Laman

Sabtu, 09 Januari 2016

JOAN BAEZ




Dilahirkan pada tanggal 9 Januari 1941 di Staten Island, New York. Baez, seorang penyanyai dalam folk tradisional, adalah bagian krusial dalam kelahiran genre ini di tahun 1960an. Dia mendapatkan gitar pertamanya pada 1956. Dua tahun setelah kelurganyan pindah ke Cambridge, Massachusetts, Baez bergaul dalam skena folk yang ada di kota itu. Tak lama dia menjadi penampil tetap di klub lokal.


Pada 1960an terdapat masa perubahan dalam sejarah Amerika, dan Baez sering menggunakan musiknya untuk mengekspresikan pandangan social dan politiknya. Album pertama self-titile-nya dirilis pada 1960 dan tak lama setelah perilisannya dia bertemu penyanyi-penulis lagu Bob Dylan yang belum terkenal.

Pada awal hingga pertengahan 1960an, Joan Baez menjadi artis folk yang kuat sebagai suara untuk perubahan sosial. Dia menyanyikan “We Shall Overcome” pada sebuah barisan menuju Washington pada tahun 1963 yang diatus oleh Dr. Martin Luther King, Jr. Selain mendukung hak sipil, Baez juga berpartisipasi dalam gerakan anti perang, menyerukan untuk mengakhiri konflik di Vietnam.


Dimulai pada tahun 1964, dia menolak untuk membayar bagian pajaknya untuk memprotes militer AS selama satu dekade. Baez juga ditangkap dua kali pada tahun 1967 di Oakland, California, karena memblokade pusat pasukan bersenjata. Mendekati akhir dekade itu, otobigrafinya, Daybreak (1968), dirilis.

Baez melanjutkan menjadi aktif secara politis dan musical pada 1970an. Dia membantu membanguna cabang pantai barat dari Amnesty Internastional, sebuah organisasi hak asasi manusia, dan merilis sejumlah album, antara lain yang mendapatkan pengakuan, Diamods and Rust (1975). Selain melakukan tur, dia juga tampil di banyak acara amal dan penggalangan dana untuk sebab sosial dan politik di seluruh dunia.


Album studio berikutnya adalah Dark Chords on a Big Guitar pada tahun 2003. Dia menindaklanjutinya dengan koleksi lima lagu Bowery Songs pada 2005, yang menampilkan lagu-lagu oleh Bob Dylan dan Woody Guthrie juga beberapa lagu folk tradisional.

Baez pernah menikah dengan David Harris, Joan Baez memiliki seorang putra bernama Gabriel dari pernikahan itu. Baez tinggal di California dan terus menyuarakan sebab-sebab yang penting bagi dirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...