Laman

Sabtu, 23 Januari 2016

CRAIG GOLDY



Dilahirkan di San Diego, California, AS pada 6 November 1961. Sebelum Dio, diabermain di band-band seperti Vengeance, Rough Cutt dan Giuffria. Dia menggantikan Jake E. Lee di Rough Cutt dan dia kemudian diagntikan oleh Amir Derakh. Saat dengan Rough Cutt, Goldy bermain di demo yang diproduseri oleh Ronnie James Dio.

Tak lama setelah meninggalkan Rough Cutt, Goldy ikut Giuffria, sebuah band bentukan mantan kibordis Angel, Gregg Giuffria. Tampil di debut self-title Giuffria, yang dirilis di tahun 1994, Goldy bermain di hit terbesar band, “Call to the Heart”, yang ada di No. 15 Billboard chart di awal tahun 1985.


Goldy tampil di album Dio, Dream Evil, tapi dia hanya sebentar dengan band dan dia pergi tanpa alasan yang tidak diketahui. Di tahun 2000, Goldy kembali ke Dio dan membantu rekaman Magica, tapi tak lama dia pergi lagi karena alasan keluarga. Doug Aldrich menggantikannya untuk album, Killing the Dragon. Namun, Goldy kembali untuk Dio untuk album studio terakhir band, Master of the Moon, di tahun 2004. Goldy untuk sementara meninggalkan untuk sementara di tahun 2005, setelah menderita cedera tangan di tur Rusia. Dia kemudian diganti lagi oleh Doug Aldrich untuk sisa tur.

Goldy tampil di Hear ‘n Ai – proyek para bintang saat masih di Giuffria, bersama para pemain lain seperti Adrian Smith dan Dave Murray dari Iron Maiden, Yngwie Malmsteen, Brad Gillis dan lain-lain.


Goldy adalah gitaris orisinil dari supergrup yang terdiri dari dirinya, penyanyi Rob Rock, bassis Rudy Sarzo, drummer Tommy Aldridge. Tapi sebelum rekaman dari Project Driver, dia meninggalkan grup untuk ikut Dio dan kemudian digantikan oleh Tony MacAlpine.

Setelah keluar dari Dio, Goldy membentuk bandnya sendiri, Craig Goldy’s Ritual, dan teken konrak dengan Grand Slam Records untuk merilis Hidden In Plain Sight di tahun 1991. Album ini menampilkan vokal utama oleh mantan rekan seband Goldy di Giuffria, David Glen Eisley dan calon gitaris Queensryche Mike Stone.

Goldy ikut menulis lagu “Lady Luck” dengan David Lee Roth di albumnya di tahun 1991 A Little Ain’t Enough.

Di tahun 1993, Goldy merilis album solo pertamanya, Insufficient Therapy, oleh Shrapnel Records, dengan Jeff Pilson ikut menulis dan berkontribusi vokal pada 4 lagu. Berikutnya, album instrumental Better Late Than Never, dirilis di tahun 1995. Selama masa itu, Goldydan Pilson juga berkolaborasi di proyek progressive heavy rock bernama 13th Floor walaupun tak ada album yang dirilis.

Di bulan Februari 2008, Goldy ikut menyertai pelopor heavy metal asal Wales, Budgie, di tur Australia mereka dan kemudian terus bermain dengan grup itu sebagai ‘gitaris tamu’. Kegiatan manggung Budgie terhenti saat vokalis/bassis Burke Shelly masuk rumah sakit pada 9 November 2010 di Wejherowo, Polandia karena penyempitan pembuluh syaraf. Shelley tidak bisa lagi menyanyi dan bermain di saat bersamaan.

Di tahun 2011, Goldy menjadi anggota Dio Disciples bersama dengan mantan anggota band Dio seperti Scott Warren, Rudy Sarzo dan Simon Wright, dan mantan vokalis Judas Priest Tim “Ripper” Owens. Goldy dan Warren saat ini menjadi anggota yang tersisa dari line-up asli Dio Disciples.


Di tahun 2014, Goldy mengumumkan kolaborasi baru dengan mantan vokalis Quiet Riot Mark Huff dan merilis 2 buah lagu, Hole in My Heart dan Dark Rainbow, sebagai penghormatan untuk mantan mentornya Ronnie James Dio. Duo tersebut telah bergabung dengan bassis kelahiran Btasil Dario Seixas, gitaris/kibordis MSG Wayne Finday, dan mantan drummer Cry Wolf Chris Moore.


Di bulan Oktober 2014, Goldy mengumumkan menjadi bagian dari line-up XG Extreme Guitar Tour 2015 bersama Uli Jon Roth dan Vinnie Moore. Goldy kini tampil dengan supergrupnya Black Knights Rising yang terdiri dari drummer Vinny Appice, vokalis Mark Boals, kibordis Alessandro Bertoni, dan bassis Elliott Rubinson (CEO Dean Guitars).

Goldy mengekspresikan perasaanya sehubungan dengan kematian Dio:

“Ronnie James Dio lebih dari musisi legendaris, teman dan rekan sesama band, dia adalah keluargaku. Dia adalah alasan orang-orang dapat mengenal aku dan mengapa aku ada. Dia menyelamatkanku dari tidur di mobil di jalanan San Diego dan Los Angeles dan membawaku ke dunia ini dimana mimpi menjadi kenyataan, kebaikan kepada orang asing dan penggemar, kehangatan, keramahan dan integritas sangat diagungkan dan dimana kreatifitas dapat diwujudkan tanpa batas yang dapat mengubah hidup orang selamanya. Aku tahu dia merubahku. Tidak hanya melalui musiknya dan suara yang menjadi kemampuan uniknya yang menjadikannya seorang legenda, tapi siapa dia sebagai pribadi dan cara dia memperlakukanku dan semua orang yang melakukan kontak dengannya secara langsung atau tidak langsung.”


Proyek terbaru Goldy adalah Resurrection Kings bersama Vinny Appice (Dio, Black Sabbath, Heaven & Hell), Sean McNabb (Dokken, Great White) dan Chas West (Red Dragon Cartel).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...