Laman

Selasa, 19 Januari 2016

ROD EVANS "the Original Singer of Deep Purple"




Dilahirkan dengan nama Roderic Evans pada 19 Januari 1947 di Eton, Buckinghamshire. Ia bermain bersama dengan drummer Ian Paice, di The Maze, sebelumnya MI5. Ia juga di sebuah band bernama The Horizons pada pertengahan 1960-an. Laporan menyatakan bahwa Evans juga bekerja sebagai model laki-laki sekitar waktu ini. Dia tinggi dan memiliki postur tubuh yang baik. 


Evans dan Paice adalah anggota asli dari Deep Purple ketika mereka terbentuk di Hertfordshire pada tahun 1968. Lagu yang paling dikenal yang direkam dengan Evans bernyanyi adalah "Hush", yang mencapai nomor 4 di tangga lagu US Billboard pada bulan Oktober 1968. Setelah merekam tiga album studio, ia dipecat pada tahun 1969. Kepergiannya dari band ini sebagian karena keinginan Evans untuk pindah ke Amerika Serikat. 

Pada tahun 1970, Rod mencatat single solo untuk Capitol, berjudul "Hard To Be Without You" (b/w "Can’t Love A Child Like A Woman"), kemudian melanjutkan untuk membentuk Captain Beyond, bersama dengan mantan drummer Johnny Winter Bobby Caldwell, mantan bassis Iron Butterfly Lee Dorman dan gitaris Larry "Rhino" Reinhardt, yang juga merupakan bagian dari inkarnasi terakhir dari Iron Butterfly. Band ini terbukti berpengaruh, namun penjualan tidak pernah mencerminkan prestasi musik mereka. Kurangnya keberhasilan komersial mengakhiri grup setelah tiga album. 


Evans meninggalkan Captain Beyond dan bisnis musik setelah dua album pertama mereka. Dia kemudian menjadi direktur terapi pernapasan di sebuah rumah sakit Amerika barat sampai tahun 1980.

Pada tahun 1980 ia didekati oleh sebuah perusahaan manajemen yang mengkhususkan diri dalam mereformasi band dengan nama terkenal, dan ia mulai tur di bawah nama Deep Purple disertai dengan musisi sesi yang tidak terkenal. Lineupnya adalah Rod Evans (vokal), Tony Flynn (gitar), Tom de Rivera (bass), Geoff Emery (keyboard), dan Dick Jurgens III (drum), putra pemimpin big band terkenal Dick Henrey Jurgens.


Setelah beberapa pertunjukan yang berakhir hampir rusuh, Evans digugat oleh manajemen Deep Purple asli dan mereka menggugat ganti rugi sebesar US $ 672.000. Sebagai hasil dari gugatan itu, Evans tidak lagi menerima royalti dari tiga album pertama band. 


Dia tidak muncul di depan umum sejak kasus pengadilan dan keberadaannya saat ini yang cukup menarik untuk penggemar awal Deep Purple. Pada 2015, Ian Paice mengatakan: "Jika ada yang tahu dimana Rod atau bahkan jika dia masih di planet ini, itu akan menjadi kabar baik. Kami tidak melakukan kontak dengan dia sejak akhir 1970-an. Tak seorang pun tampaknya tahu di mana dia, atau bahkan jika ia masih hidup. Tidak ada petunjuk.”


Kabarnya ia dihubungi oleh gitaris Captain Beyond Larry "Rhino" Reinhardt untuk bergabung dengan band untuk sebuah reuni, tapi Evans tidak tertarik menjadi bagian dari proyek itu. Kematian Reinhardt pada Januari 2012 mengakhiri kesempatan dari reuni penuh Captain Beyond terjadi. 

Pada tahun 2016 ia akan dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame sebagai anggota Deep Purple.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...