Laman

Kamis, 14 Januari 2016

GEOFF TATE




Dilahirkan dengan nama Jeffrey Wayne Tate pada 14 Januari 1959, ia kemudian berubah nama pertamanya menjadi Geoffery atau Geoffrey). Tate lahir di Stuttgart, yang dulunya bagian dari Jerman Barat, dari orang tua Amerika. Keluarga dari sisi ibunya dari New Orleans. Tak lama setelah kelahirannya, keluarganya pindah ke Tacoma, Washington. 

Saat Tate berada di band Babylon, ia diminta untuk menyanyi dengan band cover The Mob (yang kemudian mulai menulis lagu asli dan menjadi Queensryche) di sebuah festival rock lokal. Setelah Babylon pecah, Tate melakukan beberapa pertunjukan dengan The Mob, tetapi pergi karena ia tidak tertarik untuk membawakan cover lagu heavy metal. Tate kemudian bergabung dengan band progressive metal Myth sebagai vokalis dan kibordis. Anggota band lainnya dari Myth antara lain Kelly Gray, yang kemudian menjadi salah satu pengganti gitaris Queensryche Chris DeGarmo, dan Randy Gane, keduanya bergabung dengan versi Queensryche milik Tate pada tahun 2012.

The Mob kembali memanggil Tate pada tahun 1981, kali ini untuk merekam demo tape, yang ia terima, meyakinkan rekan-rekan sebandnya di Myth bahwa mendapatkan pengalaman rekaman profesional akan menguntungkan mereka semua di masa depan. Band ini sudah memiliki sejumlah lagu, tapi satu lagu masih dibiarkan tanpa lirik. Tate diminta untuk menulis lirik lagu ini, yang akan menjadi lagu "The Lady Wore Black", lagu pertama yang ditulis Tate dengan band. Demo tape beredar luas, dan dirilis sebagai EP pada tahun 1982 pada label 206 Records. Sekitar waktu ini, nama The Mob diubah menjadi Queensryche, dan Tate meninggalkan Myth untuk menjadi vokalis utama permanen Queensryche ini. Myth melanjutkan untuk merekam album Arabia setelah Tate pergi. 


Queensryche menandatangani kontrak untuk EMI pada musim panas tahun 1983, dengan kontrak yang mencakup 15 tahun dan meliputi tujuh album. EMI kembali merilis EP, Queensryche, yang mendapatkan sukses sedang, mencapai Nomor 81 di Billboard chart . Dengan Queensryche, Tate memiliki keberhasilan besar, terutama dengan album berkonsep Operation: Mindcrime, yang dirilis pada tahun 1988, dan Empire pada tahun 1990. Band ini telah menjual lebih dari 20 juta album di seluruh dunia. 

Pada tahun 1985, Tate berpartisipasi dalam kolaborasi bantuan kelaparan Hear 'n Aid.

Pada tahun 2002, Tate merilis album solo di Sanctuary Records. Sekitar waktu ini, ia harus mencukur rambutnya yang panjang, dalam solidaritas dengan anggota keluarga dekat yang berjuang melawan kanker sampai kematiannya.


Pada tanggal 20 Juni, 2012, diumumkan bahwa Queensryche telah memecat Tate, menggantikan dia dengan vokalis Crimson Glory Todd La Torre. Segera setelah itu, Tate dan istrinya Susan (yang menjabat sebagai manajer band 2005-2012) mengajukan gugatan di pengadilan Washington, mengatakan bahwa ia secara lalim disingkirkan dari grup. Mereka juga mengajukan perintah pengadilan awal dalam upaya untuk mencegah kedua pihak untuk menggunakan nama band dan perniknya sampai gugatan itu diselesaikan, tapi ini dibatalkan oleh hakim yang memutuskan bahwa kedua belah pihak dapat menggunakan nama Queensryche sampai pelunasan atau putusan pengadilan menentukan siapa yang mendapat nama tersebut. Hal itu terungkap ke publik pada April 28, 2014 bahwa Rockenfield, Wilton dan Jackson diberi hak eksklusif untuk merek dagang Queensryche dan Tate menerima hak untuk Operation: Mindcrime.


Pada tanggal 6 November, 2012, Tate merilis rekaman solo kedua pada InsideOut Music, berjudul Kings and Thieves.

Setelah pemecatannya dan sambil menunggu hasil dari penyelesaian atau putusan pengadilan yang memutuskan siapa yang pada akhirnya akan mendapatkan akses ke nama Queensryche, Tate mengumumkan lineup sendiri menggunakan nama "Queensryche" pada tanggal 1 September, 2012 via laman Facebook resminya.


Sampai Tate kehilangan merek Queensryche pada bulan April 2014 pada anggota band lainnya, mereka dipromosikan oleh agen pemesanan mereka di bawah nama "Queensryche Starring Geoff Tate the Original Voice". Lineup awalnya menampilkan Rudy Sarzo, Bobby Blotzer, Glen Drover, dan dua mantan teman band-nya dari band Myth; Kelly Gray dan Randy Gane. Drover meninggalkan band pada tanggal 23 November 2012. Pada tanggal 25 Januari 2013, penggantinya diumumkan adalah gitaris Robert Sarzo, sementara Blotzer juga digantikan pada drum oleh Simon Wright, yang bertahan sejak itu.

Band ini memulai sebuah "Operation: Mindcrime Anniversary Tour" pada 6 April 2013, merayakan ulang tahun ke 25 album itu terutama tur di Southwest Amerika. Tur dilanjutkan hingga September 2014 dengan beberapa kali istirahat, antara lain dengan Tate tur dengan band solonya Mei 2014.

Sebagai bagian dari perjanjian penyelesaian, Tate diberikan hak eksklusif untuk menampilkan Operation: Mindcrime dan Operation: Mindcrime II secara keseluruhan sebagai penampilan yang unik, tetapi tidak dengan nama Queensryche.


Namun, Tate mungkin tidak melihat proyek ini untuk menjadi band yang sama seperti yang ia gunakan dengan Queensryche sebelum pembubaran tahun 2012, mengatakan: ". Saya tidak pernah ingin berada di sebuah band lagi. Sebuah" Band "-band yang bersama-sama melalui tebal dan tipis dan semua hal, Anda tahu. Saya sudah mengalami itu. Saya ingin bekerja dengan kelompok orang yang berbeda. Dan saya ingin terus menjadi perubahan itu untuk membuatnya menarik dan berbeda. dan saya ingin bermain dengan banyak pemain besar semampu saya.

Dengan lineup ini, Tate merilis album Frequency Unknown pada 23 April melalui Deadline Music, label cabang dari Cleopatra Record. Album ini ikut ditulis, diproduseri dan mixing dalam 6 minggu oleh Jason Slater dan master oleh Maor Appelbaum, tetapi Billy Sherwood kemudian dipekerjakan untuk remix album, "[karena] tampaknya ada masalah sonic dengan versi sebelumnya". Namun, beberapa hari kemudian, Sherwood mundur dari proyek, menyatakan masalah penjadwalan. Pekerjaan itu kemudian tersebar di sedikitnya empat remixers, karena batas waktu yang harus dipenuhi. "Cold", single pertama dari Frequency Unknown dirilis pada 3 April 2013.


Setelah tur perpisahan sebagai Queensryche, Tate mengganti nama band-nya menjadi Operation: Mindcrime dari album Queensryche dengan nama yang sama. Pada 2015, John Moyer, Brian Tichy, dan Scott Moughton menjadi anggota penuh waktu setelah kepergian dari Rudy Sarzo dan Robert Sarzo. Album debut mereka, berjudul The Key dirilis pada 18 September 2015. Bersama dengan Resurrection (2016) dan The New Reality (2017), album tersebut membentuk sebuah trilogy album konsep tentang suasan saat ini yang virtual, internet banking dan perdagangan saham.


Tate membintangi sebagai narator dan pembunuh di cuplikan rekaman film horor The Burningmoore Incident. Album ini dirilis direct-to-video pada 4 Maret 2013. Tate dijadwalkan untuk membuat musik ke dalam produksi film kejahatan Fallen Moon.
 
Tate adalah penggemar anggur. Dia mulai membuat anggur pada usia 14 tahun, menjelaskan: "Saya adalah seorang pramuka dan Anda bisa mendapatkan lencana jasa jika Anda membuat minuman atau produk makanan dan saya membuat anggur dandelion, yang tidak sangat baik tapi pasti memicu minat saya dan membuat saya mulai pada semangat itu". Semangat membuat anggur dikembangkan lebih lanjut ketika Tate berada di Queensryche: "Saya mengumpulkan anggur secara serius sejak band pertama menandatangani kontrak pada tahun 1983 dan kami sedang melakukan tur dunia. saya membuat pengaturan khusus untuk pergi pada titik tertentu dalam tur dan pergi dan menuju ke wilayah anggur. Saya mulai menjadi lebih tertarik pada cara membuatnya dan bagaimana anggur tumbuh dan anggur mana yang terbaik dan hal-hal sejenisnya. Tate telah memberikan beberapa wawancara untuk majalah Wine Spectator. Pada tahun 2010, Geoff dan Susan Tate meluncurkan merek anggur mereka sendiri, "Insania".

Sejak 2012, Geoff Tate telah menyebabkan beberapa kontroversi dan kritik, terutama di bagian dengan keadaan sekitarnya dan menyusul perpisahan dengan Queensryche (ketika rekan-rekan seband, gitaris Michael Wilton, bassis Eddie Jackson dan drummer Scott Rockenfield memecatnya dari band dan menggantinya dengan mantan vokalis Crimson Glory Todd La Torre) dan kekuasaannya atas band selama periode 1997-2012, menurut deklarasi pengadilan dari mantan rekan sebandnya. 

Tate menarik perhatian negatif karena meludahi dan menyerang secara fisik pada Wilton dan Rockenfield sebelum dan selama pertunjukan di São Paulo, Brasil, pada 14 April 2012. Kemudian, selama pertunjukan berikut di Rocklahoma Festival pada tanggal 26 Mei, Tate berkomentar ke penonton yang tidak responsif  "Kalian menyebalkan," dimana rekan-rekan sebandnya, serta penggemar, merasa itu adalah penghinaan, tapi Tate kemudian membela tindakannya dengan menyatakan dalam deklarasi pengadilan "Saya tidak menghina penonton. Saya mencoba untuk memotivasi atau membangkitkan mereka ". Ia menemukan bahwa ini digunakan melawan dirinya dalam gugatan: "Ini hanya sesuatu yang orang lain [di band] dan tim mereka yang mencoba untuk memutar balik menjadi 'Geoff tidak menghormati para fans’.” Ia menguraikannya dalam sebuah wawancara, mengatakan:".. Saya mengatakan hal itu sepanjang waktu, Anda tahu itu bagian dari menjadi seorang frontman, Anda tahu, Anda harus memotivasi penonton, Anda tahu. Dan saya mengatakan hal-hal itu untuk memotivasi orang. Saya pikir ... Aku mengatakan hal-hal itu untuk memicu orang agar mereka bereaksi. Itu bagian dari pertunjukan. Tapi jika Anda dalam gugatan, tentu saja, hal ini bisa diambil di luar konteks dan dimasukkan ke dalam format baru. Saya kira tujuannya adalah untuk membuat saya terlihat seperti aku tidak peduli dengan penggemar. Yang sangat disayangkan.”

Versi Queensryche dari Tate juga telah menghasilkan kontroversi karena tata artistic dari album mereka, Frequency Unknown. Singkatan "FU" ditekankan pada sampul depan, dan sering digunakan dalam bahasa Inggris sebagai sinonim untuk ekspresi jengkel "Fuck You". Namun, Tate, ketika ditanya tentang makna di balik tata artistic dalam sebuah wawancara, menanggapi dengan “Astaga, orang membaca terlalu serius akan segalanya. Ini agak lucu, bukan?" 

Juga, selama tur "Operation: Mindcrime Anniversary Tour", pada 17 Mei 2013, Tate menciptakan kontroversi selama pertunjukan di St. Charles, Illinois. Sepuluh menit menjelang pertunjukan, ia meraih smartphone anggota penonton, berbalik, dan melemparkannya lewat bahunya ke kerumunan. Tate tidak menunjukkan penyesalan, malah menjelaskan bahwa: "beberapa tindakan yang saya lakukan menjadi sangat normal karena sebagai seorang pemain harus semakin teliti dan dimanipulasi untuk mengambil gambar saya [untuk membuat saya terlihat seperti orang jahat].” Ia juga menuduh pengunggah video yang menunjukkan rekaman ini telah memanipulasi rekaman untuk membuatnya tampak ia yang melemparkannya, karena ia menegaskan bahwa ia tidak sengaja menjatuhkannya ketika mencoba untuk mengambil gambar dari penggemar dan dirinya. Dalam contoh lain, Tate meludahi seorang penggemar dari panggung.

Tate telah mengomentari kontroversi ini dalam kaitannya dengan tuntutan hukum, mengatakan: ". Saya kira itulah sifat berada dalam sebuah gugatan. Sekarang Anda harus menonton apa yang Anda katakan, dan percaya bahwa yang Anda ajak bicara adalah melakukan hal yang benar, Anda tahu, dan mendorong informasi keluar dengan caranya terjadi. Dan tidak mencoba untuk membangun sesuatu yang berbeda, Anda tahu?". Ia juga menambahkan: " Karena kita berada di litigasi ada upaya bersama untuk menciptakan kepribadian bagi saya, untuk mencoba dan membuat kampanye yang salah." Dan menyatakan keyakinan bahwa komentar paling negatif tentang dirinya di internet di-posting oleh orang yang sama, sekelompok kecil orang yang menggunakan akun palsu untuk membuatnya tampak seolah-olah musuh-musuhnya jauh lebih besar jumlahnya.

Istri pertama Tate bernama Sandy. Tate menikah dengan Sue (Suzanne) dari tahun 1990 sampai 1996. Dia menginspirasi lirik "Jet City Woman." Pada tahun 1996, ia menikah dengan istrinya saat ini, Susan. Dia dan Geoff adalah vegetarian. Tate memiliki empat anak perempuan: Sabra, Miranda, Bella, dan Emily. Tate tidak pernah menikah dengan ibu Sabra. Pada tahun 2011, Miranda memberi Geoff cucu pertamanya, melahirkan Riot Danger. 

Tate dikenal untuk melibatkan anggota keluarganya dalam urusan musiknya. Istrinya Susan bekerja untuk fan club Queensryche sejak tahun 1997, menjabat sebagai asisten manajer band sejak tahun 2001, dan sebagai manager band 2005-2012. Dia juga manajer untuk karir solo Tate. Anak tiri Miranda juga telah menjalankan fanclub Queensryche. Gitaris Parker Lundgren bergabung dengan band dari proyek solo Tate di musim panas 2008, sambil berkencan dengan Miranda. Pada bulan Februari 2009 Parker bergabung dengan Queensryche, dan pada tanggal 18 Juli menikahi Miranda, tetapi mereka bercerai sekitar setengah tahun kemudian. Akhir 2009 dan awal 2010, Miranda adalah penari go-go dengan Queensryche Cabaret. Putri Emily menyanyikan duet dengan ayahnya pada lagu "Home Again" pada album Queensryche tahun 2009 American Soldier dan tur yang menyertainya, pada usia 12. Pada 2013, Miranda dan Emily menyanyikan vokal latar pada rekaman ulang "Silent Lucidity" untuk album Frequency Unknown.

Tate memiliki minat dalam akting dan suka mengendarai sepeda motor dan berlayar.
 
Tate ada di peringkat keempat belas di daftar Hit Parader 100 Greatest Metal Vocalists of All Time. Dia terpilih di # 2 di top 5 hard rock vocalists of the 1980s oleh That Metal Show. Pada tahun 2012, ia memenangkan the Vegas Rocks Magazine Award untuk "Voice in Progressive Heavy Metal". Pada 2015, ia ada di tempat kesembilan dalam daftar OC Weekly dari the 10 Best High-Pitch Metal Singers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...