Laman

Jumat, 15 Januari 2016

ADAM JONES



Dilahirkan dengan nama Adam Thomas Jones di Park Ridge, Illinois, pada 15 Januari 1965, dibesarkan di Libertyville, Illinois. Ia diterima ke dalam program Suzuki, dan terus bermain biola selama tahun pertamanya di SMA. Dikatakan bahwa saat masih anak-anak dia sangat berbeda dari anak-anak lain. Dia selalu tidak pergi ke gereja agar dapat membaca komik Minggu. Saat masih anak-anak ia memiliki minat dalam animasi, mengubah ide-idenya ke dalam patung tiga dimensi, yang menjelaskan mengapa video musik Tool sering memiliki efek 3D-tanah liat. Dia kemudian mulai memainkan bass akustik dalam sebuah orkestra.

Selain bermain musik klasik, Jones bermain gitar bass di band Electric Sheep, dengan Tom Morello dari Rage Against the Machine, sampai Jones pindah ke California (Morello segera mengikutinya). Menurut keduanya, band ini cukup populer pada waktu itu. Jones tidak pernah menerima pelajaran gitar tradisional, melainkan mempelajari dengan cara mendengarkan. 

Pada tanggal 27 Januari 2013, Jones bertunangan dengan pacarnya, pelukis Korin Faught. Lamaran pernikahan berlangsung sebelum acara Royal Rumble. Pernikahan mereka berlangsung pada tanggal 6 Juli 2013. 

Jones ditawari beasiswa Film tetapi menolak dan memilih untuk pindah ke Los Angeles untuk mempelajari seni dan patung. Fokus mintanya bergeser ke film, dan ia mulai bekerja sebagai pematung dan perancang efek khusus, di mana ia belaja teknik kamera stop-motion yang kemudian ia aplikasikan di video musik Tool, seperti "Sober", "Prison Sex", "Stinkfist", "Ænema", "Schism", "Parabola" dan "Vicarious". Dia lulus pada tahun 1987. 

Setelah lulus, ia bekerja di Rick Lazzarini's Character Shop. Selama beberapa tahun berikutnya, dia mengerjakan acara TV Monsters. Antara lain dia merancang dan membuat sebuah tata rias Grim Reaper dan kepala Zombie pada sebuah lonjakan (kemudian digunakan dalam Ghostbusters II). Setelah itu, ia pergi ke lokakarya efek khusus-nya Stan Winston, di mana dia bekerja pada Predator 2, membuat patung mirip tengkorak yang unik untuk interior pesawat angkasa Predator.


Jones bekerja pada beberapa film besar lainnya di Hollywood membuat tata rias dan mengatur desain, antara lain Jurassic Park, Terminator 2: Judgment Day, Dancing with Wolves, dan Ghostbusters II. Dia membuat tata rias "Freddy Krueger di dalam rahim" untuk A Nightmare on Elm Street 5: The Dream Child, serta bekerja untuk A Nightmare on Elm Street 4: The Dream Master.
 
Dia juga bekerja di iklan untuk salad dressing (tidak pernah ditayangkan), noda Olimpiade (Albert Einstein makeup), dan Duracell (petinju dan taksi). 

Jones juga melakukan tur dengan Jello Biafra/The Melvins band dan memberikan kontribusi untuk album mereka Never Breathe What You Can’t See dan Sieg Howdy!. Jones dan Gitaris/Vokalis Melvins Buzz Osborne adalah teman dekat. Jones juga muncul di album Melvins Hostile Ambient Takeover, kolaborasi Melvins/Lustmord Pigs of the Roman Empire dan album Isis Wavering Wavering Radiant.
 
Pada Mr. Show, ia muncul sebagai gitaris fiksi Puscifer bersama dengan rekan seband Keenan, dan juga dapat terlihat di penonton duduk di meja dengan Keenan di episode pertama serial itu. 

Pada tanggal 14 Agustus, 2011, Jones membawakan lagu kebangsaan Amerika Serikat pada awal WWE’s SummerSlam (2011), acara gulat di Los Angeles.

Adam Jones dikenal tidak mendominasi dengan menggunakan teknik bermain gitar tertentu, melainkan menggabungkan banyak teknik seperti "bergantian menggunakan power chords, suara garukan, chiming arpeggio, pola irama off-beat, dan minimalisme yang tenang". Pada Lateralus dan 10.000 Days, ia sangat banyak menggunakan triplets. Teknik lain yang digunakan untuk memperluas repertoar suara bandnya memerlukan bentuk eksperimen instrumental dan aplikasi dari eksperimen non-instrumental juga, seperti penggunaannya dari Epilady sebagai plectrum pada Aenima dan Lateralus album misalnya; terus dalam arah ini pada lagu Tool, "Jambi", Jones menggunakan talk box. Dalam lagu "Third Eye", ia memanfaatkan slide gitar untuk pembukaan. Dia memiliki dua synthesizer yang tercantum di bawah ini dalam bagian efeknya. Antara lain, saat Live, Adam dapat dilihat dengan pedalboard besar penuh efek, termasuk DOD FX-40B Equalizer (EQ) pedal, Boss BF-2 Flanger, Boss DD-3 Digital Delay, MXR Micro Amp, Dunlop BB535 dan dua Boss Master switch/power supply pedal. 

Jones menciptakan tata artistik untuk rilisan ulang dari Giving Birth to a Stone-nya Peach, di mana rekan Jones sesama anggota Tool Justin Chancellor bermain bass. 

Dia membantu Green Jelly dengan kostum mereka. 

Pada tahun 2007 ia menerima Grammy Award untuk 'Best Recording Package' sebagai art director untuk karyanya pada 10.000 Days.
 
Adam datang dengan tata letak make-up aktor yang dikenakan pada video untuk "Schism" dan "Parabol/Parabola".
 
Dalam waktu luangnya, Adam mengembangkan fotografi yang digunakan untuk visual di konser Tool. 

Adam menggambar komiknya sendiri, sebuah kebiasaan ia mulai saat anak-anak memanipulasi ide-idenya ke dalam bentuk 2-D di atas kertas. Sebuah crossover dari X-Files/30 Days of Night tahun 2010 ditulis bersama oleh Jones dan pencipta 30 days Steve Niles dengan tata artistik oleh Tom Mandrake.

Jones ada di peringkat No. 75 dalam daftar Greatest Guitarist of all time oleh majalah Rolling Stone dan ada di No. 9 dalam Guitar World’s Top 100 Greatest metal Gitaris. Jones memenangkan Grammy Award sebanyak tiga kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...