Laman

Rabu, 20 Januari 2016

IAN HILL




Dilahirkan dengan nama Ian Frank Hill pada 20 Januari 1951 di West Bromwich, Inggris, adalah musisi Inggris, paling dikenal sebagai bassis dari Judas Priest.

Hill belajar cara memainkan double bass dari ayahnya, seorang pemain bass untuk band jazz lokal. Ayahnya meninggal ketika dia baru berusia lima belas tahun, tapi kontribusinya ke Hill adalah dasar untuk tahun-tahun mendatangnya. Pada tahun 1970, bersama-sama dengan teman sekolah K.K. Downing, Hill membentuk band perintis heavy metal Judas Priest. Dia telah bermain bass dengan band sejak itu, dan merupakan anggota asli yang tersisa setelah kepergian Downing pada 2011. 


Hill dikenal untuk permainan bassnya yang solid dan melodik, yang terbukti menjadi latar belakang yang ideal untuk gitar ganda dari KK Downing dan Glenn Tipton, dan vokal opera Rob Halford. Selama tahun-tahun awal band ini, ia bermain bass dengan finger-picking, tapi dia kemudian bermain dengan pick, yang ia rasa menambahkan "serangan" untuk lagu-lagu mereka. Pada kesempatan langka, ia masih bermain dengan jari-jarinya. 


Hill bertanggung jawab untuk membawa Rob Halford ke dalam Judas Priest. Keduanya bertemu saat Hill berkencan dengan adik Halford dan menyebutkan bahwa ia membutuhkan vokalis baru untuk band-nya. Halford menerimanya, meninggalkan band sebelumnya, band Hiroshima, dan membawa drummer John Hinch, yang kemudian akan dikeluarkan oleh band setelah satu album karena "kekurangan musikal", menurut Tipton di tahun-tahun kemudian.

Pada tahun-tahun awal Judas Priest, Hill memainkan 1970 Fender Jazz Bass, beralih ke Hamer di pertengahan 1980-an. Sejak akhir 1980-an, Hill memainkan Spector bass. Spector menghasilkan Ian Hill signature bass guitar, berdasarkan Hill’s NS-2 dan dilengkapi dengan leher lebih sempit, dengan tuning opsional BEAD. 


Sementara Hill telah menggunakan berbagai amplifers yang berbeda selama karirnya, ia telah menggunakan produk SWR sejak akhir 1990-an. Rig-nya saat ini terdiri dari dua amplifier SWR SM1500 dan empat cabinet SWR TRIAD. Selama sesi rekaman Jugulator dan Demolition, Hill menggunakan 5 string Spector bass untuk mengakses register yang lebih rendah yang diperlukan melalui penggunaan gitar yang disetel lebih renag oleh Tipton dan Downing.


Hill menikahi adik Rob Halford, Sue, pada tahun 1976 dan mereka bercerai pada 1984. Bersama-sama mereka memiliki seorang putra, Alex, yang lahir pada tahun 1980. Hill tinggal di Florida ketika ia menikah dengan istri keduanya. Mereka memiliki seorang putri dengan nama yang sama. Ia bertemu dengan istrinya saat ini pada tahun 1999, dan menikah pada tahun 2006. 


Dia sekarang tinggal di Staffordshire, Inggris. 


Ketika Hill ditanya tentang reaksinya terhadap film Rock Star tahun 2001, yang awalnya terinspirasi oleh kisah nyata dari Tim "Ripper" Owens, seorang penyanyi dalam band tribute Judas Priest yang dipilih untuk menggantikan penyanyi Rob Halford ketika ia meninggalkan band, dalam sebuah wawancara di majalah PopMatters Hill menjawab "Yah, itu adalah benar-benar fiksi, Anda tahu? Ketika kami mendengar tentang perusahaan produksi yang akan membuat film itu, sejauh yang kami tahu, tentang Ripper bergabung dengan band kami menawarkan bantuan kami. Kami berkata 'Jika ada sesuatu yang Anda ingin tahu, berbicara dengan kami pada saat itu.’ Dan tentu komunikasi kami terputus dan itulah dan mereka pergi dengan gambaran mereka sendiri." Hill menambahkan "Maksudku, Saya cukup menikmati film itu. [Tertawa] Itu menghibur, Anda tahu?" Hill mengatakan "Ini tidak ada hubungannya dengan Rob Halford, Ripper Owens dan Judas Priest, tidak ada hubungannya dengan itu, apapun. Itu fiksi. Terlepas dari kenyataan bahwa 'Anak lokal membuat baik'? Itu adalah satu-satunya aspek yang benar dari film. "Hill dengan cepat menambahkan "Saya menyaksikannya sekali. Saya tidak memiliki keinginan untuk menonton lagi. [tertawa]”.

Dia adalah pendukung dari West Bromwich Albion Football Club.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...