Laman

Minggu, 31 Januari 2016

MARTY BALIN




Dilahirkan dengan nama Martyn Jerel Buchwald pada 30 Januari 1942 di Cincinnati, Ohio, putra dari Catherine Eugenia "Jean" (nama gadis Talbot) dan Joseph Buchwald. Kakek dari pihak ayah berimigrasi dari Eropa Timur. Ayahnya adalah seorang Yahudi dan ibunya adalah Episkopal. Marty bersekolah di Washington High School di San Francisco, California. 


Pada tahun 1962, Buchwald mengubah namanya menjadi Marty Balin dan mulai merekam dengan Challenge Records, merilis single "Nobody But You" dan "I Specialized in Love". Pada tahun 1964, Balin memimpin kuartet musik rakyat yang bernama The Town Criers.

Balin adalah pendiri dan salah satu vokalis utama untuk Jefferson Airplane dari tahun 1965 sampai 1971. Pada grup yang terkenal pada tahun 1966-1971 ini, Balin menjabat sebagai vokalis utama bersama Grace Slick dan gitaris ritem Paul Kantner. Saat keterkenalannya berkurang setelah Surrealistic Pillow (1967) sebagai Slick, Kantner, dan gitaris utama Jorma Kaukonen yang matang sebagai penulis lagu (proses diperparah oleh “perjalanan” ego Balin dalam grup), kontribusi penulisan lagunya yang paling abadi dipenuhi dengan irama romantis, berorientasi pop tipikal umum dari karakteristik band menjadi psychedelic rock –antara lain "Comin' Back to Me" (sebuah balada rock yang kemudian di-cover oleh Ritchie Havens dan Rickie Lee Jones), "Today" (kolaborasi dengan Kantner awalnya ditulis di spec untuk Tony Bennett yang menonjol di-cover oleh Tom Scott), dan, lagi dengan Kantner, yang Top 100 hit topical 1969 "Volunteers". Meskipun karyanya tidak biasa, uptempo "3/5 of a Mile in 10 Seconds" dan "Plastic Fantastic Lover" (keduanya ditulis untuk Surrealistic Pillow) menjadi komponen integral dari lagu live Airplane sepanjang akhir 1960-an. 


Pada bulan April 1971, Balin meninggalkan Jefferson Airplane. Dia menguraikan keputusan ini dalam sebuah wawancara tahun 1993 dengan Jeff Tamarkin dari Relix: "Saya tidak tahu, hanya kematian Janis. Hal itu memukul saya. Itu adalah masa yang gelap. Semua orang menggunakan begitu banyak obat-obatan dan aku bahkan tidak bisa berbicara... kepada band. Aku ke yoga pada saat itu. Saya sudah berhenti minum dan saya benar-benar berada di wilayah berbeda, makanan sehat dan kembali ke jalan, bekerja dengan Indian Amerika. Sudah aneh bagi saya. Kokain adalah masalah besar pada hari-hari itu dan saya tidak sadar dan saya tidak bisa berbicara dengan semua orang yang memiliki jawaban untuk setiap hal, rasionalisasi segala sesuatu yang terjadi. Saya pikir itu membuat musik menjadi benar-benar ketat dan konstriktif dan menghancurkannya. Jadi setelah Janis meninggal, saya pikir, saya tidak akan naik ke atas panggung dan bermain musik; Saya tidak suka kokain”.

Tak lama kemudian, Balin melanjutkan untuk mengelola dan memproduksi album untuk sektet berbasis Berkeley, California, Grootna sebelum bergabung sebentar dengan ensemble funk terpengaruh hard rock Bodacious DF sebagai vokalis utama di debut mereka pada 1973. Tahun berikutnya, Kantner meminta Balin untuk menulis lagu untuk grup cabang Airplane barunya, Jefferson Starship. Bersama-sama mereka menulis lagu balada awal "Caroline", yang muncul di album Dragon Fly dengan Balin sebagai vokalis tamu.


Balin menjadi anggota tetap Jefferson Starship pada tahun 1975; selama tiga tahun ke depan, ia memberikan kontribusi untuk empat Top 20 hits, termasuk "Miracles" (# 3; asli milik Balin), "With Your Love" (# 12, sebuah kolaborasi antara Balin, mantan drummer Jefferson Airplane Joey Covington dan mantan gitaris Grootna Vic Smith), sebuah cover dari Jesse Barish "Count on Me" (# 8), dan “Runaway’-nya N.Q. Dewey (# 12). Namun demikian, hubungan Balin dengan band (kemudian terkepung oleh berjenis masalah interpersonal, termasuk alkoholisme lama Slick dan keengganannya terhadap pertunjukan live) menjadi sangat tidak jelas. Dia tiba-tiba meninggalkan grup pada bulan Oktober 1978 setelah kepergian Slick dari band.

Pada tahun 1979, Balin menghasilkan opera rock berjudul Rock Justice, tentang bintang rock yang dimasukkan ke dalam penjara karena gagal untuk menghasilkan hit untuk perusahaan rekaman, berdasarkan pengalamannya dengan tuntutan hukum yang diperjuangkan selama bertahun-tahun dengan mantan manajer Jefferson Airplane Matius Katz. Pemain dalam Rekaman diproduksi oleh Balin tapi tidak menampilkan Balin. 

Balin berlanjut dengan EMI sebagai artis solo, dan pada tahun 1981 ia merilis album solo pertamanya, Balin, menampilkan dua lagu Jesse Barish yang menjadi Top 40 hits, "Hearts" (# 8) dan "Atlanta Lady" (# 27). Hal ini diikuti pada tahun 1983 oleh album solo kedua, Lucky, bersama dengan EP Jepang satu-satunya yang diproduksi oleh EMI berjudul There’s No Shoulder. Kontrak Balin dengan EMI berakhir tak lama setelah itu.

Pada tahun 1985, ia bekerja sama dengan Paul Kantner dan Jack Casady untuk membentuk KBC Band. Setelah pecahnya band KBC, album reuni tahun 1989 dan tur dengan Jefferson Airplane mengikutinya. 


Balin terus merekam album solo di tahun-tahun berikut menyusul reuni itu, dan bersatu kembali dengan Kantner dalam inkarnasi terbaru dari Jefferson Starship. 

Balin berniat untuk merekam vokal utama untuk dua lagu untuk album Jefferson Starship, Jefferson’s Tree of Liberty. Namun, jadwal tur seninya berlawanan dengan sesi studio dan malahan lagu "Maybe for You" dari rilisan Jerman Windows of Heaven yang dimasukkan. 

Pada tanggal 2 Juli 2007, perusahaan penerbitan musik Bicycle Music, Inc mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi hak dalam lagu yang ditulis atau dilakukan oleh Balin, termasuk hits dari hari-harinya dengan Jefferson Airplane dan Jefferson Starship.

Balin juga melukis sepanjang hidupnya. Dia telah melukis banyak musisi paling berpengaruh dari paruh terakhir abad ke-20. 


Atelier Marty Balin terletak di 130 King Fine Art di Saint Augustine, Florida, galeri koleksi lukisan khas permanen Balin.

Marty Balin tinggal di Florida dan San Francisco dengan istrinya Susan Joy Balin, sebelumnya Susan Joy Finkelstein. Bersama-sama mereka memiliki lima orang putri; Putri Marty, Jennifer Edwards dan Delaney Balin, dan putri Susan, Rebekah Geier dan Moriah Geier. 

Balin menikah dengan musisi Tampa Karen Deal dari tahun 1989 sampai kematiannya pada tahun 2010. Karen adalah ibu dari anak Marty, Delaney, lahir pada tahun 1995.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...