Laman

Minggu, 17 Januari 2016

KID ROCK




Dilahirkan dengan nama Robert James Ritchie pada tanggal 15 Januari 1971, di Romeo, Michigan, sebuah kota pedesaan kecil di utara wilayah metro Detroit, di mana ayahnya yang memiliki dealer Lincoln-Mercury. Saat tumbuh dewasa, ia sering bentrok dengan ayahnya, yang mengakibatkan Ritchie meninggalkan rumah pada beberapa kesempatan saat remaja. Dia bereksperimen dengan obat-obatan dan kadang-kadang menjual ganja untuk menghabiskan uang, tetapi fokus utamanya adalah musik. Meskipun dibesarkan dengan album rock & roll klasik orangtuanya (Creedence Clearwater Revival, Bob Seger, dll), Ritchie juga tertarik dengan hip-hop. Ia membentuk kru break-dance sendiri, the Furious Funksters, dan mengasah keterampilan ‘scratch’-nya. Tak lama, ia melakukan DJ dan rap di klub dan pesta di seluruh wilayah Detroit, perlahan-lahan membangun reputasi yang membawa kesepakatan kontrak dengan Jive Records. 


Debutnya tahun 1990, Grits Sandwich for Breakfast, menjadikan Kid Rock sebagai pembuka pada tur Ice Cube dan memicu kontroversi ketika FCC mengancam denda stasiun radio kampus sebesar $ 23.750 untuk memainkan album penghormatan untuk oral seks, "Yo-Da-Lin in the Valley." Ancaman itu akhirnya dibatalkan dan begitu juga Kid Rock- Grits Sandwich telah gagal untuk terjual lumayan untuk tetap menjaga minat Jive. Dia kemudian menandatangani kontrak dengan indie label Continuum, yang merilis The Polyfuze Method pada 1993 dan EP berhaluan heavy metal Fire It Up. Keduanya gagal menjangkau audiens rock lokal Detroit. Gentar, Kid Rock meminjam $ 8500 dari ayahnya untuk mendirikan label sendiri, Top Dog, dan merilis sendiri album utuh ketiga, Early Mornin’ Stoned Pimp, pada tahun 1996. Album ini terjual lumayan untuk Kid Rock menarik perhatian dari Atlantic Records, yang mengontrak dia. 


Debut Atlantic-nya Rock Devil Without a Cause (Number Four, 1999) lambat keluar dari pintu gerbang namun mulai naik stabil di Billboard 200 sebagai pilihan radio rock dan MTV pada single campuran rap/metal album "I Am the Bullgod" ( Nomor 31 Mainstream Rock) dan "Bawitdaba" (Nomor 10 Modern Rock). Sebuah single ketiga, "Cowboy" (yang menampilkan campuran unsur Southern rock yang kotor dan country), ada di Nomor Lima di chart Modern Rock dan Nomor 82 di Hot 100. Pada tahun 1999-sepuluh tahun setelah album debut-nya Kid Rock dinominasikan untuk Best New Artist Grammy. (Dia kalah dari Christina Aguilera.) 

The History of Rock (Nomor Dua, 2000) menampilkan versi remix dan rekaman ulang lagu yang diambil dari karir pra-Atlantik dan beberapa lagu baru. Ia juga mengumumkan rencana untuk mengeluarkan berbagai proyek oleh anggota Twisted Brown Trucker Band-nya pada label Top Dog-nya yang didistribusikan Atlantic, dimulai dengan Double Wide (2000) oleh DJ-nya, Uncle Kracker. Sebuah album juga direncanakan untuk pendampingnya, Joe C. (lahir Joseph Calleja), tapi rapper kecil berusia 26 tahun ini, yang menderita penyakit gangguan pencernaan celiac, meninggal dalam tidurnya pada tanggal 16 November 2000. 

Tahun berikutnya Rock merilis Cocky (Nomor Tiga, 2001), tindak lanjut resminya ke Devil Without a Cause, yang menampilkan campuran rap/rock, Soyhtern rock dan materi baru country. Tahun itu, ia mulai membicarakan kecintaannya pada musik country dan Southern rock, dan muncul dengan Hank Williams Jr pada episode pertunjukan Crossroads CMT. Meskipun, seperti Devil Without a Cause, penjualan Cocky lamban pada awalnya. Tapi pada saat ia merilis single duet terbesar dengan Sheryl Crow dalam balada rock-country "Picture" (Nomor Empat, 2003) – albumnya terjual lebih dari empat juta kopi. "Picture", yang juga mencapai Nomor 21 di Hot Country chart single, mengisyaratkan perubahan besar dalam gaya untuk rap/rocker. Ketika ia kembali dengan self-titled Kid Rock (Nomor Delapan, 2004), transformasinya menjadi rocker klasik itu selesai. Album ini menelurkan tiga Top Forty Mainstream Rock hits-cover dari hit Bad Company pertengahan tujuh puluhan "Feel Like Makin' Love" (Nomor 33, 2004), "IAm" (Nomor 28, 2004) dan "Jackson, Mississippi" (Nomor 14, 2004) - serta Nomor 50 Hot Country single "Single Father." 


Setelah banyak tur, band rock-nya Kid Rock & the Twisted Brown Trucker Band merilis Live Trucker (Nomor 12, 2006), sebuah penampilan yang memberi penghormatan kepada album tahun 1976 legenda rock Detroit Bob Seger, Live Bullet. Kid Rock kembali tahun berikutnya dengan Rock N Roll Jesus (Nomor Satu, 2007), yang menghasilkan single "Amen" (Nomor 11 Mainstream Rock, Nomor 27 Modern Rock, 2007) dan "So Hott" (Nomor Dua Mainstream Rock, Nomor 13 Modern Rock, 2007), tapi benar-benar beristirahat ketika single sunny ketiga "All Summer Long" -yang menggabungkan “Werewolves of London”-nya Warren Zevon dan “Sweet Home Alabama”-nya Lynyrd Skynyrd – menjadi hit sukses di MTV dan radio, mencapai Nomor 14 di chart pop. 

Urusan Kid Rock diluar musik sering mengalahkan musiknya. Pada tahun 2001, ia memulai hubungan putus-sambung dengan Pamela Anderson, yang dinikahinya pada tahun 2006 dan kemudian segera bercerai lima bulan kemudian. Dia ditangkap beberapa kali pada penyerangan dan membayar denda, termasuk insiden tahun 2005 di mana ia memukul seorang DJ di sebuah klub strip, dan sepasang insiden tahun 2007 di mana ia terlibat perkelahian di Atlanta Waffle House. Rock terlibat pertikaian lebih dalam di depan umum ketika ia dan drummer Motley Crue (dan mantan suami Anderson) Tommy Lee terlibat perkelahian di MTV Video Music Awards. 

Rock telah mengatakan ia akan kembali ke akar hip-hop di album berikutnya, dan dalam sebuah wawancara pada akhir tahun 2009 menunjukkan bahwa dia mengerjakannya dengan produser Rick Rubin dan tamu T.I. dan Lil Wayne. Dia juga bernyanyi pada album solo self-titled oleh Slash, pada bulan April 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...