Laman

Selasa, 26 Januari 2016

DAVE KILMINSTER




Dilahirkan dengan nama David Kilminsterpada 25 Januari 1962 di London, Inggris adalah gitaris Inggris, vokalis, pencipta lagu dan guru musik, yang telah melakukan tur sebagai pendamping untuk beberapa musisi.

Dave Kilminster mulai bermain piano di masa anak-anak, dan kemudian belajar memainkan gitar. Selama masa mudanya ia juga bernyanyi dalam sebuah barbershop quartet.
 
Pada tahun 1991 ia memenangkan penghargaan 'Guitarist of the Year' dalam kompetisi yang diadakan oleh Guitarist Magazine dengan instrumental Sundance; Pada waktu itu ia memiliki pekerjaan sementara bekerja pada komputer untuk IBM. Tak lama setelah itu, Kilminster diminta untuk mengajar di Guitar Institute di Acton. Hal ini termasuk materi ujian tertulis dan kursus untuk Trinity College dan Thames Valley University. 


Kilminster mengajar di the Academy of Contemporary Music di Guildford dan menulis untuk majalah Guitar Techniques. Dia telah meluncurkan serangkaian DVD instruksional untuk Licklibrary-nya Roadrock setelah keberhasilan seri satelit globalnya, bernama Killer Guitar.
 
Pada tahun 2002, Kilminster tur dengan Keith Emerson dan grup-nya Emerson The Nice, menirukan karya gitar dari David O'List. Dari 2006 hingga 2008, ia melakukan tur dengan Roger Waters pada The Dark Side of the Moon-nya dan dari 2010-2013 ia melakukan tur sebagai gitaris pertama di tur The Wall Live 2010-2013-nya. Pada kedua tur tersebut, ia memainkan bagian mirip dengan David Gilmour pada album studio asli. Ia juga telah bermain bersama John Wetton (mantan King Crimson), Ken Hensley (mantan Uriah Heep), Qango (sebuah spin-off Asia), The Nice, dan Carl Palmer. Pada bulan Mei 2015, Kilminster mengganti Guthrie Govan di band-nya Steven Wilson untuk tur Amerika Utara 2015-nya.


Dave kembali merilis album gitar akustik-nya 'Playing with Fire' pada tahun 2004. Pada tahun 2007, ia merilis album rock, Scarlet, yang menampilkan rekan seband Emerson, drummer Pete Riley dan bassis Phil Williams. Album ini kembali dirilis sebagai 'Scarlet - The Direktor's Cut' pada tahun 2012. Hal ini diikuti oleh album baru dari materi asli, and ... The Truth Will Set You Free di tahun 2014. Kilminster ikut memproduseri album solo pertama Anne-Marie Helder, The Contact (2004), dan Helder menyanyikan vokal latar pada Scarlet.


Kilminster adalah kidal, tapi setelah mengalami kerusakan pada pergelangan tangan kanannya dalam kecelakaan go-kart, ia mulai bermain gitar kanan. Dia telah mengatakan dia ambidextrous Ia menggunakan teknik permainan seperti tapping dan swep picking, tetapi menganggap mereka sebagai "benar-benar hanya peralatan" dan tidak merupakan bagian penting dari gaya permainannya.

Kilminster menggunakan Fender Telecaster dan gitar akustik Takamine. Untuk tur Dark Side of the Moon, ia mulai menggunakan telecaster custom Richie Kotzen dengan pickup kustom. Dia menggunakan amplifier gitar Cornford.


Kilminster berteman dengan Guthrie Govan, yang menjadi gitaris di band Asia pimpinan Downes/Payne (2001-2006); mereka bermain bersama di beberapa gigs selama 1990-an, dan kadang-kadang berkolaborasi di The Bassment di Chelmsford, Essex pada malam hari yang diselenggarakan oleh jazz fusion ensemble The Fellowship. Govan dan Kilminster baru saja tampil bersama-sama di the International Music Show, di arena ExCel-nya London pada 14 Juni 2008, di mana Kilminster memainkan lagu-lagu dari albumnya, Scarlet, sebelum bergabung dengan Govan dan band-nya untuk membawakan trek-trek dari album Erotic Cakes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...