Laman

Jumat, 15 Januari 2016

RONNIE VAN ZANT




Dilahirkan dengan nama Ronald Wayne Van Zant pada 15 Januari 1948, adalah seorang vokalis Amerika, penulis lirik utama, dan anggota pendiri band Southern rock Lynyrd Skynyrd. Dia adalah kakak dari vokalis utama Lynyrd Skynyrd saat ini Johnny Van Zant, dan pendiri dan vokalis dari 38 Special, Donnie Van Zant. Dia adalah ayah dari penyanyi Tammy Van Zant, dan sepupu dari musisi Jimmie Van Zant.

Ia lahir dan dibesarkan di Jacksonville, Florida, dari pasangan Lacy (1915-2004) dan Marion (1929-2000) Van Zant. Ronnie memliki cita-cita yang banyak sebelum menemukan cintanya untuk musik. Khususnya, ia tertarik untuk menjadi petinju (seperti Muhammad Ali adalah salah satu idolanya), dan dalam permainan bisbol profesional, bahkan permainan American Legion baseball. Ronnie juga memiliki gagasan menjadi pembalap mobil. Dia mengatakan bahwa dia akan menjadi orang yang paling terkenal dari Jacksonville sejak pembalap mobil Lee Roy Yarbrough.


Lynyrd Skynyrd mengalami beberapa perubahan nama sebelum memutuskan nama Lynyrd Skynyrd. Van Zant membentuk Skynyrd (kemudian bernama My Backyard saat itu, nama awal mereka) di akhir musim panas 1964 dengan teman-teman dan teman sekolahnya Allen Collins (gitar), Gary Rossington (gitar), Larry Junstrom (bass), dan Bob Burns (drum). Nama Lynyrd Skynyrd ini merupakan penghargaan tiruan untuk guru olahraga dari tiga anggota band (Allen Collins telah pergi ke sekolah tinggi yang berbeda, Nathan B. Forrest High School) saat di SMA, Leonard Skinner, yang tidak setuju dengan siswa laki-laki berambut panjang.

Pengenalan band secara nasional dimulai pada tahun 1973 dengan merilis album debut mereka, (Pronounced 'Leh-'nérd' Skin-'nérd), yang memiliki serangkaian hits dan favorit penggemar antara lain: "I Ain’t the One", "Tuesday’s Gone","Gimme Three Steps","Simple Man," dan lagu signature mereka," Free Bird ", yang kemudian didedikasikan untuk almarhum Duane Allman dari The Allman Brothers Band.

Hit single terbesar Lynyrd Skynyrd adalah "Sweet Home Alabama" dari album Second Helping. "Sweet Home Alabama" adalah jawaban lagu untuk "Alabama" dan "Southern Man"-nya Neil Young. Lagu Young "Powderfinger" pada album 1979 Rust Never Sleeps dilaporkan ditulis untuk Skynyrd, dan Van Zant digambarkan di sampul Street Survivors mengenakan T-shirt dari Tonght’s the Night-nya Young dan konser Oakland Coliseum tanggal 2 Juli 1977 (dikutip dalam Freebird... The Movie).

Van Zant menikahi Nadine Inscoe pada tanggal 2 Januari 1967. Pasangan itu memiliki seorang putri, Tammy (lahir 1967), sebelum bercerai pada tahun 1969; Tammy kemudian pergi untuk menjadi musisi secara mandiri. Ia menikahi Judy Seymour pada tahun 1972 setelah bertemu di The Comic Book Club melalui Gary Rossington pada tahun 1969 (Klub ditutup pada tahun 1975 dan sekarang menjadi garasi parkir). Mereka tetap menikah sampai kematiannya pada tahun 1977 dan Judy menikah lagi dengan Jim Jenness dan mendirikan The Freebird Foundation sampai pembubarannya pada tahun 2001. Mereka memiliki satu anak perempuan, Melody, lahir pada tahun 1976. Judy Van Zant-Jenness mendirikan the Freebird Live pada tahun 1999, gedung musik ynag terletak di Jacksonville Beach, Florida. Gedung itu menampilkan memorabilia Lynyrd Skynyrd dan ikut dimiliki oleh Melody Van Zant. 

Van Zant adalah seorang nelayan yang hebat. Dia menikmati bisbol, dan adalah penggemar dari Chicago White Sox, Atlanta Braves, Houston Astros, Texas Rangers, dan New York Yankees. Saat masih anak-anak, ia bermain bisbol American Legion dan bercita-cita untuk liga bisbol AA, seperti yang ia sebutkan dalam sebuah wawancara 1975.

Van Zant memiliki beberapa masalah dengan hukum, terutama pada tahun 1975, ketika ia ditangkap karena melemparkan meja keluar dari jendela lantai dua kamar hotel. 

Pada tanggal 20 Oktober 1977, sebuah Convair CV-300 yang membawa band untuk pertunjukan dari Greenville, South Carolina, ke Baton Rouge, Louisiana, jatuh di luar Gillsburg, Mississippi. Para penumpang telah diberitahu tentang masalah dengan salah satu mesin pesawat dan diberitahu tentang dampaknya. Van Zant meninggal seketika dari cedera kepala yang diderita setelah pesawat menghantam pohon. Rekan seband Steve Gaines, dan Cassie Gaines, bersama dengan asistem road manager Dean Kilpatrick, pilot Walter McCreary, dan co-pilot William Gray juga tewas. Sisa anggota band selamat, meskipun semua luka berat.

Menurut mantan rekan seband Artimus Pyle dan anggota keluarga, Van Zant sering membahas kematiannya. Pyle mengingat saat ketika Lynyrd Skynyrd di Jepang: "Ronnie dan aku berada di Tokyo, Jepang, dan Ronnie mengatakan kepada saya bahwa ia tidak akan hidup sampai usia tiga puluh dan bahwa ia akan pergi dengan sepatu tetap terpakai, dengan kata lain, di jalanan. Saya berkata, 'Ronnie, jangan bicara seperti itu," tapi orang itu tahu nasibnya." Ayah Van Zant, Lacy, mengatakan, "Dia berkata kepada saya berkali-kali, 'Ayah, aku tidak akan pernah berusia 30 tahun." Aku berkata, 'Mengapa kamu membicarakan sampah ini?' dan dia berkata, 'Ayah, itu batas saya.'" Ayah Van Zant kemudian berkata bahwa,"Tuhan adalah pencemburu. Mengambil dia untuk alasan yang saya tidak tahu.” Van Zant berusia 29 tahun pada saat kematiannya. 

Adik van Zant, Johnny, mengambil alih sebagai vokalis baru ketika band bersatu kembali pada tahun 1987. 


Van Zant dimakamkan di Orange Park, Florida, pada tahun 1977, tapi dipindahkan setelah pengacau masuk makam rekan seband Steve Gaines dan Ronnie pada 29 Juni 2000. Peti Van Zant ditarik keluar dan jatuh di tanah. Tas berisi abu Gaines robek terbuka dan sebagian tersebar ke rumput. Makam mereka di Orange Park tetap menjadi peringatan untuk para penggemar untuk dikunjungi. 

Menurut daftar situs pemakaman Find-a-Grave, Van Zant dimakamkan kembali di Riverside Memorial Park di Jacksonville, dekat makam ayah-ibunya Lacy dan Marion. Kedua tempat peristirahatannya saat ini dan makam kosong di Orange Park terdaftar. Pernyataan berikut dibuat pada entri Find-a-Grave dari tempat peristirahatannya saat ini di Jacksonville: "Karena penjarahan makam aslinya pada 29 Juni 2000, petinya dipindahkan ke lokasi baru dan dimakamkan di bawah tanah dalam lemari besi kubah beton penguburan yang kuat. Untuk membuka lemari besi akan membutuhkan traktor dengan kapasitas angkat beberapa ton. Hal ini juga dipatroli oleh keamanan.”

Sebuah taman memorial yang didanai oleh fans dan keluarga dari band ini dibangun untuk menghormati Van Zant. The Ronnie Van Zant Memorial Park terletak di Sandridge Road di Lake Asbury, Florida, dekat kota kelahirannya Jacksonville. 

Beberapa anggota keluarganya telah mengabadikan dirinya dalam musik mereka. Johnny, sebelum bergabung dengan Lynyrd Skynyrd, mengabadikan Ronnie di lagu yang menjadi judul album tahun 1990 "Brickyard Road" (ditulis bersama dengan adiknya Donnie Van Zant dan teman keluarga Robert White Johnson, yang juga memproduseri album ini) dan dalam musik video dengan band reformasi untuk rilisan lagu "What’s Your Name" di mana topi putih mirip dengan milik Ronnie terletak di atas sebuah mikrofon di akhir video. Tammy, yang baru berusia 10 tahun ketika ia meninggal, mendedikasikan judul lagu yang menjadi judul album, "Freebird Child" serta video musik untuk Ronnie pada tahun 2009. Jimmie Van Zant merekam sebuah lagu penghormatan "Ronnie’s Song" di album Southern Comfort (2000). 

Band alt-country Drive-By Truckers juga memberian penghromatan kepada Ronnie dan anggota band asli pada album mereka Southern Rock Opera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...