Laman

Kamis, 07 Januari 2016

TOSIN ABASI




Dilahirkan dengan nama Oluwatosin Ayoyinka Olumide Abasi, pada 7 Januari 1983, lebih dikenal sebagai Tosin Abasi, adalah gitaris Nigeria Amerika yang terkenal sebagai pemain gitar dan pendiri band progressive metal Animals as Leaders. Sebelum mendirikan Animals as Leaders, dia adalah gitaris untuk band technical metalcore Reflux. Ia telah merekam dan merilis tiga album dengan Animals as Leaders: sebuah debut self-titled, Weightless dan The Joy of Motion.


Lahir di Washington DC dari imigran Nigeria ke Amerika Serikat, Nama pertama Abasi "Oluwatosin" berarti "Tuhan layak untuk dilayani" dalam bahasa Yoruba. Saudaranya, Abdul Abasi, adalah mantan sersan di militer AS dan saat ini menjadi perancang busana. Abasi adalah gitaris otodidak. Dia pertama kali memainkan gitar di rumah temannya, hanya memetik dan membentuk lick dasar secara singkat. Pada saat ini ia mengenalkan beberapa musik melalui belajar klarinet di sekolah dasar. Dia kemudian mulai menyewa kaset video dari toko musik lokal, mengatakan bahwa beberapa "video yang tidak ingin diketahui saat menonton" karena tidak senonoh ringan pada kaset tertentu. Abasi mengatakan bahwa ketika ia memutuskan untuk belajar gitar , ayahnya "benar-benar liberal tentang semuanya dan mendorong dan bangga" dan pada kenyataannya, membelikannya gitar pertamanya. Namun ibunya awalnya memiliki pandangan yang lebih konservatif. Tosin mengatakan dalam sebuah wawancara, "Ibuku pasti mewakili mentalitas tradisional imigran dari pendidikan dan saluran konvensional adalah cara yang lebih penting daripada sebuah usaha kreatif". Ia adalah gitaris untuk band metal PSI asal Silver Spring, Maryland, PSI. Ia bergabung dengan Reflux pada awal hingga pertengahan 2000-an. Selama pertunjukan Reflux, Prosthetic Records melihat keterampilannya dan menawarkan kontrak rekaman sebagai artis solo. Pada awalnya, dia menolak, mengatakan ia tidak merasa nyaman dengan tingkat keterampilannya untuk menulis rekamannya sendiri. Setelah itu, Abasi mendaftar di Atlanta Institute of Music. Setelah lulus, ia menghubungi Prostethic Records menanyakan apakah tawaran tersebut masih berlaku. Ia kemudian membentuk proyek "solo" nya, Animals as Leaders, nama bebas yang berasal dari buku Ishmael.


Pada tahun 2009, ia merekam rilisan pertama Animals as Leaders dengan Misha Mansoor (dari Periphery), yang memproduseri dan merekam album dengan Tosin, serta pemrograman drum. Javier Reyes dan Navene Koperweis terdaftar masing-masing pada gitar ritem dan drum, setelah selesainya album, mengubah proyek menjadi band tur penuh. Ia juga melakukan tur dengan band Born of Osiris sebagai gitaris stand-in untuk mantan anggota Matt Pantelis sementara mereka melakukan audisi untuk pengganti permanen. 


Pada tahun 2011, Tosin mulai menyusun materi untuk sebuah band baru, T.R.A.M., yang terdiri dari rekan sebandnya di Animals as Leaders Javier Reyes, drummer Suicidal Tendencies Eric Moore, dan mantan instrumentalis angin Mars Volta Adrian Terrazas. 'T.R.A.M.' singkatan Terrazas, Reyes, Abasi, Moore. Pada pertengahan Maret 2011, T.R.A.M. memainkan pertunjukan pertama mereka di South by Southwest, festival musik multi hari di Austin, Texas. Tosin menjelaskan bahwa ia membentuk T.R.A.M. sebagai trio yang terdiri dari dirinya sendiri, Javier dan Adrian sebagai media untuk beberapa ide yang ditulisnya yang ia merasa tidak cocok dengan Animals as Leaders. Eric Moore tidak ditambahkan ke dalam line-up sampai tahap rekaman album, dan menulis dan memainkan semua drum di album dalam beberapa minggu. 

Animals as Leaders merilis album kedua mereka, berjudul 'Weightless', pada tanggal 8 November 2011. Abasi dilaporkan bertemu dengan Misha Mansoor lagi pada akhir 2012, dan dilaporkan bahwa album baru Animals as Leaders dalam pengerjaan, dan akan dirilis pada tahun 2013.


Pada NAMM 2013, gitar signature Tosin Abasi, the Ibanez TAM 100, dikeluarkan. Gitar ini berdasarkan pada model Ibanez RG2228, yang ia telah dia gunakan selama beberapa tahun, dan berisi DiMarzio Ionizer pickup signature-nya. 

Pada tanggal 19 Maret 2014, album Animals as Leaders The Joy of Motion tersedia untuk streaming, melalui YouTube. Pada tanggal 24 Maret, 2014, album ini dirilis di Eropa, 25 Maret di Amerika Utara dan pada tanggal 28 Maret di Australia dan Selandia Baru oleh Sumerian Records. Album ini mendapatkan tinjauan positif yang luas. Dalam Juli 2014, Tosin muncul di episode pertama Guitar Power, web-series yang disponsori oleh D'Addario String dan Rolling Stone Magazine.

Pada Maret 2014, ia tur dengan Animals as Leaders. Pada Oktober 2014, terungkap bahwa Abasi akan bergabung dengan Joe Satriani, Guthrie Govan, dan Mike Keneally pada tur G4 pada 2015.


Dia adalah seorang praktisi Transcendental Meditation. 

Dia telah mengutip banyak band dan gitaris yang mempengaruhi gayanya yang unik, antara lain gaya musik, mulai dari jazz ke pop dan R&B. Gitaris yang disukainya meliputi Steve Vai, Allan Holdsworth, Fredrik Thordendal, serta seniman Thom Yorke dari Radiohead, Aphex Twin, Squarepusher, Meshuggah, dan Dream Theater.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...