Laman

Sabtu, 09 Januari 2016

DAVID JOHANSEN




Dilahirkan dengan nama David Roger Johansen pada 9 Januari 1950 di wilayah New York City of Staten Island, New York, dari seorang ibu pustakawan, Helen, dan seorang ayah perwakilan penjualan asuransi yang sebelumnya penyanyi opera. Keluarga Johansen adalah Katolik. Ibunya adalah Amerika Irlandia dan ayahnya Norwegia Amerika.


Johansen memulai karirnya di akhir 1960-an sebagai vokalis di band Staten Island lokal Vagabond Missionaries dan kemudian di awal 1970-an sebagai penyanyi/penulis lagu di band protopunk the New York Dolls. The New York Dolls merilis dua album, New York Dolls (1973), dan Too Much Too Soon (1974). Sebagian besar materi ditulis oleh Johansen dan gitaris Johnny Thunders. The Dolls diterima dengan baik secara kritis, tetapi gagal untuk berhasil secara komersial. 

Pada tahun 1975, Johnny Thunders dan Jerry Nolan meninggalkan band. Johansen dan Sylvain Sylvain, bersama dengan Peter Jordan, Chris Robison, dan Tony Machine, terus bermain sebagai the New York Dolls, sampai 1977, setelah itu Johansen memulai karir solo. Dua album pertamanya, David Johansen dan In Style, menampilkan beberapa materi asli abadi. Sylvain Sylvain sering membawakannya dengan dia, dan bandnya banyak membawakan lagu Dolls dalam konser; album live, Live It Up dan reputasi dokumen The David Johansen Group Live sebagai pemain konser yang luar biasa. Rilisan studio Here Comes the Night (yang mencakup lagu andalan, "Heart of Gold") dan Sweet Revenge memamerkan lagi kekuatannya sebagai penulis materi baru dan menampilkan penampilan tamu oleh pemain saksofon jazz Big Jay McNeely. Sejumlah lagu di "Here Comes the Night" itu ditulis bersama dengan musisi Afrika Selatan Blondie Chaplin. Pada tahun 1982 Johansen adalah pembuka untuk The Who di beberapa konser Pantai Timur AS, termasuk Byrne Meadowlands Arena dan Capital Centre.


Pada akhir 1980-an, Johansen mencapai sukses moderat dengan nama samaran Buster Poindexter, disertai dengan The Uptown Horns, menampilkan campuran jazz, lounge, calypso, dan lagu-lagu baru, dan muncul sebagai bagian dari band tetap pada program televisi Saturday Night Live. Sebagai Poindexter ia mencetak lagu hit pertamanya, "Hot Hot Hot", yang dalam sebuah wawancara di National Public Radio's Fresh Air ia menyeebut "kutukan dari keberadaan saya," karena popularitasnya yang tetap ada. "Hot Hot Hot" awalnya ditulis dan direkam oleh artis Montserratian Soca, Arrow. Sebagai Poindexter, Johansen sering muncul dengan bandnya, The Banshees of Blue. Rilisan Poindexter awal mengkombinasikan pilihan eklektik dari lagu vover dengan komposisi Johansen sendiri. Johansen melanjutkan untuk mengeluarkan Buster Poindexter’s Happy Hour, CD lagu secara tematis terkait dengan materi pelajaran mereka-alkohol. Ini adalah rilsannya yang paling dipengaruhi jazz hingga kini. Hal ini diikuti oleh Buster Poindexter’s Spanish Rocket Ship, sebuah sintesis dari R & B, calypso dan Latin jazz. 

Johansen berakting dalam beberapa film selama tahun 1980 dan 1990-an, dan pada tahun 2000, memiliki peran singkat pada drama HBO, Oz. Dia muncul dalam serial televisi The Adventures of Pete & Pete dalam episode "On Golden Pete", di mana ia memainkan penjaga taman. Dia muncul di segmen Muppet Television dari sebuah episode dari The Jim Henson Hour. Di antara perannya yang lebih menonjol adalah Ghost of Christmas Past ther di Scrooged serta bagian dari 'Looney' dalam film, Let It Ride, memainkan lawan Richard Dreyfuss. Dia membintangi lawan Hulk Hogan dan Sherman Hemsley di Mr. Nanny, dan ikut membintangi dengan John C. McGinley dalam film Car 54, Where Are You?, berdasarkan sebuah serial televisi. Dia dapat dilihat di film dokumenter Jim White Searching for the Wrong Eyes Jesus di mana ia menyanyikan versi Geeshie Wiley's "Last Kind Words" saat di sebuah kamar motel. Dia juga memiliki peran pendukung dengan Mick Jagger dan Emilio Estevez dalam film Freejack. Dia juga memainkan Halston (pembunuh sewaan) dalam film antologi Tales from the Darkside: The Movie (1990), di segmen "The Cat From Hell". Dia juga artis musik tamu di episode Miami Vice "The Dutch Oven" (1985) di mana ia menyanyikan "King of Babylon". Johansen kemudian memerankan bartender di acara khusus Netflix, A Very Murray Christmas.


Johansen kemudian berubah dengan country blues dengan kelompoknya, The Harry Smiths. Kelompok ini dinamakan sebagai penghormatan kepada Harry Everett Smith, yang menyusun Anthology of American Folk Music, beberapa lagu dibawakan ulang oleh band. Album kedua Johansen dengan the Harry Smiths berjudul Shaker.
 
Pada tahun 2004 Johansen kembali dengan Sylvain Sylvain dan Arthur Kane, dari the New York Dolls. Karena keberhasilan tur ini, pada tahun 2006 the New York Dolls merilis One Day It Will Please Us to Remember Even This, album pertama mereka dalam hampir tiga puluh tahun. Ini adalah pilihan kritikus Robert Christgau untuk album tahun ini. Pada tahun 2009 band ini merilis "Cause I Sez So" dan pada 2011 "Dancing Backward in High Heels". 

Johansen menjadi pembawa acara mingguan, David Johansen’s Mansion of Fun, pada Sirius Satellite Radio sambil terus menulis dan manggung. Menampilkan musik "dari hutan-hutan Afrika ke Bayou dari Louisiana, dan dari Duke Ellington ke Phil Spector ke Billy Joe Shaver, acara ini meliputi seluruh peta musik," benar-benar berbentuk bebas dan eklektik. Saat ini, acara itu mengudara pada saluran 30, The Loft.


Pada bulan Oktober 2007, Johansen berpartisipasi dalam "The Staten Island Composers Project," yang menampilkan karya oleh tiga musisi yang bersala dari pulau itu: Johansen; Vernon Reid, pendiri- pionir rock-metal 80an LivingColour; dan Galt MacDermot, paling dikenal sebagai komposer musik Hair. Dewan Seni dan Humaniora untuk Staten Island menugaskan program dan meminta setiap artis untuk menulis 20 menit musik menyampaikan sesuatu dari koneksi ke pulau yang sering disebut sebagai New York City yang terlupakan. Opus Johansen, Adagio yang romantis sinematik dan tanpa malu-malu mencetak sebagian besar untuk alat gesek, berjudul "Mara Dreams of Moon Gate of Uncommon Beauty." Terinspirasi oleh The Moon Gate Uncommon Beauty, sebuah portal putaran antara dua rockscapes di Chineses Scholar’s Garden di Staten Island Botanical Garden. Pada bulan September 2009, ia muncul di Anthony Bourdain: No Reservations, pada acara tv Travel Channel, di mana ia melakukan tur di Staten Island dengan pembawa acara program. 

Selain album sendiri, Johansen berkontribusi lagu untuk soundtrack film Times Square dan The Aviator (Masing masing "Flowers of the City" dan "Ain’t Cha Glad") dan tamu pada About Them Shoes, CD oleh veteran blues Hubert Sumlin. Lagu non-album lainnyanya, "Johnsonius", muncul pada kompilasi tahun 1984 A Diamond Hidden in the Mouth of a Corpse dan "The Rope (The Let Go Song)", sebuah lagu yang awalnya direkam selama sesi untuk album pertamanya , dan dipublikasikan di sisi B dari single, "Funky But Chic", sebuah lagu yang dibawakan oleh the New York Dolls asli sebelum pecah. 

Seorang seniman yang terkenal karena ketidakpastian dan fleksibilitas musiknya, Johansen adalah penggemar blues sejak masa awal the Dolls, dengan cover lagu diantaranya oleh Bo Diddley dan Sonny Boy Williamson adalah lagu mereka paling awal. CD the Dolls tahun 2006 Private World: The Complete Early Studio Demos 1972/3 menampilkan Dolls membawakan lagu oleh Otis Redding, Gary US Bonds, Chuck Berry, The Shangri-Las, dan Muddy Waters, selain versi lagu dari dua album Mercury mereka. Juga tampil pada CD adalah lagu Dolls yang belum pernah dirilis sebelumnya, "Endless Party". 

Selama karir yang telah mengalami banyak perubahan, Johansen telah bekerja secara konsisten dengan musisi tertentu, antara lain Sylvain Sylvain, drummer Tony Machine (sebelumnya agen yang bekerja untuk Leber & Krebs, anggota dari New York Dolls dari tahun 1975 hingga 1977, dan campuran di banyak kelompok David Johansen dan seluruh periode Buster Poindexter) dan Brian Koonin, gitaris dan pemain banjo dengan Buster Poindexter dan The Harry Smiths, serta pemain kibord dengan New York Dolls untuk pertunjukan reuni pertama dan CD dan tur One Day It Will Please Us To Remember Even This.

David menikah dengan artis Mara Hennessey, dan merupakan ayah tiri dari Leah Victoria Hennessey, vokalis dari band Make Out, pencipta seri web tv ZheZhe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...