Laman

Minggu, 10 Januari 2016

JASON BITTNER




Dilahirkan pada 11 Januari 1970 di Niskayuna, New York, AS, adalah drummer Amerika, paling dikenal sebagai drumer band metal Shadows Fall. Ia juga drummer band thrash metal Amerika Flotsam and Jetsam sejak 2014, dan merupakan drummer untuk band thrash metal Toxik dari 2013-2014. 


Dia telah memenangkan berbagai penghargaan antara lain angket pembaca Modern Drummer Magazine untuk # 1 Up and Coming Drummer 2004, dan pada tahun 2005, # 1 Best Recorded Performance untuk album Shadows Fall, The War Within, # 1 Metal drummer (2005/2006) # 2 Clinician DRUM! magazine 2011. Dia diakui untuk permainan ketat, keterampilannya yang luas dengan dua bass drum, terutama kemampuannya untuk bermain pola yang kompleks pada kecepatan tinggi, dan keakraban dengan berbagai gaya drum, termasuk latin dan jazz.  


Bittner mulai mengambil pelajaran drum yang formal pada usia sepuluh tahun, namun ia telah menyatakan bahwa ia "telah memukul-mukul toples, panci, dan kaleng sampah sejak dia berusia sekitar lima tahun". Berasal dari Schenectady, NY, ia terus mengambil pelajaran dan tampil di ansembel jazz dan orkestra sekolah menengah dan sekolah tinggi Linton sebelum belajar di Berklee College of Music di tahun 1988. Setelah tahun pelajaran yang intensif, ia meninggalkan Berklee untuk mengejar karir musiknya luar lingkungan pendidikan. Hal ini menyebabkannya bermain di berbagai band metal dan hard rock sepanjang akhir tahun delapan puluhan dan awal tahun sembilan puluhan.
 
Pada tahun 1994 ia bergabung dengan band Stigmata, sebuah band hardcore yang menonjol dalam kancah New York, dan selama 7 tahun ke depan, merekam 3 album, merilis sebuah video rumahan, dan melakukan tur AS dan Eropa dengan band ini. Bittner juga bermain di band death metal Burning Human. Mereka merekam 7 lagu yang akan muncul di album "We The People: A tribute to upstate NY's hardest". Sebagian besar lagu-lagu ini akan direkam ulang untuk album pertama mereka yang tidak akan keluar selama satu dekade lain setelah Bittner bergabung dengan Shadows Fall. Burning Human akhirnya membubarkan diri di akhir 90-an. Stigmata dibubarkan pada tahun 2001; musim gugur berikutnya, Bittner bergabung dengan Shadows Fall. Awalnya, ia dikontrak hanya untuk melakukan satu tur Eropa dengan band, tetapi kemudian memutuskan untuk bertahan sebagai anggota tetap.


Pada bulan September 2002 band ini merilis "The Art of Balance" dan melanjutkan untuk tur di seluruh Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa. Selama tahun 2005, setelah rilisan tindak lanjut Shadows Fall, The War Within, Bittner mulai memantapkan dirinya sebagai seorang klinikan, tampil di Modern Drummer Festival, Drummer festival secara langsung di Inggris, diikuti oleh tur klinik Jerman, dan juga PASIC pada November 2005.
 
Pada bulan Januari 2006, mengisi untuk drumer Anthrax Charlie Benante untuk dua pertunjukan, yang tidak bisa tur karena masalah keluarga. Dia juga membuat penampilan tamu kejutan di sebuah acara di Clifton Park, New York pada bulan November 2011. Dia juga mengisi untuk Charlie di beberapa pertunjukan di seluruh awal tahun 2012, setelah Gene Hoglan yang membantu Anthrax keluar, setelah kematian ibu Charlie. Ia kembali lagi pada akhir Juni 2012 mengisi untuk Charlie setelah Charlie terluka pergelangan tangannya, terus tampil dengan Anthrax sampai Oktober 2012. Hudson Music merilis DVD bersama dengan Bittner dan Chris Adler dari band metal Amerika Lamd of God, Pro-Mark memperkenalkan Jason Bittner Signature Model 5BX drumstick, dan Meinl memperkenalkan the Bell Blast ride, dirancang dalam hubungannya dengan Jason. Dia tampil di sampul publikasi drum UK, Drummer dan Rhythm, fitur sampul DRUM!, dan berpartisipasi di rekaman Magna Carta's Drum Nation 3. Shadows Fall merilis "Fallout From the War" di Century Media Records pada 2006 dan menghabiskan sisa tahun untuk menulis dan merekam Threads of Life di Studio 606 di LA dengan Produser Nick Raskulinecz (Foo Fighters, Rush). Bittner juga memenangkan angket Modern Drummer Readers untuk # 1 Metal drummer untuk tahun kedua berturut-turut.


Pada bulan-bulan awal musim dingin tahun 2007, Jason menghabiskan banyak waktu untuk menulis dan merekam materi lama dan baru untuk band aslinya, "Burning Human". Akhir Maret merupakan awal siklus tur Shadows Fall untuk mendukung Threads of Life, yang dirilis pada April 2007. Juga selama periode ini, Bittner mulai menulis kolom drum bulanan untuk majalah RHYTHM di Inggris, adalah anggota fakultas (bersama dengan Steve Smith, Dave Weckl, dan Horacio Hernandez) pada 2007 Drum Fantasy Camp yang diadakan di Seton Hall University, dan memenangkan # 1 Metal Drummer dan # 1 penghargaan Rising Drumming Stars di 2007 DRUM! Reader's poll. Bukunya, "Drumming Out of The Shadows", ikut ditulis oleh Joe Bergamini, menerima penghargaan # 2 angket pembaca DRUM! untuk Buku Pendidikan Terbaik, dan ia juga tampil dalam buku "On the Beaten Path" oleh Rich Lackowski, # 1 Buku Pendidikan tahun 2008 di jajak pendapat pembaca majalah Modern Drummer dan DRUM!. Bittner dan Hudson Musik meluncurkan DVD instruksional pertamanya yang berjudul "What Drives the Beat" pada bulan Oktober 2008, dengan tur klinik setelah dirilis.


Jason memainkan set akustik dengan George Lynch (Lynch Mob) dan Stu Hamm (Joe Satriani) dalam penampilan akustik pertama Lynch's Mr Scary. Acara pribadi ini dipandu oleh US Music di Hilton Hotel untuk NAMM 2010. Pada tahun 2011 ia menandatangani kontrak sebagai artis cymbal Zildjian dan memulai pada klinik drum tur 30 kota di seluruh dunia yang meliputi benua dari AS ke Australia ke Eropa , Inggris dan Rusia. Tahun 2012 merilis CD baru Shadows Fall "Fire From the Sky" dan band melakukan sebuah tur sebelum Bittner sekali lagi dipanggil untuk mengisi untuk Charlie Benante di Anthrax untuk jangka waktu 4 bulan selama musim panas dan musim gugur. Band ini menyelesaikan 2012 Rockstar Mayhem Festival dan tur Kanada selanjutnya, dan Bittner kemudian kembali ke Shadows Fall penuh waktu. Pada saat ini melakukan tur untuk mendukung "Fire From the Sky" dan akan melakukannya dalam sebagian besar tahun 2013.
 
Pada 2013, Jason bergabung dengan band thrash metal Toxik sebagai drummer baru mereka, tetapi meninggalkan band pada tahun 2014.


Pada tanggal 19 Desember 2014, diumumkan bahwa Jason telah bergabung dengan band thrash metal Flotsam and Jetsam sebagai drummer baru mereka.


Jason juga pernah bekerja sama dengan musisi-musisi lain seperti Marty Friedman (Tokyo Jukebox 2, tahun 2011), Hellspeak (The Slaughter Role of Agony EP, 2013) dan Half Past My Sin (4:44, Mei 2014).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...