Laman

Rabu, 27 Januari 2016

BRIAN DOWNEY




Dilahirkan dengan nama Brian Michael Downey pada 27 Januari 1951 di Dublin, Irlandia, adalah drummer Irlandia, paling dikenal sebagai drummer dan anggota pendiri band rock Thin Lizzy. Bersama dengan Phil Lynott, Downey adalah satu-satunya anggota konstan grup perintis hard rock ini sampai mereka bubar pada tahun 1983. Downey juga ikut menulis beberapa lagu Thin Lizzy. Allmusic kritikus Eduardo Rivadavia berpendapat bahwa Downey adalah "tentu salah satu (drummer rock) yang paling diremehkan dari generasinya". 


Tumbuh di Crumlin, Dublin, pengaruh musik awal Brian datang dari ayahnya yang bermain di pipe band lokal dan mencintai jazz, dan juga dari pahlawan tahun 60an-nya: The Kinks, The Beatles dan The Rolling Stones. Di masa mudanya, Downey bertemu teman, pendiri dan bass gitaris Phil Lynott, yang belajar di sekolah yang sama. Sebelum membentuk Thin Lizzy, Downey telah bvermain di banyak band sekolah, dimulai dengan The Liffey Beats, Mod Con Cave Dwellers, dan secara singkat The Black Eagles (dengan Lynott). Dia terus tampil di sebuah band lokal, Sugar Shack, dan kemudian dibujuk oleh Lynott untuk bergabung dengannya di band lain, Orphanage. Setelah bertemu dengan gitaris Eric Bell, trio itu membentuk Thin Lizzy. Meskipun line-up musisi dalam band berubah selama bertahun-tahun, dengan pengecualian Lynott, selama tiga belas tahun ke depan Downey adalah anggota tetap satu-satunya yang lain band, serta bermain drum di album solo Lynott. 



Setelah kematian Lynott pada tahun 1986, Downey bermain di lineup penghormatan Thin Lizzy dengan John Sykes, Scott Gorham, Darren Wharton dan Marco Mendoza, tetapi absen dari band tur Thin Lizzy berikutnya. Setelah kepergian John Sykes dari grup pada tahun 2009, gitaris Scott Gorham membuat line-up lain dari Thin Lizzy. Downey, Mendoza dan Wharton bergabung kembali, bersama dengan dua anggota baru: gitaris Def Leppard Vivian Campbell dan mantan vokalis dari The Almighty, Ricky Warwick. Versi Thin Lizzy ini memulai tur dunia yang luas pada Januari 2010 dan terus tur sampai awal 2013, dengan gitaris permanen baru Damon Johnson yang akhirnya menggantikan Richard Fortus. Gorham menyatakan bahwa anggota band sedang mempertimbangkan merekam materi baru, dan proyek ini akhirnya muncul di bawah nama Black Star Riders, dengan yang Downey memilih untuk tidak terlibat karena tekanan dari tur konsisten. Thin Lizzy terus manggung sesekali, dengan Downey mungkin kembali untuk pertunjukan tersebut. 



Downey adalah seorang tamu di pembukaan dari patung Lynott pada tahun 2005, dan bermain drum untuk Gary Moore di konser penghormatan yang mengikutinya. Downey juga muncul di album Moore tahun 2007, Close As You Get, dan tur berikutnya. Pada November 2008 ia meninggalkan band Moore untuk mengejar proyek musik yang berbeda. Saat ini Brian memainkan drum dengan The Dave McHugh Band. Permainan drum blues-nya di band ini menunjukkan Brian kembali ke akar musiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...