Laman

Senin, 11 Januari 2016

TONY KAYE



Dilahirkan dengan nama Anthony John Selvidge pada 11 Januari 1946 di Leicester, Inggris, adalah kibordis dan penulis lagu Inggris. Kaye adalah pemain kibord asli untuk grup progressive rock Yes dari tahun 1968-1971, dan kembali bergabung dengan Yes dari tahun 1983 ke 1995. Diantara menjalankan tugas dengan Yes, dia juga anggota pendiri band rock 1970an Badger dan Detective, dan bergabung dengan Badfinger untuk album terakhir mereka di tahun 1981. Kaye saat ini bermain dengan CIRCA:, yang juga menampilkan anggota Yes, Billy Sherwood, dan sebelumnya termasuk drummer Yes, Alan White.

Kaye berusia empat tahun ketika ia mulai menerima pelajaran piano. Pada usia 12 tahun ia mulai bermain di konser lokal dan ia belajar di London School of Music, bercita-cita untuk menjadi pemain piano konser. Kemudian, ketika Kaye berusia 15 tahun, ia menemukan ia lebih suka musik dari the Dixieland dan modern jazz serta suara modern dari masa Beatlemania. Ia bermain dalam satu band jazz ketika ia masih menjadi anak sekolah dan pada usia 15 tahun ia bergabung dengan Danny Rogers Orchestra. Tiga tahun kemudian ia meninggalkan pelajaran musik klasiknya sepenuhnya.


Selama tahun 1960 ia bermain dengan Johnny Taylor's Star Combo dan kemudian merekam beberapa single dengan setidaknya tiga kelompok rock yang berbeda (The Federals, Jimmy Winston & His Reflections alias Winston's Fumbs, dan Bittersweet; selama 1967 ia melakukan tur dengan penyanyi Perancis Johnny Hallyday juga) sebelum diundang oleh Chris Squire (pada saat ini dengan Jon Anderson dan Peter Banks di Mabel Greer's Toyshop) untuk bergabung dengan "Yes" masa depan pada tahun 1968. Lineup asli dari Yes terdiri dari Kaye pada kibord, Peter Banks pada gitar , Chris Squire pada gitar bass, Jon Anderson pada vokal dan Bill Bruford pada drum. Mereka merilis dua album: es (1969) dan Time and a Word (1970), dan beberapa single. Pada tahun 1971, Yes merilis The Yes Album dengan gitaris Steve Howe menggantikan Banks. Lagu pembuka, berjudul "Yours Is No Disgrace", adalah lagu pertama yang menampilkan Kaye sebagai komposer bersama. Tapi setelah konser terakhir tahun itu di The Crystal Palace pada bulan Agustus 1971, Kaye diminta untuk meninggalkan grup. Konservatisme musiknya sering dianggap sebagai alasan untuk diusir - kelompok itu ingin berkembang, menggabungkan mellotron dan synthesizer dalam suara mereka, sementara Kaye menolak untuk bermain apa pun selain organ Hammond dan piano tercintanya. Kaye telah melatih beberapa lagu yang muncul di Fragile, seperti "Heart of the Sunrise", dengan bagian-bagian kibordnya yang direkam ulang oleh Rick Wakeman.


Yes melanjutkan dengan kibordis lain, meskipun Kaye kembali pada tahun 1981. Sementara itu, Tony sudah dalam beberapa kelompok. Pada tahun 1972, ia terdaftar sebagai anggota kelompok resmi Flash, sebuah band dengan mantan rekan anggota Yes, Peter Banks, di album pertama mereka. Namun, meskipun Kaye muncul dan bermain di album itu dan diundang untuk bergabung dengan grup, ia benar-benar menolak tawaran mereka, dan terdaftar dalam kredit sebagai tamu, bukan anggota band. Tak lama kemudian, Kaye membentuk kelompok sendiri: Badger, bersama-sama dengan bassis David Foster, penulis lagu kadang-kadang untuk Yes dan mantan bassis untuk The Warriors (yang juga tampil Jon Anderson pada vokal dan drumer masa depan King Crimson, Ian Wallace). Badger hanya merilis dua album: One Live Badger (1973, yang ikut diproduseri oleh Jon Anderson dan desain tata sampul oleh Roger Dean) dan White Lady (1974) dengan Jackie Lomax pada vokal.


Kaye pindah ke Los Angeles pada tahun 1975. Setelah tur periode singkat dengan David Bowie selama 1975-1976 ia tampil pada edisi bonus trek CD album Station to Station tahun 1990 dan 2010, Kaye bergabung dengan Detektive dengan penyanyi Michael Des Barres, merilis dua album: Detective (1977) dan It takes One To Know One (1977), serta satu-satunya promo Live From The Atlantic Studios (1978). Kaye kemudian pindah untuk bergabung dengan Badfinger pada tahun 1979, bermain di tur mereka tahun 1979 dan album 1981 mereka Say No More.


Kaye berhasil mengikuti audisi untuk bagian dari pemain Hammond di dokumenter This Is Spinal Tap.


Saat Badfinger akan hiatus, Kaye menetapkan pilihannya untuk merekam album solo ketika ia bertemu Chris Squire, dan diundang untuk bergabung dengannya dalam beberapa sesi studio gratis. Pertemuan ini menyebabkan Kaye bergabung dengan Cinema, kelompok baru yang dibentuk oleh Squire, drummer Alan White dan gitaris Trevor Rabin.


Beberapa sesi yang diproduseri oleh Trevor Horn dan album disiapkan. Konflik dengan Trevor Horn pada pengaturan Kibord menyebabkan kepergian Kaye dari sesi rekaman, dan dalam tahap akhir produksi, nama Cinema dibuang dan Yes terlahir kembali dengan kembalinya penyanyi Jon Anderson. Dengan Kaye telah meninggalkan band menuju bagian akhir dari sesi rekaman 90125, Trevor Rabin memainkan sebagian besar kibord di lagu yang direkam di album. Kaye juga absen dalam video untuk "Owner of a Lonely Heart" (digantikan oleh Eddie Jobson yang dibawa untuk menggantikan Kaye).

Setelah Kaye meninggalkan Yes dan bergabung kembali dengan Badfinger untuk tur pada tahun 1983, ia dihubungi oleh Chris Squire yang memintanya untuk kembali bergabung dengan Yes pada akhir tur Badfinger pada bulan Oktober. Karena itu ia kembali bergabung dengan Yes sebelum rilis 90125. Tur yang diikuti berakhir pada bulan Februari 1985 di Buenos Aires, Argentina. Pada Januari 1985 Yes bermain di Rock in Rio Festival di Rio de Janeiro. Sebuah EP, 9012Live dan beberapa single dirilis, tapi video dengan nama yang sama dinominasikan untuk Grammy Award.


Big Generator (1987) adalah album berikutnya, di mana ia memainkan sebagian besar kibord (dengan Rabin berkontribusi di segmen kecil) selama sesi rekaman. Dengan album yang diterima dengan baik, tur yang luas mengikutinya. Selama ini, Kaye berkomitmen untuk membuat album untuk Cinema Records, sebuah label elektronik baru, tetapi tidak pernah merilisnya. Dalam sebuah wawancara dengan Majalah Keyboard pada tahun 1991, Kaye menyatakan bahwa sementara ia menyukai materi, ia merasa benar-benar dianggap hanya sebagai musik latar belakang yang membutuhkan penyanyi, dan dengan demikian ia meninggalkan pekerjaan itu.

Pada tahun 1991, line-up Yes meledak dengan tiga mantan anggota (Wakeman, Howe dan Bruford) bergabung dengan line-up lima orang dari band, dan anehnya itu pertama kalinya Kaye dan Wakeman pernah bertemu, namun keduanya mengaku mereka dalam sekejap menyukai satu sama lain dan berjalan dengan baik. Mereka semua melakukan tur bersama pada tahun 1991 dan 1992, dalam sebuah pertunjukan yang berjudul "Around the World in 80 Dates," dengan panggung berputar di tengah masing-masing tempat pertunjukan. Pada tahun 1994, Yes merilis Talk, album terakhir Kaye dengan mereka. Kaye hanya memainkan organ Hammond pada Talk - semua kibord lainnya yang dimainkan oleh Trevor Rabin -, namun tur yang diikuti melihatnya menggunakan beragam kibord tetapi sekali lagi, ini menjadi "master-keyboard", ia hanya harus menyentuh satu not untuk mendapatkan semua melodi yang benar-benar dimainkan tanpa dia melakukan hal lain. Setelah Talk, Kaye ditawarkan untuk tinggal dengan band dalam kapasitas manajemen, tapi ini tidak terjadi dan keterlibatannya dengan band berhenti.



Pada akhir tahun 1997, sebuah
album live ganda dari materi awal Yes, Something's Coming (UK) AKA Beyond and Before (AS), dirilis.


Pada akhir 1990-an dan awal 2000-an, Kaye sebagian besar pensiun dari industri musik, meskipun ia muncul di sejumlah arsip rilisan Yes, antara The Word Live. Baru-baru ini, ia telah terlibat dengan beberapa proyek, antara lain band penghormatan Neil Young bernama The Neil Deal dan secara eksekutif memproduseri penyanyi Daniela Torchia. Kaye juga bekerja secara ekstensif dengan mantan rekan Yes, Billy Sherwood. Kaye dan anggota masa lalu dan sekarang lainnya dari Yes muncul pada tiga album tribute Pink Floyd. Dia sekarang di Circa dan Yoso dengan Sherwood.


Kaye bertunangan dengan anak tiri Chris Squire, Carmen Squire, tetapi ia menikah dengan penyanyi-penulis lagu Daniela Torchia. Dia memulai serangkaian usaha kecil selain musik. Dia telah terlibat dalam sejumlah aksi hukum terhadap Brian Lane (mantan manajer Yes) dan Yes karena royalti yang belum dibayar. Meskipun tinggal di AS selama bertahun-tahun, Kaye belum menjadi warga negara AS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...