Laman

Rabu, 13 Januari 2016

TREVOR RABIN




Dilahirkan dengan nama Trevor Charles Rabin pada tanggal 13 Januari 1954 di Johannesburg, Afrika Selatan, dalam sebuah keluarga musisi. Ibunya Joy adalah seorang pelukis, penari balet, aktris, dan pianis klasik dan ayahnya Godfrey adalah seorang pengacara, konduktor, dan pemain biola utama di Johannesburg Philharmonic Orchestra. Kakek dari pihak ayah, Gerson Rabinowitz, adalah tukang daging kosher yang tiba di Afrika Selatan pada akhir abad kesembilan belas dan pamannya Morrie Rabin adalah seorang guru piano. Kakak Rabin, Derek, tiga tahun lebih tua darinya. Rabin menggambarkan keluarganya sebagai "sangat anti apartheid". Ayah Rabin adalah Yahudi dan ibunya dikonversi ke Yudaisme dan keluarga itu menjalankan libur dan perayaan Yahudi.


Di masa mudanya, Rabin bersekolah di SMA Parktown Boys di Johannesburg dan mengambil belajar piano pada usia enam tahun. Dia mengingat, "Didorong oleh orang tua saya, saya punya dua pelajaran seminggu dan berlatih satu jam sehari selama dua belas tahun, apakah saya suka atau tidak, seperti yang dilakukan kakak dan adik saya." Pada usia 12 tahun, ia mulai belajar gitar sendiri menggunakan buku latihan piano dan tidak pernah mendapat pelajaran formal dalam instrumen itu. Setahun kemudian ia bermain di The Other sebelum membentuk Conglomeration and Freedom’s Children, sebuah kelompok anti-apartheid. Rabin belajar orkestrasi di University of Johannesburg dalam persiapan untuk menjadi konduktor sebelum dia memutuskan untuk mengejar karir di musik rock. Setelah ia ditemukan oleh seorang produser rekaman pada usia enam belas tahun, Rabin menjadi musisi sesi, memainkan berbagai gaya termasuk jazz dan jazz fusion. Ia menyebut Arnold Schoenberg, Tchaikovsky, Hank Marvin, Cliff Richard and the Shadows, The Beatles dan Jimi Hendrix sebagai pengaruh awal. Pada usia 19 tahun, Rabin mengambil satu tahun wajib militer di Angkatan Darat Afrika Selatan dengan melayani di divisi hiburan, mengatur big band-nya dan tampil di sebuah grup rock. Dia berkata, "Aku sering pergi ke apa yang disebut garnisun. Saya hanya akan pergi ke sana, menemukan sudut kecil dan benar-benar duduk selama berjam-jam berlatih gitar ... meskipun saya akan selalu bermain piano." Pada tahun 1972 , Rabin membeli Fender Stratocaster R 160-nya. 


Pada tahun 1972, Rabin bertemu kembali dengan teman band-nya di Conglomeration untuk membentuk Rabbitt, sebuah band rock dengan drummer Neil Cloud, bassis Ronnie Robot, dan penyanyi, kibordis, gitaris Duncan Faure. Single pertama mereka, dirilis pada tahun 1972, adalah cover "Lokomotive Breath" oleh Jethro Tull yang kemudian muncul di album debut mereka, Boys Will Be Boys, yang dirilis pada tahun 1975 di Jo'Burg Records. Rabin memenangkan penghargaan untuk pengaturan orkestranya pada album itu pada tahun 1975. Keberhasilan band diantara gadis-gadis remaja membawa mereka ke acara televisi mingguan mereka sendiri, dan SARIE Award untuk Best Contemporary Music Artist pada tahun 1976. Album kedua Rabbitt, A Croak and a Grunt in the Night, dirilis pada tahun 1977. Kemudian di tahun itu Rabin menerima SARIE Award untuk pekerjaan produksinya di album itu dan Rabitt menerima penghargaan kedua mereka untuk Best Contemporary Music Artist. Rabin juga memproduseri dan mengaransir album Margaret Singana, Where is the Love (1976). 

Rabin juga memproduseri berbagai proyek berorientasi disko antara lain The Tee Cee’s, Slang, dan Disco Rock Machine. Pada tahun 1978, Rabbitt setuju untuk kesepakatan distribusi dengan label AS Capricorn Records, tetapi mereka tidak mampu untuk tur di luar negeri karena ketidaksetujuan internasional akan kebijakan apartheid Afrika Selatan. Rabin meninggalkan Rabbitt tak lama kemudian. Dia melanjutkan untuk membuat musik film pertamanya, Death of a Snowman (diterbitkan kembali sebagai Snow Patrol), dirilis pada tahun 1978. Rabin bercerita, "kami terpaku dengan lembar di dinding dan saya menulis musik film ... Aku masih belum menyaksikannya ".

Pada tahun 1978, meninggalkan Afrika Selatan untuk melanjutkan karir musik solonya di London. Ia mendirikan sebuah perusahaan produksi, Blue Chip Music, dan membuat kontrak rekaman dengan Chrysalis Records. Album debut solo Rabin, Trevor Rabin, dirilis di seluruh dunia pada bulan September 1978. Album ini direkam pada tahun 1977 di sekitar enam setengah minggu di RPM Studios di Johannesburg. Dia mengingat, "Saya tidak berpikir saya pernah meninggalkan studio pada waktu itu. Saya masih hidup dan bekerja di sana lupa waktu". Album ini pertama kali dirilis di Afrika Selatan pada RPM Records dengan judul Beginnings. Rabin memainkan semua instrumen kecuali drum, dimana ia menggunakan pemain sesi Kevin Kruger. Album ini di-remix di Wessex Sound Studios di London dan dirilis dengan lagu-lagu baru dan lagu rangka alternatif di bawahnya. Majalah Billboard memberi penilaian positif, mengutip "hasil yang mengesankan yang ditandai dengan gaya rock yang mengundang perbandingan dengan Boston atau Tom Petty dengan "ledakan" kibord dan gitar.

Pada tahun 1979, Rabin merilis album solo keduanya, Face to Face. Dia mempromosikan album ini dengan tur Inggris sebagai pembuka untuk gitaris Steve Hillage. Rolling Stone mengkritik rekaman ini dengan balada yang sarat ‘hook’ tetapi masih memberi dua album pertamanya dengan peringkat baik untuk kualitas teknis mereka. Pada tahun yang sama, ia ikut memproduseri Wild Horses, debut album oleh Wild Horses. Pada tahun 1980, Rabin memainkan gitar dan ikut memproduseri Chance oleh Manfred Mann’s Earth Band dengan Manfred Mann. Sebuah supergrup rock yang diusulkan dengan Rabin, penyanyi dan bassis John Wetton, drummer Carl Palmer, dan kibordis Rick Wakeman tidak pernah mendatangkan hasil. Wakeman mengaku ia menolak untuk menandatangani kontrak rekaman "diluar prinsip" setelah label siap untuk mengontrak mereka tanpa mendengarkan setiap musik mereka.

Wolf, album solo ketiga Rabin untuk Chrysalis, dirilis pada tahun 1980 yang ia produseri dengan Ray Davies. Direkam di KONK Studios di London, Rabin mengisi vokal, gitar, dan kibord saat menggunakan berbagai musisi untuk berkontribusi, antara lain drummer Simon Phillips, bassis Jack Bruce dan Mo Foster, kibordis Mann dan John Bundrick, dan Chris Thompson dan Noel McCalla pada vokal tambahan . Setelah dirilis, Rabin memutuskan hubungan dengan Chrysalis karena ia merasa label bekerja sedikit untuk mempromosikan album. Selama waktu ini, Rabin bermain gitar pada "Runner" dan membawakan lagu "Redemption Song" oleh Bob Marley untuk album Manfred Mann’s Earth Band, Somewhere in Afrika (1983). 

Pada tahun 1981, Rabin pindah ke Los Angeles dan mulai mengembangkan materi baru, beberapa di antaranya direkam dengan drummer Frankie Banali dan bassis Mark Andes, untuk kesepakatan rekaman baru dengan Geffen Records. Selama waktu ini, pendiri David Geffen menempatkan dia dalam kontak dengan musisi yang melanjutkan untuk membentuk supergrup Asia. Rabin menghadiri latihan awal, tetapi merasa lagu-lagunya tidak cocok untuk grup. Rabin kemudian dicoret dari label saat Geffen tidak bersedia merilis album solo. Rabin merasa "sedikit terkejut tapi kami semua tetap berhubungan baik". Rabin kemudian mengirim tape lagu barunya ke berbagai label, termasuk Clive Davis di Arista Records yang memuji vokalnya, tapi dianggap lagunya cocok untuk format Top 40. Eksekutif RCA Records Ron Fair, menurut Rabin, "orang pertama yang benar-benar mendengar bahwa saya memiliki sesuatu yang menarik". Tertarik dengan apa yang telah dihasilkan Rabin, Fair menawarkan Rabin kontrak untuk memproduksi album solo , tapi Rabin menolaknya setelah ia memutuskan untuk bekerja dengan bassis Chris Squire dan drummer Alan White dari band progressive rock Yes yang bubar pada awal 1981. Rabin juga menolak suatu tawaran untuk tur dengan Foreigner sebagai kibordis mereka. 


Pada tahun 1982, demo Rabin ditemukan oleh produser Mutt Lange dan Phil Carson dari Atlantic Records, yang mengundangnya untuk bertemu Squire dan White di London dan bermain bersama. Setelah jam session, ketiganya memutuskan untuk membentuk Cinema yang kemudian memasukkan kibordis asli Yes, Tony Kaye. Kelompok ini mengembangkan materi baru Rabin yang menampilkan arah yang lebih komersial dan berorientasi pop dengan pengaruh pop dan dance rock, jauh berbeda dari apa yang Yes dikenali pada 1970-an. Pada bulan Juni tahun 1983, mantan penyanyi Yes Jon Anderson diundang untuk menyanyi di album ini. Setelah sengketa hukum dengan band lain bernama Cinema, kelompok memutuskan untuk membentuk kembali sebagai line-up baru Yes. Rabin tidak yakin menggunakan nama Yes karena ia merasa musik baru ini tidak mewakili dari apa band ini menjadi populer dan berharap untuk album ini akan dinilai sebagai milik sendiri. 

Setelah dirilis pada bulan November 1983 di Atco Records, 90125 menjadi album terlaris band, mencapai No. 5 di AS dan terjual tiga juta kopi di sana. Singel utamanya, "Owner of a Lonely Heart", mencapai No. 1 di Billboard Hot 100 chart single selama dua minggu pada Januari 1984 dan Hot Mainstream Rock Tracks chart. "Leave It" mencapai di No 24 di Hot 100. Pada tahun 1985, lagu "Cinema" memenangkan Grammy Award untuk Best Rock Instrumental Performance dan 90125 menerima nominasi untuk Best Rock Performance by a Duo atau Group with Vokal. Pada bulan Februari tahun 1984, Yes melakukan tur untuk mempromosikan album yang berlangsung selama satu tahun, menampilkan lebih dari 100 konser di seluruh Amerika Utara dan Selatan dan Eropa. Tur ditunda ketika Rabin memerlukan operasi setelah seorang wanita memukul bagian tengah tubuh Rabin saat wanita itu melompat ke kolam renang yang memecahkan limpanya. Dua pertunjukkan di Edmonton, Alberta, Kanada difilmkan untuk konser Film 1985 mereka, 9012Live yang dirilis di bioskop-bioskop bertepatan dengan mini-LP 9012Live: The solo. Yang terakhir menampilkan solo gitar akustik "Solly’s Beard", sebuah referensi untuk anjing peliharaannya. 

Big Generator dirilis pada September 1987, dengan single "Love Will Find a Way" dan "Rhythm of Love." Keduanya hit sederhana di chart dibandingkan dengan single dari 90125, meskipun album ini bersertifikat Platinum. Lagu "Shoot High, Aim Low" menampilkan vokal utama ganda antara Rabin dan Anderson. Beberapa jadwal dari The Big Generator 1987-1988 tour dibatalkan setelah Rabin menderita flu. Tur berakhir pada 14 Mei 1988 dengan pertunjukan di Madison Square Garden sebagai bagian dari konser Atlantic Records 40th Anniversary

Setelah kepergian Anderson dari Yes pada akhir tahun 1988 untuk membentuk Anderson Bruford Wakeman Howe, Rabin mulai menulis dengan penyanyi Supertramp Roger Hodgson dan mengerjakan album studio keempatnya, Can’t Look Away, dirilis pada bulan Juli 1989 di Elektra Records. Singel, "Something to Hold on To", mencapai No. 3 di Billboard Mainstream Rock chart dan menerima nominasi Grammy Award untuk Best Short Form Music Video. Dari tahun 1989 sampai 1990, Rabin menyelesaikan tur solo AS dengan drummer Lou Molino III, bassis Jim Simmons dan kibordis Mark Mancina. Ini melahirkan album live satu-satunya Rabin yang dirilis sampai saat ini, Live in LA, dirilis pada tahun 2003 dan menampilkan lagu-lagu dari Wolf, 90125, dan Big Generator.


Pada tahun 1990, selama produksi pada album kedua Anderson Bruford Wakeman Howe, Rabin diminta oleh Anderson untuk menyerahkan sebuah lagu yang tidak terpakai untuk rekaman itu. "Apa yang saya amati dalam album itu mereka membutuhkan satu single" kenang Rabin, yang mengirim tiga demo, termasuk "Lift Me Up", dan meminta hanya satu dari mereka yang akan digunakan. Anderson ingin menggunakan ketiganya, yang membuat sebuah diskusi antara manajemen dua kelompok mengenai gagasan Yes dan ABWH bekerja pada sebuah album tunggal. Rabin berpikir gabungan itu adalah "berguna dan nyaman untuk semua orang, karena kami ingin melakukan tur, dan itu adalah cara yang cepat". Hasilnya adalah Union, dirilis pada bulan April 1991, dan tur pendukungnya yang menampilkan semua delapan anggota Yes dan Anderson Bruford Wakeman Howe di panggung dan berlangsung dari April 1991 sampai Maret 1992. 

Talk adalah album Yes terakhir yang dirilis dengan Rabin dalam grup. Album ini aslinya berasal pada tahun 1992 ketika Carson mendekati Rabin untuk memproduseri sebuah album dengan line-up 90125 dan Wakeman untuk Victory Music, label independennya yang baru yang didanai oleh JVC. Mengetahui pentingnya bekerja sama dengan Anderson, keduanya menulis bersama-sama di sebuah motel di San Clemente, California di mana Anderson tinggal. Rekaman dan mixing berlangsung di rumah studio Rabin di Los Angeles ynag dikenal sebagai The Jacaranda Room, dan memilih untuk teknik rekaman awal digital non-linear dibandingkan rekaman tradisional. Talk memasukkan “Walls" yang ditulis Rabin dengan Hodgson. Dirilis pada tahun 1994, Talk adalah sukses komersial ringan dan mencapai Nomor 20 di Inggris dan Nomor 33 di AS. Ia menerima ulasan umum yang buruk dari kritikus. "The Calling" dan "Walls" yang dirilis sebagai single yang masing-masing masuk di chart di No 3 dan No 24 di chart Hot Mainstream Rock. The Talk tour menempuh AS, Amerika Selatan, dan Jepang dari bulan Juni hingga Oktober 1994. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Yes, tur tidak mencakup Eropa. Tur memasukkan sebuah penampilan "Walls" pada Late Show with David Letterman. Menurut Rabin, host David Letterman "tengah mengemudi pada satu hari dan 'The Calling' ... terdengar di radio. Dia menghentikan mobil dan menelepon produsernya untuk mendapatkan album itu". Pada akhirnya, Rabin pergi untuk berkonsentrasi pada pembuatan musik film. 

Musik film pertama Rabin untuk film Hollywood adalah The Glimmer Man (1996), disutradarai oleh John Gray untuk Warner Bros yang dibintangi Steven Segal. Rabin mendapat pekerjaan itu ketika Segal memintanya untuk pelajaran gitar. Rabin mengatakan, "Saya pergi ke rumahnya dan setelah itu ia berkata 'Terima kasih banyak, saya sangat menghargai itu. Jika ada sesuatu yang bisa saya lakukan untuk Anda ..." dan saya berkata kepadanya 'Ketahuilah, aku benar-benar ingin membuat musik film'." Rabin kemudian menerima tawaran Segal untuk membuat musik film itu.

Pada tahun 2003, Rabin merilis beberapa lagu demonya yang dirilis pada 90125 sebagai 90124 serta Live in LA, direkam di The Roxy di Los Angeles pada tahun 1989 selama tur Can’t Look Away.


Pada tahun 2004, Rabin memainkan gitar utama dan vokal pada "Cinema" dan "Owner of a Lonely Heart" dengan berbagai anggota Yes dalam membantu Price’s Trust di Wembley Arena, London. Acara ini merupakan penghargaan untuk produser Trevor Horn.
 
Komposisinya "Titans Spirit" dari Remember the Titans (2000) telah digunakan untuk liputan NBC dari Summer Olympic Games dan pidato Barack Obama dan perayaan atas memenangkan pemilihan Presiden AS 2008. Rabin membuat komposisi tema untuk pertunjukan olahraga TNT, NBA on TNT pada tahun 2009 dan March Madness pada tahun 2011, dan atraksi Mission: Space milik Disney di Epcot.
 
Pada 9 Juli 2010 Rabin tampil dengan Yes untuk pertama kalinya dalam enam tahun di Los Angeles untuk encore pertunjukan, "Owner of a Lonely Heart". Pada tahun 2011, kolaborasi musik potensial di antara Rabin, Anderson, dan Wakeman tidak berhasil. Berencana untuk merekrut drummer Bill Bruford tidak pernah terwujud.

Album solo kelima Rabin dan pertama dalam 23 tahun, Jacaranda, dirilis pada tanggal 8 Mei 2012 di Varese Sarabande. Album ini muncul pada tahun 2007 ketika Rabin memulainya, tanpa arahan dari perusahaan rekaman, menulis "musik yang saya nikmati ... yang akan menantang saya untuk memainkannya". Ia memilih untuk album instrumental dengan salah satu dengan vokal tidak menarik baginya pada saat itu. Merekam album mengambil waktu dan diselesaikan selama istirahat dari mengerjakan musik film. Pada tahun 2011, Rabin menolak berbagai proyek musik film untuk menyelesaikan album itu. Rabin memainkan semua instrumen sendiri dengan pengecualian drum, dimana ia menggunakan Vinnie Colaiuta, Lou Molino III, dan anaknya Ryan. Tal Wilkenfeld memainkan bass pada "Anerley Road" dan Liz Constantine mengisi vokal pada "Rescue", sebuah lagu Rabin yang awalnya direkam untuk The Guardian (2006).

Pada bulan Februari 2014, Rabin menjelaskan album solo barunya sebagai "lebih sesuai" dengan Can’t Look Away, Talk, dan 90125 melalui laman Facebook-nya. Sebuah tanggal rilis belum ditetapkan. 

Pada tahun 1979, Rabin menikah dengan Shelley Mei yang pertama kali ia jumpai di sekolah. Mereka berdomisili di Los Angeles dan memiliki satu anak, Ryan, drummer untuk The Anthem, The Outline, dan saat ini untuk Grouplove.
 
Pada tahun 1991, Rabin menjadi warga negara AS naturalisasi. 

Rabin telah menerima sebelas Broadcast Music Incorporated di penghragaan musik dan Lifetime Achievement Award dari Temecula Valley International Film Festival.
 
Pada bulan Juni 2011, Rabin menerima penghargaan di 26th ASCAP Film and Television Music Awards dalam kategori Top Box Office Film untuk The Sorcerer’s Apprentice (2010). Pada 28 Juni 2012 Rabin menerima Henry Mancini Award di 27th ASCAP Film & Television Music Awards. Rabin juga membawakan "Owner of a Lonely Heart" dengan band anaknya, Grouplove.
 
Rabin menyebut nama Bernard Herrmann sebagai komposer musik film favoritnya. Ia menyebutkan nama Arnold Schoenberg sebagai salah satu komposer klasik favoritnya, dan dia dan komposer klasik lainnya - Beethoven, Sibelius, Elgar dan Tchaikovsky - sebagai pengaruh. Ia menyebut nama Jimi Hendrix, Steve Morse, Jeff Beck, dan John McLaughlin sebagai gitaris favoritnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...