Laman

Kamis, 14 Januari 2016

CAPTAIN BEEFHEART




Irama yang tidak teratur, kisi harmoni, dan bersahaja, lirik surealis lagu Captain Beefheart dan vokal tujuh setengah oktafnya yang terpengaruh buesnya blues (atau, tergantung pada siapa Anda percaya, tiga oktaf, suara yang mengesankan yang tidak peduli apapun) menggambarkan campuran yang mendekati improvisasi dari Delta blues yang kacau, avant-garde jazz, musik klasik abad ke-20, dan rock & roll. Sebenarnya, repertoar Beefheart adalah semacam musik kamar modern untuk band rock, karena ia merencanakan setiap notasi dan mengajarkan band bagian mereka dengan cara mendengarkan. Karena hal itu memecah begitu banyak konvensi rock sekaligus, musik Beefheart lebih berpengaruh daripada populer, meninggalkan jejaknya pada Tom Waits, Sonic Youth, dan artis rock avant-garde lainnya. 


Seorang pematung anak-anak yang ajaib, Don Glen Vliet, lahir pada 15 Januari 1941 di Glendale, California, AS (yang dikabarkan telah merubah namanya secara hukum menjadi Don Van Vliet pada 1964) telah dilihat pada usia empat tahun oleh pematung Portugis Augustinio Rodriguez, yang menampilkan Vliet dan hewan tanah liatnya di acara televisi mingguannya selama delapan tahun berikutnya. Ketika Vliet berusia 13 tahun, orang tuanya menolak beasiswa anak mereka untuk belajar seni di Eropa dan keluarga itu pindah ke kominitas gurun California dari Mojave, kemudian Lancaster, di mana Vliet bertemu Frank Zappa muda. Vliet belajar memainkan harmonika dan saksofon dan bermain satu pertunjukan dengan band R&B lokal the Omens (yang segera mengusir dia) sebelum mendaftar di Antelope Valley College pada tahun 1959. Setelah satu semester, ia keluar dan pergi ke Cucamonga, California, dengan Zappa, berniat untuk membentuk sebuah band, the Soots dan membuat film, Captain Beefheart Meets the Grunt People. Kedua proyek jatuh itu gagal, dan sementara Zappa pergi ke Los Angeles untuk membentuk Mothers of Invention, Vliet kembali ke Lancaster dan, mengadopsi nama panggung Beefheart, membentuk Magic Band pertamanya pada tahun 1964. 


A&M mengontrak grup ini pada tahun 1964 dan merilis versi dari "Diddy Wah Diddy," yang terjual secara lokal bagi A&M untuk mendapat komisi album. Presiden label Jerry Moss menolak materi aslinya Van Vliet sebagai "terlalu negatif." Setelah yang pertama di seri tak berujung perubahan personel Magic Band, Beefheart mengerjakan ulang lagu dan merekam beberapa yang baru, pada Safe As Milk, yang menarik cukup minat bagi band untuk tur Eropa. Sesaat sebelum penampilan dijadwalkan pada the 1967 Monterey Pop Festival, kepergian gitaris Ry Cooder yang tiba-tiba memaksa kelompok untuk membatalkannya. 


Mirror Man direkam pada bulan November tahun 1967, tapi Buddah tidak merilisnya sampai tahun 1970, setelah Beefheart meninggalkan label. Strictly Personal direkam pada tahun 1968, namun secara radikal di-remix oleh produser Bob Krasnow dan dirilis pada labelnya sendiri BlueThumb saat band melakukan tur Eropa. Van Vliet, merasa jijik, pensiun ke San Fernando Valley sampai Zappa, yang sekarang bertanggung jawab dengan Straight Records miliknya, berjanji menyelesaikan kontrol artistik atas rekaman berikutnya. Setelah diduga menulis 28 lagu dalam delapan setengah jam (John "Drumbo" French, yang mentranskripkan bagian piano Beefheart untuk band, mengatakan itu lebih seperti 60 sampai 80 jam selama beberapa bulan), Beefheart membentuk Magic Band baru dan merekam Trout Mask Replica selama tahun berikutnya. Album itu dan Lick My Decals Off, Baby pada 1970an membawa Beefheart mendapat pujian kritis dan, bersama dengan penampilannya pada Hot Rats-nya Zappa (1969), cukup menarik untuk tur nasional. Dua album berikutnya, sedikit lebih terdengar komersial, mencapai tingkatan yang lebih rendah di tangga lagu pop. 

Setelah absen dua tahun, Van Vliet menandatangani kontrak dengan Mercury dan merilis dua album pop-blues yang terbuka konvensional, kemudian melakukan tur dan membentuk Magic Band lainnya (Harkleroad, Boston, dan Tripp membentuk Mallard, yang merilis dua album di pertengahan tahun 70-an; French melanjutkan merekam O Solo Drumbo, ditambah album dengan antara lain Richard Thompson dan Henry Kaiser). Untuk waktu yang singkat, Beefheart muncul sebagai vokalis dengan Zappa and the Mothers of Invention, termasuk lagu-lagu di Bongo Fury tahun 1975. Pada tahun 1978 Warner Bros kembali mengontrak dia dan merilis Shiny Beast (Bat Bat Chain Puller), dipuji oleh para kritikus sebagai kembalinya ke bentuk Trout Mask; Beefheart melakukan tur di sirkuit new-wave yang agak lebih reseptif. Virgin menggugatnya untuk menjaga Beefheart di daftar nya (yang memiliki hak Inggris untuk Beefheart sejak periode Mercury-nya) dan memenangkan kepemilikan Doc di Radar Station dan Ice Cream for Crow. 


Tur Amerika dan Eropa Beefheart pada 1980, antara lain penampilan November 1980 di Saturday Night Live, yang merupakan sukses besarnya hingga saat ini. Tapi setelah perilisan Ice Cream for Crow, Van Vliet meninggalkan bisnis musik dan pensiun dalam trailer di Mojave tempat ia tinggal sejak pertengahan tahun 70-an dengan istrinya, Jan (ia kemudian pindah ke sebuah rumah di kota pesisir Utara California, Trinidad). Van Vliet mengabdikan dirinya untuk lukisan dan pada tahun 1985, dengan bantuan pelukis postmodern New York dan penggemar Beefheart, Julian Schnabel, mulai memamerkan lukisan kanvas semiabstract, primitivisnya (beberapa di antaranya telah menghiasi sampul album-albumnya) di galeri di Amerika dan Eropa, beberapa diantara lukisan itu terjual sebanyak $ 25.000. 

Satu-satunya musik "baru" Beefheart yang muncul adalah lagu live dan studio yang belum pernah dirilis sebelumnya di edaran ulang seperti Safe as Milk (1999), dan antologi seperti I May Be Hungry, The Dust Blows Forward, dan terutama lima disc Grow Fins (yang juga memiliki salinan, penyataan catatan liner oleh French yang merinci sedikit sejarah band yang diketahui). 

Sementara tidak ada pernyataan resmi pada kesehatan Van Vliet, dia terlihat dan terdengar sangat lemah dalam sebuah film dokumenter pendek tahun 1994, Some Yo-Yo Stuff, oleh fotografer rock dan sutradara video Anton Corbijn. Dia meninggal pada tanggal 17 Desember 2010 akibat dari komplikasi dari multiple sclerosis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...