangi oleh Bela Lugosi. Sebelum meluncurkan karir musiknya, Zombie mengerjakan sejumlah pekerjaan diluar musik. Dia bertindak sebagai seorang perancang artistic untuk sebuah majalah pornografi dan seorang asisten produksi di acara tv anak-anak, Pee-Wee’s Playhouse yang dibintangi oleh Paul Reubens.


White Zombie, yang memiliki suara alternative rock dibandingkan heavy metal pertama kalinya, segera mendapatkan kesuksesan pertamanya. Band ini mulai membangun pengikutnya dengan rilisan pada akhir tahun 1980an, Psycho Head Blowout (1987), Soul-Crusher (1988), dan Make Them Die Slowly (1989).


Menandatangani kontrak dengan label rekaman mayor, Geffen, Zombie dan bandnya memperoleh kesuksesan besar dengan rilisan La Sexorcisto: Devil Music, Vol. 1 pada tahun 1992. Lagu “Thunder Kiss ‘65” membantu album inimenjadi hit top 30 pada tahun berikutnya. Tapi Zombie mendapatkan serangan dari kalangan agamis karena citra gelapnya, lirik yang mengganggu,yang sebagian besar dia tulis. Dia juga beklerja pada artistic untuk album-album band dan pada musik video mereka.

Zombie kembali mendapatkan kesuksesan dengan album tindak lanjut pada tahun 1995, Astro-Creep: 2000-Songs of Love, Destruction and Other Synthetic Delusions of the Electric Head, yang menampilkan hit “More Human Than Human.” Dibelakang layar, dia merasa tidak puas dengan band dan akhirnya membubarkan grupnya.


Zombie merambah genre lainnya pada saat dia memutuskan hubungan dengan teman-teman sebandnya. Dia bekerja dengan Mike Judge pada film animasi tahun 1996 Beavis and Butthead Do America, menyediakan musik untuk soundtrack dan inspirasi untuk alur musik cerita dalam film. Zombie juga berkolaborasi dengan salah satu inspiratornya, rocker Alice Cooper, merekam lagu “Hands of Death” bersama. 


Dengan album Hellbilly Deluxe pada tahun 1998, Zombie mendapatkan kesuksesan pertamanya sebagai artis solo. Album ini diterima dengan baik, tapi dia kemudian mencari tantangan kreatif lain. Zombie merancang sebuah gambar Halloween di Universal Studios pada tahun 1999. Buku komik itu membuktikan sebagai hasil kreatif lain untuk Zombie. Dia memiliki beberapa buku komik resmi, antara lain Rob Zombie’s Spookshow International pada tahun 2003.

Universal mendukung film pertama Zombie, House of 1.000 Corpses, tapi mereka menolak untuk merilisnya setelah film itu selesai. Pihak studio berpikir film horror itu sangat kejam. Zombie pada akhirnya mendapatkan kembali hak film itu, dan film itu mendapatkan rilisan teatrikal pada tahun 2001. Sementara film itu mendapatkan kesuksesan menengah, sekuel film itu, Devil’s Reject (2005), merupakan film box office dan mendapatkan pengakuan kritikus.


Bekerja bergantian antara film dan musik, Zombie merilis sebuah album yang diterima dengan baik, Educated Horses pada tahun 2005. Dua tahun kemudian, dia mengerjakan film klasik horror. Zombie menawarkan pada penikmat film gayanya dalam negolah seri Halloween milik John Carpenter, yang dia tulis dan sutradarai. Film ini mendapatkan pemasukan kurang-lebih $26 juta pada minggu pembukaannya, film tebesar Zombie hingga kini. Sekuelnya, Halloween II (2009), tidak terlalu diterima oleh khalayak dan kritikus.

Saat ini, Zombie mengerjakan proyeknya yang berikut, Lords of Salem, sebuah film yang dia deskripsikan sebagai “demented” dan “satanic”. Dia juga tetap melakukan tur jika memungkinkan.


Zombie menikah dengan Sheri Moon (Sheri Lyn Skurkis) sejak tahun 2002. Pasangan itu tinggal di California dan Connecticut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...