Laman

Rabu, 27 Januari 2016

ROBIN ZANDER




Dilahirkan dengan nama Robin Taylor Zander pada 23 Januari 1953 di Beloit, Wisconsin dan dibesarkan di dekatn Loves Park, Illinois. Dia belajar bermain gitar pada usia 12 tahun, dan muncul dalam produksi sekolah tinggi seperti "Annie Get Your Gun" membantunya untuk mengembangkan penampilan panggung. Band awalnya antara lain The Destinations, Butterscotch Sundae dan The Hoods, yang membawakan lagu-lagu oleh band-band seperti The Animals, The Beatles dan The Rolling Stones. Di SMA, Zander bernyanyi selama tiga tahun di the Madrigals, grup yang paling diminati dari tiga grup paduan suara di sekolahnya, bermain basket dan sepakbola, dan memiliki pekerjaan paruh waktu di sebuah toko sandwich.

Pada awal 1970-an, Zander bekerja sama dengan Brian Beebe untuk membentuk duo yang bernama "Zander and Kent". Mereka mengamankan kontrak 3 musim panas residensi di Picadilly Club di Wisconsin Dells, sebuah kontrak yang menyebabkan Zander menolak undangan pada tahun 1973 untuk bergabung dengan inkarnasi awal Cheap Trick. Peran penyanyi utama kemudian ditawarkan kepada Randy Hogan, tapi ia pergi pada musim gugur 1974, yang bertepatan dengan selesainya kontrak Dells-nya Zander yang berakhir pada bulan September tahun itu. Zander menerima undangan kedua untuk bergabung dengan Cheap Trick, dan line-up klasik Zander, Rick Nielsen, Tom Petersson dan Bun E. Carlos menjadi lengkap.


Dengan Cheap Trick, Zander telah melakukan tur dunia, merilis beberapa album dan telah diakui secara luas oleh rekan-rekan dan para penggemarnya sebagai salah satu suara yang hebat dalam musik rock. Gitaris Rick Nielsen memperkenalkan Zander di setiap konser Cheap Trick sebagai "... vokalis favorit di seluruh penjuru dunia" nya.
 
Gaya vokal Zander telah mempengaruhi banyak penyanyi rock lain dari musisi rock tahun 1980-an seperti Joe Elliott dari Def Leppard, Vince Neil dari Mötley Crüe, Axl Rose dari Guns N' Roses, Bret Michaels dari Poison, dan Sebastian Bach dari Skid Row, revivalis punk 1990an, Billie Joe Armstrong dari Green Day, hingga ikon alternatif Billy Corgan dari The Smashing Pumpkins, Eddie Vedder dari Pearl Jam, Kurt Cobain dari Nirvana, dan Scott Weiland dari Stone Temple Pilots.


Edisi Mei 2009 majalah Classic Rock menerbitkan daftar "50 Greatest Singers in Rock". Zander terpilih # 23 pada daftar oleh pembaca, kritikus Classic Rock dan sejumlah penyanyi.

Bersama para rocker seperti Steven Tyler, Billy Gibbons, Matt Sorum, Gilby Clarke, Duff McKagan, Nuno Bettencourt, Steve Stevens dan Glenn Hughes, Zander adalah bagian dari lineup all-star "Kings of Chaos" yang memainkan pertunjukkan di Afrika Selatan selama Desember 2014, dan di Amerika Serikat pada paruh pertama 2015.
 
Zander telah menjadi bintang tamu di album oleh artis-artis seperti Mötley Crüe, The Posies, Foreigner, Scotty Moore & DJ Fontana, dan telah memberikan kontribusi vokal untuk album penghormatan seperti The Art of McCartney, Stone Cold Queen: A Tribute dan Sin-Atra.


Pada 4 Maret 1983 terlihat "An Evening with Robin Zander" diadakan di Rockford’s Midway Theater. Pertunjukan solo ini menyertakan baik paduan suara dan orkestra yang dipimpin oleh Ralph Nielsen, dengan Zander bernyanyi berbagai balada Inggris, lagu klasik kontemporer dan lagu Cheap Trick.

Robin Zander merilis album solo Robin Zander pada tahun 1993. Sebuah album solo kedua, "Countryside Blvd." akhirnya dirilis secara online pada bulan April 2011 tetapi ditarik dari gerai musik online dalam beberapa jam sebelum tersedia.


Pada Januari 2013 Zander membentuk The Robin Zander Band dengan drummer dan teman lamanya Steve Luongo. Band ini juga menyertakan Mark Hitt pada gitar dan Larry Hobbs pada bass. Band ini sesekali memainkan pertunjukkan secara nasional di Amerika Serikat ketika Cheap Trick tidak melakukan tur.


Pada 26 Sep 2014, Robin reuni dengan mitra musik lama Brian Beebe (bersama-sama dengan putranya, Robin Taylor Zander, Jr.) untuk pertunjukan di Monk’s di the Wisconsin Dells.
 
Seperti yang tercantum dalam buku untuk CD 2006 Rockford-nya Cheap Trick , Zander menggunakan mikrofon Shure dan Vox amplifier.

 
Pada 2012, Schecter Guitar Research merilis signature Robin Zander Corsair Electric Guitar.  

Zander tinggal di Florida bersama istrinya, mantan Playboy Playmate Pamela Stein dan dua anak. Seorang putra, Robin Zander Jr., dan seorang putri, Robin-Sailor Zander. Ia memiliki dua anak dari pernikahan sebelumnya, Ian dan Holland.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...