Laman

Minggu, 17 Januari 2016

DAMO SUZUKI




Dilahirkan dengan nama Kenji Suzuki (鈴木健二 Suzuki Kenji) pada 16 January 1950 di Tokyo Jepang, juga dikenal sebagai Damo Suzuki (ダモ鈴木), adalah musisi Jepang yang telah berdomisili di Jerman sejak awal 1970an dan dikenal sebagai mantan penyanyi utama dari grup krautrock Jerman, Can.


Saat masih remaja, Suzuki menghabiskan akhir tahun 1960an dengan berkelana keliling Eropa, sering melakukan pertunjukan di jalanan untuk menghasilkan uang atau ngamen.

Saat Malcolm Mooney meninggalkan Can setelah perekaman album pertama mereka, Monster Movie, Holger Czukay dan Jaki Liebezeit mendatangai tempat ngamen Suzuki di Munich, Jerman, sambil keduanya duduk diluar di sebuah cafe jalanan. Mereka mengundangnya untuk bergabung dengan grup, dan dia mengiyakan, tampil dengan mereka malam itu juga.


Suzuki bersama Can dari tahun 1970 hingga 1973, merekam sejumlah album yang mendapatkan pengakuan seperti Tago Mago, Future Days dan Ege Bamyasi. Penampilan vokal pertama Suzuki dengan Can adalah "Don't Turn the Light On, Leave Me Alone" dari Soundtrack. Penampilannya bebas, sering mengimprovisasi lirik, bernyanyi dalam bahasa yang tidak umum.


Dia kembali ke dunia musik pada tahun 1983, dan saat ini mengomandani Damo Suzuki's Network - saat dia melakukan tur, dia menampilkan improvisasi pertunjukan musik dengan musisi lokal yang bervariasi, yang disebut "Sound Carriers".


Album band post-punk Inggris, The Fall rilisan tahun 1985, This Nation's saving Grace menampilkan sebuah lagu "I Am damo Suzuki," terinspirasi oleh dan didedikasikan kepada sang penyanyi. Band rock the Mooney Suzuki mengambil namanya dari Damo Suzuki dan vokalis Can sebelumnya Malcolm Mooney.

Suzuki juga melakukan kolaborasi dengan band-band lain seperti Dunkelziffer, Cul De Sac, Omar Rodriguez-Lopez, Safety Magic, Audiscape dan lain-lain.


Sejak tahun 1997 dia telah melakukan tur atau memainkan pertunjukan yang terpisah. Dia kini berdomisili di Koln.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...