Laman

Minggu, 17 Januari 2016

SUSANNA HOFFS




Dilahirkan dengan nama Susanna Hoffs Lee pada 7 Januari 1959 di Los Angeles, California, dalam keluarga Yahudi. Dia adalah putri dari Tamar Ruth (nama gadis Simon) dan Joshua Allen Hoffs, seorang psikoanalis. Ibunya memainkan musik the Beatles untuk Hoffs saat ia masih kecil, dan dia mulai bermain gitar di usia remajanya. Hoffs bersekolah di Palisades High School di Pacific Palisades, Los Angeles, lulus pada tahun 1976. Sementara di perguruan tinggi ia bekerja sebagai asisten produksi dan membuat debut aktingnya dalam film tahun 1978, Stony Islands.


Pada tahun 1980, Hoffs lulus dari University of California, Berkeley dengan gelar sarjana dalam bidang Seni. Ketika ia masuk Berkeley dia adalah seorang penggemar band rock klasik yang bermain di stadion besar. Saat menjadi mahasiswi di Berkeley, dia menonton pertunjukan Sex Pistols terakhir di Winterland dan sebuah konser Patti Smith. Mengenal musik punk rock merubah tujuan karirnya dari penari menjadi musisi di sebuah band. Dia akhirnya bergabung dengan Vicki Peterson dan Debbi Peterson di apa yang kemudian akan menjadi grup musik pop-rock The Bangles.


Rilisan rekaman pertama the Bangles adalah EP self-titled pada tahun 1982 di label the Faulty Products. The Bangles merilis album pertama utuh All Over the Place pada tahun 1984 di Columbia Records. Mereka memiliki hit moderat dengan single "Hero Takes a Fall", namun terobosan komersial mereka datang dengan album Different Light pada tahun 1986, yang menghasilkan hit single "Manic Monday", "If She Knew What She Wants", dan "Walk Like an Egyptian". 

Pada tahun 1986, Hoffs ikut menulis "I Need a Disguise" untuk album Belinda untuk Belinda Carlisle, dari grup cewek The Go-Go’s. Dengan meningkatnya ketenaran, Hoffs juga muncul di sampul berbagai majalah, dan perusahaan gitar Rickenbacker mengeluarkan Susanna Hoffs model dari 350, yang ia disesuaikan sendiri. 


Pada tahun 1987, Hoffs membintangi film The Allnighter, yang disutradarai oleh ibunya Tamar Simon Hoffs, dan juga menampilkan Joan Cusack dan Pam Grier. Film ini disorot secara kritis, dan gagal di box office. Hoffs kemudian mengatakan: "Itu bukan film besar tapi seluruh pengalamannya yang besar." 

The Bangles merilis album ketiga mereka Everything pada tahun 1988, dengan single paling laris mereka "Eternal Flame", yang ikut ditulis dan dinyanyikan oleh Hoffs. Dalam program BBC "I’m in a Girl Group" Hoffs mengungkapkan dia benar-benar menyanyikan rekaman studio dari lagu itu benar-benar telanjang karena produsen Davitt Sigerson mengerjainya dengan mengatakan Olivia Newton John telah melakukan hal yang sama. Davitt kemudian mengatakan kepada Hoffs ia telah berbohong sepanjang waktu.”

The Bangles dibubarkan pada tahun 1990 tetapi pada akhir 1990-an, Hoffs menghubungi anggota lain dari The Bangles dengan harapan bersatu kembali. Mereka merekam single "Get the Girl" untuk film kedua Austin Powers pada tahun 1999. Selanjutnya, mereka mengumumkan keputusan mereka untuk bersatu kembali penuh waktu pada tahun 2000. Album keempat mereka, Doll Revolution, dirilis pada tahun 2003. 


Hoffs merilis album solo, When You’re a Boy, pada tahun 1991, yang melahirkan US Top 40 hit dengan "My Side of the Bed." Di Inggris single itu mendarat di # 44, hanya 4 minggu di chart, dan albumnya juga mendarat dengan baik di Eropa. 

Hoffs merekam album lain di 1993-1994, sebelum meninggalkan Columbia Records, tapi albumnya belum pernah dirilis. Pada tahun 1996, Hoffs merilis album solo kedua, Susanna Hoffs. Meskipun menerima banyak pujian di media dan menghasilkan hit kecil AS dan hit Inggris di # 33 selama 2 minggu dengan cover dari Lightning Seeds "All I Want", album itu bukan kesuksesan komersial yang besar. 


Hoffs merekam cover "The Look of Love" untuk soundtrack film pertama Austin Powers, Austin Powers: International Man of Mystery dan sebuah cover dari lagu "Alfie" untuk soundtrack dari film ketiga Austin Powers in Goldmember. Dia merekam cover lagu dari Oingo Boingo "We Close Our Eyes" untuk soundtrack the Buffy The Vampire Slayer. Dia juga bertanggung jawab untuk lagu "Now and Then", dari film tahun 1995 dengan nama yang sama.
 
Hoffs juga menyumbangkan lagu untuk film Red Roses and Petrol (ditulis dan disutradarai oleh Tamar Simon Hoffs) berjudul "The Water is Wide." Lagu ini dapat didengar dalam kredit penutupan dan tersedia pada soundtrack filmnya. Pada bulan Februari 2009, Hoffs muncul di panggung di Club Key di Los Angeles, bernyanyi dengan thenewno2, band psychedelic blues "post-Bristol" yang dipimpin oleh Dhani Harrison. 

Pada Desember 2011, Hoffs menyediakan sebuah lagu asli untuk digunakan dalam mempromosikan Visit South Walton, badan promosi pariwisata untuk Walton County, Florida (sebelumnya diidentifikasi sebagai Beaches of South Walton). Lagu, "This Is the Place", akan digunakan dalam iklan dan pemasaran wilayah pesisir populer yang terdiri lima belas komunitas pantai. 


Hoffs merilis sendiri album solo ketiganya dengan materi baru (pertama sejak album self-titled-nya tahun 1996) berjudul Someday melalui Vanguard Records pada 17 Juli 2012. Album ini diproduseri oleh Mitchell Froom dan dipengaruhi oleh musik dari tahun 1960-an. American Songwriter memberi Someday peringkat 4.5 dari 5 bintang dan menggambarkannya sebagai "Hoff yang tenang dan tak dapat disangkal Hoffs' pernyataan musik paling definitif sampai saat ini." 

Hoffs disebutkan dalam "I’d Love to Kiss the Bangles" oleh The Saw Doctors. Robbie Fulks menulis tentang dirinya dalam "The Bangle Girl," yang muncul di album The Very Best of Robbie Fulks.


Mike Myers, Matthew Sweet, dan Hoffs membentuk band faux Inggris 1960an, Ming Tea, namanya diambil dari jabatan Myers di Saturday Night Live di awal 1990-an. Mereka semua mengadopsi nama samaran untuk band, dengan Hoffs menggunakan nama Gillian Shagwell dan Myers menciptakan Austin Powers. Kelompok ini membuat sejumlah pertunjukan klub dan televise dan memiliki hit kecil dengan lagu "BBC". Calon istri Myers, Robin Ruzan mendorong dia untuk menulis sebuah film berdasarkan karakter itu. Hasilnya adalah Austin Powers: International Man of Mystery, disutradarai oleh suami Hoffs, Jay Roach. Ming Tea tampil di semua tiga film Austin Powers.


Pada tahun 2006, Hoffs bekerja sama dengan sesama rocker Ming Tea Matthew Sweet; dengan nama "Sid n Susie," mereka merekam lima belas cover version dari lagu rock klasik dari tahun 1960-an dan 1970-an untuk album berjudul Under the Covers, Vol. 1. Album ini dirilis pada bulan April 2006. Pada tanggal 18 Juli, mereka muncul di Late Night with Conan O'Brien untuk mempromosikan album dan tur. Duo ini merilis album lain Under the Covers, Vol. 2 pada tanggal 21 Juli 2009, yang memasukkan cover lagu-lagu Fleetwood Mac, Carly Simon, Rod Stewart dan lain-lain. Pada 2012 Under the Covers, Vol 3 dirilis.
 
Pada 2013, Hoffs berkolaborasi dengan Sweet dan Tim Robbins untuk cover lagu tradisional "Marianne" untuk kompilasi Sea shanty, Son of Rogues Gallery: Pirate Ballads, Sea Songs & Chanteys.

Pada tahun 1993, Hoffs menikah dengan Jay Roach, sutradara film Austin Powers dan Meet the Parents, dan produser The Hitchhiker’s Guide to Galaxy. Dia memiliki dua anak. Roach masuk agama Yahudi setelah menikahi Hoffs. 


Dia adalah vegetarian.
 
Hoffs diketahui berteman dengan Adam Nimoy, putra almarhum veteran Star Trek Leonard Nimoy, yang menyebabkan penampilan Leonard dalam video musik untuk hit the Bangles tahun1984, Going Down to Liverpool.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...