Laman

Jumat, 29 Januari 2016

DAVID BYRON




Dilahirkan dengan nama David Garrick pada 29 Januari 1947 di Epping, Essex, Inggris. Dia lebih dikenal dengan nama panggung David Byron.


Awal kehidupan 1967-1969

Dari pertengahan tahun 60-an hingga awal 70-an David Byron melakukan pekerjaan sesi untuk sebuah perusahaan bernama Road Records dengan menyanyikan vokal utama dan latar (kadang-kadang bersama dengan Mick Box pada gitar dan Paul Newton pada bass). Lagu-lagu itu adalah cover version dari Top 20 hits dan dirilis pada EP & piringan hitam. 

Pengalaman pertamanya ke musik profesional adalah dengan band semi-pro berbasis Epping yang bernama The Stalkers yang juga menampilkan gitaris Mick Box. Byron dan Box bekerja sama dengan baik dan bekerja sama untuk membentuk band Spice yang juga menampilkan Paul Newton pada bass dan Alex Napier pada drum. Band ini manggung secara ekstensif secara lokal di bawah manajemen ayah Paul Newton dan mereka mendapatkan kontrak rekaman dengan United Artists yang mengeluarkan single band satu-satunya “What About the Music/In Love" (UP 2246), salinan yang sekarang berharga sekitar $ 50 $ 100 di pasar kolektor. 

Dia adalah vokalis untuk Spice (1967-1969). Meskipun Spice sering bermain di tempat seperti Marquee tidak sampai mereka bertemu dengan manajer Gerry Bron bahwa hal besar mulai terjadi. Memutuskan bahwa suara Spice akan membutuhkan kibord; mereka merekrut kibordis/gitaris/penyanyi/penulis lagu Ken Hensley, yang merupakan rekan seband Paul Newton di The Gods. Band ini berlatih dan bermain dengan tekun dan selama waktu ini Bron mengganti nama band Uriah Heep dari klasik Charles Dickens David Copperfield. Tak lama kemudian karir band ini benar-benar lepas landas, pertama di Jerman, Inggris dan akhirnya Amerika. Pada tahun 1971 David juga muncul di dua piringan hitam oleh John Schroeder. 


Dia menjadi terkenal sebagai penyanyi asli dari band rock Inggris Uriah Heep antara tahun 1969 dan 1976. David Byron bernyanyi di sepuluh album Uriah Heep: Album pertama mereka "Very 'eavy Very 'Umble" (awalnya dijadwalkan sebagai rilisan Spice yang menjadi jelas setelah mendengarkan "The Lansdowne Tapes",) "Salisbury", "Look at Yourself", "Demons And Wizards", "The Magician’s Birthday", "Live", "Sweet Freedom", "Wonderworld", "Return To Fantasy", dan "High and Mighty". Selama enam tahun David Byron memperoleh reputasi dengan vokal opera dan harmoninya juga sebagai salah satu vokalis rock terbaik dan frontman di dunia. Pada tahun 1975 Byron merilis album solo pertamanya, "Take No Prisoners" (Bronze Records ILPS 9824) yang juga menampilkan sesama anggota Heep Mick Box, Ken Hensley dan Lee Kerslake. Tapi sayangnya untuk Byron, ia juga memperoleh reputasi sebagai peminum berat yang akhirnya menyebabkan dia dipecat dari Uriah Heep di akhir tur Spanyol pada bulan Juli 1976. Ken Hensley mengatakan pada waktu itu, "David adalah salah satu orang klasik yang tidak bisa menghadapi kenyataan bahwa segala sesuatu bisa salah dan ia mencari penghiburan dalam botol ". Manajer Uriah Heep pada saat itu Gerry Bron mengatakan Byron telah diberhentikan dalam "kepentingan terbaik dari grup", karena telah menjamin penyanyi pengganti. Bron menjelaskan bahwa Byron dan anggota Heep lainnya berada di ketidaksepakatan selama beberapa waktu karena masalah fundamental kebijakan kelompok, dan bahwa perbedaan itu akhirnya telah dibawa seterusnya mengikuti tur band berikut ke Inggris dan Eropa. "Hal itu dirasakan oleh seluruh grup bahwa mereka tidak bisa lagi mendamaikan sikap David dengan mereka sendiri", komentar Bron. 

Heep mulai latihan segera dengan vokalis baru mereka, dengan maksud untuk memenuhi komitmen yang ada di Amerika pada akhir musim panas, dan di Yugoslavia dan Australia di musim gugur. 

Byron merekam tiga album solo: "Take No Prisoners" pada tahun 1975, "Baby Faced Killer" pada tahun 1978, dan "That Was Only Yesterday", yang direkam pada tahun 1984, satu tahun sebelum kematiannya. 


Bertekad untuk mendapatkan karirnya lagi Byron bekerja sama dengan mantan gitaris Colosseum/Humble Pie, Clem Clempson dan mantan drummer Wings Geoff Britton untuk membentuk Rough Diamonds. Mereka merekam satu LP self-titled untuk Island Records (ILPS 9490) pada Maret 1977. Sayangnya, album ini terjual dengan buruk dan Byron berhenti. 

Berikutnya Byron berkumpul dengan gitaris yang dipuji, Robin George dan membentuk The Byron Band. Mereka menandatangani kontrak dengan Creole Records dan debut dengan single "Every Inch of the Way/Routine" (CR 8). Kemudian diikuti oleh single "Never Say Die/Tired Eyes" (CR 12), sebelum rilisan album tahun 1981 On the Rocks (CRX 2). Namun, seperti dengan band sebelumnya Rough Diamond, pujian kritis atau komersial tidak mereka peroleh. 


Lost and Found adalah album 2-Disc yang mencakup rekaman demo dan live oleh the Byron Band, yang mencakup dua tahun dari 1980-1982. Disk itu juga memasukkan lagu solo Robin George.

David diwawancarai oleh Majalah Belanda 'Muziek Express', Oktober 1973 

"Saya mulai bernyanyi 22 tahun yang lalu pada usia 5 tahun. Ibu saya bernyanyi di sebuah band Jazz, seluruh keluarga saya berkecimpug dalam musik. Semua orang memainkan instrumen atau melakukan dansa tap. Sekitar waktu itu saya mencoba untuk menjadi terkenal dengan acara TV anak-anak. Band pertama saya tidak punya nama, tidak melakukan pertunjukan dan berakhir tepat 2 minggu. Ketika saya masih 16 tahun sebuah band lokal menawari saya pekerjaan. Aku melakukan satu pertunjukan dengan mereka dan bergabung dengan band Mick Box, yang kemudian bernama The Stalkers. Mereka telah memecat vokalis mereka dan pada audisi saya harus menyanyikan Johnny B. Goode. Saya dipekerjakan saat itu juga." 

Diwawancarai oleh Majalah Belanda 'Muzik Parade', Oktober 1976. 

"Fakta bahwa kami akan memproduseri diri kami sendiri adalah karena penjualan yang buruk dari 'Return to Fantasy' di Amerika Serikat. Dengan 'High & Mighty' kami ingin berubah ke arah musik yang baru. Masalahnya adalah kami hanya menggunakan satu sumber. Dan kami hanya memiliki sedikit waktu untuk berada di studio karena tur yang luas. Kami memutuskan untuk menempatkan semua lagu Ken di album itu, dan berharap album itu berhasil dengan cara yang benar. Saya pikir meskipun kami seharusnya menggunakan lagu semua orang. Itu sebabnya 'High & Mighty' adalah album yang membuat saya seperti gelandangan. Sebagai contoh, Mick Box hanya memainkan beberapa bagian di album ini. " 

Kutipan dari surat pribadi Dave menulis kepada Mr. Trosley sekitar waktu ia mulai memulai the Byron Band (1981): "Saya tidak benar-benar tahu banyak tentang Lawton dan Sloman, karena ketika saya keluar dari Heep saya ingin mengingat bagian yang baik dan persetan sisanya. Semua orang selama bertahun-tahun telah dipecat atau apa pun hanya Mick yang tersisa dan bahkan saya tidak tahu apakah dia akan mencoba lagi. Saya teman yang sangat baik dengan mereka semua sekarang tapi butuh beberapa saat." 

Meskipun jangkauan vokalnya (dipasangkan dengan rasa dinamika), dan kehadiran panggungnya yang karismatik, Byron dipecat dari Uriah Heep pada tahun 1976, oleh permintaan kibordis Ken Hensley (penulis lagu utama band), yang memberi ultimatum "dia atau saya" kepada manajer band Gerry Bron, mengutip perilaku Byron yangsemakin tidak menentu karena penyalahgunaan alkohol. Mick Box dan Trevor Bolder, dari Uriah Heep, mengundang Byron untuk kembali bergabung dengan band pada tahun 1981, setelah Ken Hensley pergi, tapi Byron menolak.

Byron meninggal karena komplikasi yang terkait alkohol, termasuk penyakit hati dan kejang, di rumahnya di Berkshire pada tanggal 28 Februari 1985. Dia berumur 38 tahun saat itu. 

Di The Friday Rock Show-nya BBC Tommy Vance memainkan "July Morning" sebagai penghormatan. 

Pada tur "Equator", bersamaan waktu meninggalnya Byron, Uriah Heep mendedikasikan "The Wizard" kepadanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...