Laman

Jumat, 08 Januari 2016

ROBBY KRIEGER



Dilahirkan dengan nama Robert Alan Krieger pada 8 Januari 1946 di Los Angeles, California dalam keluarga Yahudi. Pengenalan pertamanya pada musik kebanyakan klasik, karena ayahnya adalah penggemar musik yang beragam, sampai ia mendengar Peter and the Wolf, yang merupakan musik pertama yang benar-benar memukaunya. Ketika ia berusia tujuh tahun, Krieger sengaja merusakkan pemutar rekamannya, tapi radio mulai sampai ke telinganya memainkan lagu-lagu Fats Domino, Elvis Presley, dan the Platters. Pada usia 10 tahun, ia mencoba bermain terompet, tetapi menemukan itu bukan untuk dia. Dia mulai bermain blues pada piano orangtuanya dengan jauh lebih sukses dibandingkan terompet.

Saat Krieger belajar di sebuah sekolah swasta, Menlo School di Menlo Park, California, sebagai mahasiswa asrama, ada waktu belajar di malam hari yang memungkinkan dia untuk belajar gitar sendiri. Dia mulai dengan belajar flamenco, dengan terlebih dahulu menyamakan nada sebuah Ukelele ke bagian bawah empat senar gitar dan meniru rekaman yang dia punya. Kemudian, selama liburan Natal, ia dan dua teman sekelas mengambil liburan ke Puerto Vallarta dimana ia membeli gitar Juan Ramierez P. dan mengambil pelajaran selama beberapa bulan. Dia mempelajari genre beragam, antara lain flamenco, folk, blues, dan jazz dan bermain di sebuah band The Back Bay Chamber Pot Terriers-di Menlo. Setelah SMA, Krieger belajar di University of California, Santa Barbara. Krieger menyebut gitaris Wes Montgomery, Albert King, dan Larry Carlton sebagai pengaruh terbesar pada gayanya. Permainan gitar flamenco Krieger dapat ditemukan dalam lagu "Spanyol Caravan." 

Krieger adalah anggota dari the Doors bersama dengan pemain kibord Ray Manzarek, drummer John Densmore dan vokalis Jim Morrison. Pada awal latihan the Doors Morrison mendengar Krieger memainkan gitar bottleneck dan awalnya ingin teknik itu ditampilkan di setiap lagu di album pertama. Pendekatan penjarian Krieger terhadap gitar listrik, selera musik yang luas, dan lagu membantu memantapkan the Doors sebagai band rock sukses pada 1960-an.

Krieger menulis atau menulis bersama banyak lagu milik band, antara lain hit “Light My Fire”, “Love Me Two Times”, “Touch Me”, dan “Love Her Madly”.

Krieger sesekali bernyanyi untuk the Doors. Satu-satunya dia bernyanyi dengan the Doors awal dapat didengar di album Soft Parade, pada lagu "Runnin' Blue." Dia juga bernyanyi di dua album terakhir the Doors, yang direkam setelah kematian Morrison, Other Voices dan Full Circle.
 
Setelah kematian Morrison pada tahun 1971, Krieger, Manzarek dan Densmore berlanjut sebagai trio. Mereka merilis dua album sebagai the Doors sebelum berhenti pada tahun 1973, meskipun mereka melakukannya lagi beberapa tahun kemudian untuk membuat musik untuk puisi yang telah direkam Morrison tak lama sebelum kematiannya, dirilis sebagai album An American Paryer pada tahun 1978.


Setelah the Doors bubar pada tahun 1973, Krieger membentuk the Butts Band dengan Densmore. Dia menikmati beberapa keberhasilan sebagai gitaris jazz-fusion, merekam beberapa album di tahun 1970 dan 1980-an, antara lain Versions (1982), Robby Krieger (1985), dan No Habla (1989). Untuk rilis solo pertamanya pada tahun 1977, Robbie Krieger & Friends, Krieger bekerjasama dengan artis rock Jim Evans untuk membuat sebuah lukisan yang menjadi paket album.

Pada tahun 1982, Krieger membuat album dengan kelompok Los Angeles Acid Casualties. Album mereka, Panic Station, dirilis oleh Rhino Records dan termasuk versi baru dari single langka Pink Floyd tahun 1968 "Point Me at the Sky." Pada awal 90-an, Krieger membentuk trio yang bernama 'Robby Krieger Organization' menampilkan Skip Van Winkle (organ listrik, pedal organ bass) dan Dale Alexander (drum, vokal latar). Pada tahun 1996, Krieger membentuk band baru yang dikenal sebagai the Robby Krieger Band, yang menampilkan anaknya Waylon Krieger (gitar), Berry Oakley Jr. (bass, vokal latar), Dale Alexander (kibord) dan Ray Mehlbaum (drum). Band ini melakukan pertunjukkan di Amerika Utara dan Eropa antara tahun 1996 dan 1998. Pada tahun 2000, Krieger merilis Cinematix, album fusion instrumental, dengan penampilan tamu dari Billy Cobham dan Edgar Winter.
 
Krieger dan Manzarek mereformasi sebagai "the Doors of the 21st Century" pada tahun 2002 dengan vokalis Ian Astbury dari the Cult. (Astbury juga telah melakukan cover solo "Touch Me" dan sebuah cover dari "Wild Child" dengan the Cult di album tribute Stoned Immaculate: The Music of The Doors). Setelah perselisihan dengan Densmore atas nama the Doors, band kemudian dikenal sebagai "Riders On The Storm", "Ray Manzarek and Robby Krieger of the Doors" dan, akhirnya, "Manzarek-Krieger". Untuk periode singkat, band direformasi juga menyertakan drummer The Police Stewart Copeland.

Krieger bermain gitar pada beberapa lagu oleh Blue Oyster Cult dan telah bekerja di sejumlah proyek penghormatan yang diselenggarakan oleh Billy Sherwood. Krieger telah membuat beberapa penampilan tamu dengan band Particle dan muncul di album Transformations Live.

Pada bulan Juni 2008, ZYX Studio merilis konsernya dengan Eric Burdon, berjudul Live at the Ventura Beach California. Mereka juga memainkan "Back Door Man" dan "Roadhouse Blues".
Pada bulan April 2009, Krieger dan Ray Manzarek muncul sebagai tamu khusus untuk webcast konser bulanan Daryl Hal, Live From Daryl’s House. Mereka membawakan beberapa lagu the Doors ("People Are Strange", "The Crystal Ship", "Roadhouse Blues "dan" Break On Through"), dengan Hall menyanyikan vokal. 

Krieger telah berpartisipasi dalam serangkaian konser "Hendrix Experience", bergabung dengan sejumlah pemain gitar papan atas memberikan penghormatan kepada musisi dan lagu dari Jimi Hendrix.

Pada bulan Mei 2012, Robby Krieger melakukan tur dengan Roadhouse Rebels, trio proyek sampingan yang terdiri dari anggota pendiri Particle (dan kibordisnya Rich Robinson) Steve Molitz (hammond organ, kibord) dan Oingo Boingo/John Avila-nya Mutaytot (bass), hanya kali ini dengan dua musisi tambahan, Rich Robinson-nya Black Crowes (gitar/vokal) dan drumernya Rich Robinson Joe Magistro. Daftar lagu pertunjukan menampilkan beragam materi, termasuk lagu-lagu the Doors, lagu soul klasik dan rock' n 'roll yang mencakup dari tahun 60-an dan 70-an dan material dari album baru Robinson, Through a Crooked Sun. Kelompok ini tampil pada 25 Mei 2012 di Los Angeles, pada 26 Mei 2012 di The Bella Fiore Music Festival di Harmony Park Music Garden di Clarks Grove, Minnesota, dan pada tanggal 27 Mei 2012 di The Oriental Theater, Denver, Colorado.

Krieger tampil pada album Fuel, Puppet Strings. Pada tanggal 31 Desember 2013, Krieger mendukung band Southern Rock Gov't Mule di Beacon Theater (New York City).
 
Dia terdaftar beberapa kali oleh Rolling Stone sebagai salah satu gitaris terbesar sepanjang masa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...