Laman

Sabtu, 16 Januari 2016

BRENT HINDS



Dilahirkan dengan nama William Brent Hinds pada 16 Januari 1974 di Pelham, Alabama, AS, adalah seorang gitaris/penyanyi Amerika yang dikenal sebagai anggota dari band metal asal Atlanta, Georgia, Mastodon, di mana ia berbagi tugas gitar dengan Bill Kelliher dan tugas vokal dengan Troy Sanders dan Brann Dailor.

Hinds juga gitaris utama/penyanyi untuk band surfabilly Fiend Without a face, dan terlibat dalam proyek-proyek lainnya, antara lain band-band rock klasik The Blood Vessels, West End Motel, Four Hour Fogger, The Last of the Blue Eyed Devils, Giraffe Tongue Orchestra , dan Legend of the Seagullmen.
 
Pada tahun-tahun awal Mastodon, Hinds bekerja sebagai tukang kayu penuh ketika tidak tur untuk mempromosikan band.

Hinds meninggalkan Alabama ke Atlanta, Georgia dalam mengejar karir musik. Di saat inilah ia bertemu Troy Sanders, anggota masa depan Mastodon. Menurut Sanders, dia "tinggal di van-nya untuk lima tahun ke depan", menjadi anggota band Sanders kemudian, Four Hour Fogger. Latihan pertama yang dia hadiri dengan band ini ia diduga "muncul dengan sia-sia ia bahkan tidak bisa bermain". 

Setelah Four Hour Fogger bubar, keduanya tetap bersama-sama, akhirnya bertemu Brann Dailor dan Bill Kelliher di konser High On Fire di "ruang bawah tanah teman mereka". Keempatnya mulai memainkan musik yang baru dengan calon penyanyi Eric Saner, tur Amerika Serikat bagian selatan, bekerja 40 jam seminggu dan berkomitmen untuk band di waktu luang mereka. Kesuksesan mainstream band terjadi setelah Saner meninggalkan band, mendorong Hinds ke depan bukan hanya sebagai gitaris, tapi sebagai vokalis juga, tugas yang ia bagi dengan Sanders.
 
Hinds terus berkonsentrasi pada Mastodon, dengan sebagian besar waktunya dihabiskan tur atau di studio. Dia juga menikmati mempromosikan band psychedelic rockabilly-nya yang kurang terkenal Fiend Without a Face dan band rock klasik The Blood Vessels. Hinds membuat musik film untuk Jonah Hex.


Pada 7 Juni 2011 proyek Hinds Fiend Without a Face dan West End Motel merilis album debut studio CD split-ganda.

Pada tahun 2011, Hinds membentuk supergrup Giraffe Tongue Orchestra dengan sesama gitaris Ben Weinman dari The Dillinger Escape Plan, mantan bassis Jane Addiction Eric Avery dan mantan drummer The Mars Volta, Jon Theodore.


Awalnya bermain banjo, Hinds belajar "signature style"-nya memetik hybrid cepat dengan meniru fingering banjo pada gitar. Ia sering memanfaatkan minor pentatonik, minor alami, dan skala kecil harmonik dalam permainannya serta banyak hammer-ons, pull-offs, dan slide Legato. Hinds tumbuh dengan mendengarkan musik country, tetapi ketika ia memasuki akhir remaja ia mulai mendengarkan Neurosis dan Melvins, band yang akan memiliki pengaruh besar pada gaya musisi-nya. Hinds juga menyatakan bahwa ia adalah penggemar besar dari genre progressive dan psychedelic rock, terutama dari 70-an.

Pada tanggal 12 Juni 2007, Hinds dan rekann seband Bill Kelliher memenangkan Metal Hammer Golden Gods award untuk Shredders terbaik, pertama kalinya gitaris Mastodon diberikan penghargaan untuk keahlian gitar mereka.
 
Hinds tampil bersama dengan Kelliher di sampul Guitar World edisi 300 bersama legenda gitar seperti Jimi Hendrix, Angus Young, dan Kirk Hammett.
 
Hinds menampilkan vokal bersih dan kasar di Mastodon, di mana ia berbagi tugas vokal utama dengan Troy Sanders dan kemudian, Brann Dailor.


Hinds memiliki kecanduan yang kuat untuk merokok ganja, di mana ia mengklaim tanpa ragu pada sebuah narasi bahwa Amerika adalah negara bebas. Dalam sebuah wawancara online dia mengaku merokok ganja hampir setiap hari dan menyatakan "Mereka mengatakan bahwa jika, Anda tahu, teroris dan seperti pembenci kebebasan ingin meledakkan Amerika karena kami begitu bebas tapi mengapa mereka tidak merubah Belanda menjadi debu karena kalian adalah orang-orang paling bebas di dunia?”

Brent Hinds juga merupakan seorang pecandu Creature from the Black Lagoon, dengan koleksi besar action figure dan pernak-pernik lainnya dari waralaba itu.

Hinds telah muncul sebagai musisi tamu pada band-band lain seperti:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...