Laman

Rabu, 27 Januari 2016

JANICK GERS




Dilahirkan dengan nama Janick Robert Gers pada tanggal 27 Januari 1957 di Hartlepool, Inggris.


Janick Gers memulai karirnya sebagai gitaris dari band New Wave of British Heavy Metal, White Spirit. Band ini terdiri dari; bassis Phil Brady, drumer Graeme Crallan (R.I.P. 2008), kibordis Malcolm Pearson, vokalis Bruce Ruff dan Gers. Band ini merilis 3 buah single dan sebuah album utuh self-title pada 1980 dengan Gers.


Setelah White Spirit bubar pada tahun 1980, Gers bergabung dengan Gillan, sebuah grup yang dibentuk oleh vokalis Deep, Ian Gillan. Gers menggantikan gitaris sebelumya, Bernie Thorme. Gers dengan Gillan merilis album Doubel Trouble (1981) dan Magic pada tahun 1982.



Setelah Gillan dibubarkan, Gers mengambil gelar Antropologi sebelum bergabung dengan Gogmagog, yang memasukkan mantan vokalis Iron Maiden Paul Di'Anno dan drummer Clive Burr. Proyek ini menghasilkan sebuah single "I Will Be There (1985); dan, Gers melanjutkan untuk bekerja dengan mantan vokalis Marillion, Fish (album Vigil in a Wilderness of Mirrors, 1990) sebelum diminta untuk merekam sebuah lagu yang berjudul "Bring Your Daughter… to the Slaughter" dengan vokallis Iron Maiden Bruce Dickinson untuk sebuah soundtrack. Proyek ini berkembang menjadi sebuah album, Tattooed Millionaire, dan selama rekaman tersebut Gers diminta untuk bergabung dengan Iron Maiden menggantikan Adrian Smith. Ia bertahan dengan band sejak itu, bahkan setelah Smith bergabung kembali dengan band pada tahun 1999, berkontribusi terhadap total sembilan album studio, mulai No Prayer for the Dying (1990) hingga the Book of Souls (2015).


Pengaruh utama Gers adalah Ritchie Blackmore, Jeff Beck dan gitaris blues Irlandia Rory Gallagher. Ia terkenal karena aksi panggungnya yang enerjik, yang sering melakukan trik dengan gitarnya, seperti melemparkannya ke udara dan menangkapnya. Ia juga bertangan kidal meskipun ia memainkan gitar dengan tangan kanan; ia dapat dilihat memberikan tanda tangan dengan tangan kiri di DVD Rock in Rio.


Dia memiliki dua anak bersama istrinya Sandra, Sian dan Dylan Gers, dan tinggal di Yarm, Teesside. Ayahnya, Bolesław, adalah seorang perwira dari Angkatan Laut Polandia sebelum ia datang ke Inggris dan bergabung dengan Royal Navy. Gers adalah penggemar Hartlepool United dan sering hadir di Millhouse Terrace di Victoria Park pada hari pertandingan. Gers adalah lulusan dari English Martyrs School dan Sixth Form College.


Gers memiliki bagian yang tidak dikreditkan di drama BBC The Paradise Club pada tahun 1990, muncul sebagai gitaris dari band bernama Fraud Squad. Dia muncul di dokumenter Iron Maiden buatan fan pada tahun 2010, Maiden Heaven.


Gers adalah pendukung lama dari Fender Stratocaster. Gitarnya biasa berwarna hitam atau putih dengan fingerboards rosewood dan Seymour Duncan JB Jr. dan Hot Rails pickup. Gitar favoritnya selama bertahun-tahun adalah Stratocaster hitam, dilengkapi dengan JB Jr. pickup, yang diberikan kepadanya oleh Ian Gillan. Gers menggunakan empat Fender Stratocaster berbeda, serta model semi-akustik Gibson Chet Atkins untuk lagu-lagu seperti "Dance of Death". Gers saat ini didukung oleh Sandberg Guitars, dan ia menggunakan California ST-S tobacco hc-aged dan model California ST-S creme hc-aged di atas panggung. 


Seperti rekan-rekan sebandnya, Dave Murray dan Adrian Smith, Gers saat ini menggunakan Marshall JMP-1 preamp melalui Marshall 9200 power amp. Lebih memilih untuk tidak menggunakan foot-switch saat bermain, roadie-nya Gers mengoperasikan MIDI Foot Controller-nya diluar panggung. Untuk pengkabelan, Gers hanya menggunakan sistem nirkabel Shure UR4D ketika dia melempar gitarnya. Dia menggunakan senar gitar Ernie Ball Reguler Slinky Nickel-wound, meskipun ia tidak menggunakan string B.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...