Laman

Jumat, 15 Januari 2016

BIFF BYFORD




Dilahirkan dengan nama Peter Rodney Byford di Honley, West Yorkshire pada 15 Januari 1951. Dia memulai karirnya dengan menyanyi dan bermain bass di sebuah band bernama Coast dari tahun 1973 hingga 1976.

Dia membentuk Saxon dengan gitaris Graham Oliver dan Paul Quinn (yang bermain di Coast juga), bassis Steve Dawson dan drummer Pete Gill. Band ii asalinya bernama Son of a Bitch, tapi berubah menjadi Saxon pada tahun 1978. Mereka merilis album self-title debut mereka pada tahun 1979, dan menjadi bagian dari yang dikenal sebagai New Wave of British Heavy Metal, yang juga berisi band-band seperti Iron Maiden dan Def Leppard. Saxon mendapatkan kesuksesan komersil juga, memiliki 8 album yang masuk chart UK Top 40 Albums dan 5 buah single Top 40 antara tahun 1980 dan 1986.


Pada akhir 1980an, band ini (bersamaan dengan genre-nya) menjadi kurang populer, dan Oliver serta Dawson membentuk sebuah band dengan nama yang sama, walau mereka kemudian dipaksa untuk berubah menjadi Oliver/Dawson Saxon. Saxon (-nya Byford) tetap melakukan karir rekaman dan tur memusatkan di Jerman selama sebagian besar tahun 1990an, sebelum kembali mendapatkan perhatian lebih luas dengan album Inner Sanctum pada tahun 2007.

Hingga kini saxon telah merilis 21 album studio, 9 album live, 11 album kompilasi dan 7 album video. Battering Ram merupakan album stuido Saxon yang ke 21 yang dirilis pada tanggal 16 Oktober 2015 dengan produser Andy Sneap.


Pada April 2007, Byford merilis otobiografinya, berjudul Never Surrender yang diambil dari lagu Saxon dengan judul yang sama. Gigwise.com melaporkan pada 18 januari 2010 bahwa Byford meluncurkan sebuah kampanye agar Britons mendeklarasikan heavy metal sebagai agama mereka di United Kingdom Census 2011, yang terinspirasi oleh fenomena sensus Jedi (dimana sensus tahun 2011 menghasilkan keharusan bahwa Jediisme adalah agama paling terkenal nomor 4 di Inggris).


Pada tahun 2014, Byford membentuk sebuah proyek bernama The Scintilla Project. "Scintilla" adalah sebuah rilisan sci-fi thriller yang dirilis pada Agustus 2014. Untuk menyamakan dengan rilisan film itu, dan terinspirasi olehnya, Byford berkolaborasi dengan Lionel Hicks untuk membentuk The Scintilla Project. Album The Hybrid dirilis pada 5 September 2014 via UDR Music.

Byford juga menjadi musisi tamu di sejumlah band lain seperti Avantasia, Bullet, Crimes of Passion, Destruction, Doro, Freedom Call, HammerFall, Helloween, Pharao dan Wolfpakk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...