Laman

Sabtu, 09 Januari 2016

PHIL LEWIS




Philip Francis Lewis, yang lebih dikenal sebagai Phil Lewis, adalah vokalis Inggris untuk band hard rock Amerika, L.A. Guns. Ia lahir pada tanggal 9 Januari 1957 di London, Inggris. Dia telah tinggal dan bekerja di AS sejak tahun 1980-an tetapi secara pribadi dididik di Royal Russell School di Surrey, Inggris.

Phil Lewis memulai band Girl dengan gitaris Gerry Laffy pada tahun 1978. Mereka memasang iklan di Melody Maker untuk "peroxide guitar hero," dan Phil Collen (gitaris Def Leppard saat ini) menjawab. Mereka segera bergabung dengan drummer Dave Gaynor dan bassis Mark Megary. Megary digantikan tak lama kemudian oleh saudara Laffy, Simon Laffy. Mereka menandatangani kontrak rekaman dengan label Don Arden, Jet Records pada tahun 1979 dan merilis album pertama mereka, Sheer Greed, pada tahun 1980. Anggota band Kemudian termasuk Pete Barnacle, Bryson Graham, dan Pete Bonas. Mereka merilis album kedua mereka, Wasted Youth pada tahun 1982. Phil Collen meninggalkan band pada tahun 1982 untuk bergabung dengan Def Leppard, dan band ini bubar tak lama kemudian. Album ketiga dan terakhir mereka, Killing Time, dirilis pada tahun 1997. Ini terdiri dari bahan sisa dari dua album pertama serta trek yang ditulis untuk album yang tidak pernah terwujud.


Lewis kemudian bergabung dengan gitaris Rudy Rivera, bassis Dave Birch, dan drummer Paul Edwards untuk memulai band New Torpedos. Mereka merilis sebuah demo tape. 

Lewis meninggalkan New Torpedos untuk bergabung dengan band Tormé dengan gitaris Bernie Tormé. Mereka mendapat kontrak rekaman dengan Zebra Records. Mereka merilis Back to Babylon pada tahun 1986 dan Die Pretty, Die Young pada tahun 1987. Mereka melakukan tur kedua album dengan sukses sederhana tapi tidak pernah cukup berhasil memenangkan penonton mainstream. 


Tak lama setelah meninggalkan Tormé, Lewis menerima telepon dari gitaris Tracii Guns menyatakan bahwa ia tertarik agar Phil bergabung dengan bandnya, L.A. Guns. Keduanya bertemu pada 1 April 1987, dan Lewis dipekerjakan segera sesudahnya. L.A. Guns segera menandatangani kontrak rekaman dengan Polygram Records dan merilis album pertama mereka yang berjudul "L.A. Guns" pada tanggal 4 Januari 1988. Band ini mencapai kesuksesan mainstream dengan album kedua mereka, "Cocked & Loaded," sebagian berkat single yang sangat sukses, "The Ballad of Jayne." Mereka merilis "Hollywood Vampires" pada tahun 1991, yang juga memiliki sukses moderat. Karena meningkatnya popularitas gerakan grunge, band ini tidak merilis album keempat mereka, "Vicious Circle" sampai tahun 1995. Album itu tidak mencapai keberhasilan seperti album sebelumnya, sehingga Lewis meninggalkan band tak lama setelah perilisannya. 


Selama waktu diluar L.A. Guns, Lewis berpartisipasi dalam beberapa proyek musik lainnya antara lain Filthy Lucre dengan Steve Dior dan the Liberator. Filthy Lucre merilis sebuah album yang berjudul "Popsmear" pada tahun 1997. Selama waktu ini, ia juga memegang berbagai pekerjaan lain termasuk memproduseri album untuk artis lain, pencampuran audio untuk Fox Sports, dan bahkan bekerja sebagai psikis telepon untuk waktu yang singkat. 

Lewis kembali ke L.A. Guns pada tahun 1999. Lineup klasik merilis versi rekaman ulang dari album hit "Cocked dan Loaded" pada tahun 2000. Versi baru ini berjudul "Cocked & Re-Loaded." Band ini merilis album baru berjudul "Man In The Moon" pada tahun 2001. Mereka merilis "Waking The Dead" pada bulan April 2002. Ini adalah album pertama dengan produser Andy Johns dan juga akan menjadi yang terakhir dengan Tracii Guns, karena ia meninggalkan band beberapa bulan kemudian untuk bekerjasama dengan Nikki Sixx untuk band Brides of Destruction. Kepergian Guns memaksa band untuk menarik diri dari tur dunia dengan Alice Cooper, dan mereka segera dikeluarkan dari label mereka juga. 


Lewis dan drummer Steve Riley terus melakukan tur sebagai L.A. Guns setelah kepergian Tracii Guns dan telah merilis dua album asli lainnya, "Tales From The Strip" pada tahun 2005 dan "Hollywood Forever" pada tahun 2012. Band ini masih aktif sampai sekarang. Lineup saat ini Phil Lewis, Steve Riley, Michael Grant, dan Kenny Kweens.
 
Pada Desember 2016, Lewis mengumumkan bahwa dia akan meninggalkan formasi L.A. Guns saat ini. Dia juga mengumumkan bahwa dia akan bergabung dengan Tracii Guns di sebuah formasi L.A. Guns baru. Formasi baru terdiri dari Phil Lewis, Tracii Guns, mIchael Grant, Johnny Martin, dan Shane Fitzgibbon. Album The Missing Peace dirilis pada 13 Oktober 2017 memalui Frontiers Music SRL.
 
Lewis saat ini tinggal di Las Vegas, Nevada.
 
Lewis menyanyikan sebuah cover dari Def Leppard "Bringin' on the Heartbreak" pada album tribute Def Leppard, Leppardmania. Dia juga menyanyikan cover dari Guns N' Roses "My Michelle" pada album tribute Guns N' Roses, Appetite for Reconstruction. Serta memberikan kontribusi vokal pada "Shoot Down In Flames" di album tribute AC/DC "We Salute You: an All Star Tribute To AC/DC". 

Ia juga merekam sebuah cover dari Kiss "Strutter" di album tribute Kiss, Spin The Bottle, bernyanyi di "Billion Dollar Babies" dari tribute Alice Cooper, Humanary Stew dan kontribusi vokal untuk sebuah cover dari Bon Jovi d or Alive" di album tribute Bon Jovi, Covered Dead or Alive.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...