Laman

Rabu, 20 Januari 2016

PAUL STANLEY




Dilahirkan dengan nama Stanley Bert Eisen pada 20 Januari 1952, di Manhattan bagian atas dekat 211th Street dan Broadway; lingkungan Inwood dekat Inwood Hill Park. Dia adalah anak kedua dari dua anak, dan lahir dua tahun setelah kakaknya Julia. Keluarganya adalah Yahudi. Ibunya berasal dari keluarga yang melarikan diri Nazi Jerman ke Amsterdam, Belanda, dan kemudian ke New York City. Orang tua ayahnya berasal dari Polandia. Stanley dibesarkan secara Yahudi, meskipun ia tidak menganggap keluarganya sangat taat dan dia tidak menhadiri bar mitzvahed. Orangtuanya mendengarkan musik klasik dan opera ringan; Stanley sangat tersentuh oleh katya Beethoven. Telinga kanannya cacat dari lahir akibat mikrotia; ia tidak dapat mendengar di sisi itu, sehingga ia merasa sulit untuk menentukan arah suara, dan dia tidak bisa memahami pidato di lingkungan yang bising. Menghadiri PS 98, ia diejek oleh anak-anak lain untuk telinga cacatnya.


Meskipun masalah dengan pendengarannya, Stanley menikmati mendengarkan musik, dan ia menyaksikan American Bandstand di televisi. Seniman musik favoritnya antara lain Eddie Cochran, Dion and theBelmonts, Jerry Lee Lewis dan Little Richard. Stanley belajar menyanyi dengan keluarganya, dan ia diberi gitar anak-anak pada usia tujuh tahun.


Keluarga Stanley pindah ke lingkungan Kew Gardens di Queens pada tahun 1960. Ia mendengarkan banyak musik doo-wop, tapi ketika The Beatles dan The Rolling Stones bermain di televisi AS ia terinspirasi oleh aspek penampilan mereka, yang dia pikir jauh dari jangkauannya. Stanley menerima gitar pertama sebenarnya pada usia 13 tahun, sebuah gitar akustik yang ia sukai menjadi gitar listrik. Dia memainkan lagu-lagu oleh Bob Dylan, The Byrds, The Lovin' Spoonful dan banyak lagi. 

Selama masa kecilnya Stanley diakui memiliki bakat di seni grafis, sehingga ia belajar di the High School of Music & Art di New York City dan lulus pada tahun 1970. Meskipun keahliannya sebagai seorang seniman grafis, ia meninggalkannya sebagai karir, dan malahan bermain di band. 


Sebelum Kiss, Stanley berada di sebuah band lokal, Rainbow (tidak harus bingung dengan Ritchie Blackmore's Rainbow) dan juga anggota dari Uncle Joe and Post War Baby Boom. Melalui seorang teman dari Gene Simmons, Stanley bergabung dengan band Simmons Wicked Lester pada awal tahun 1970an. Band ini merekam album pada tahun 1972, tetapi belum secara resmi dirilis (meskipun lagu-lagu dari album ini muncul di box set Kiss tahun 2001). Wicked Lester bubar tak lama kemudian dan Stanley dan Simmons menjawab iklan Peter Criss di Rolling Stone (31 Agustus 1972): ".... Expd. Rock & Roll drummer looking for orig. grp. Doing soft & hard music" Segera setelah merekrut Criss, mereka mengadakan audisi untuk gitaris, dengan Stanley menempatkan iklan di Village Voice (14 Desember 1972). Meskipun apa yang diakui oleh Stanley, Criss, dan Simmons gemetar karena kesan pertama, Ace Frehley memenangkan perhatian grup lebih baik dengan bermain, yang diakui semuanya hampir cocok untuk suara grup ini, dan dengan gayanya, muncul untuk audisi memakai sepatu Converse dalam dua warna yang berbeda (satu merah, satu oranye). Kiss merilis album debut self-titled pada bulan Februari tahun 1974. 


Persona Stanley di Kiss adalah "The Starchild" memanfaatkan satu bintang di atas mata kanannya. Untuk waktu yang singkat, Stanley merubah karakter make-up – nya dengan "The Bandit", dengan desain tata rias bergaya topeng"Lone Ranger". Desain make-up ini hanya digunakan selama beberapa pertunjukan di pertengahan 1973. "Aku bahkan mencoba melukis wajah saya merah semua," akunya. "Aku tampak seperti tomat berambut panjang! Sebelum mantap dengan bintang, aku melukis lingkaran hitam di sekitar mata saya ... Kami masing-masing memakai sesuatu yang mencerminkan siapa kami. Aku selalu mencintai bintang dan selalu diidentikkan dengan mereka - jadi, ketika tiba saatnya untuk menempatkan sesuatu di wajahku, aku tahu itu adalah bintang.”


Dalam bukunya Sex Money Kiss, Gene Simmons mengatakan bahwa Stanley adalah kekuatan pendorong untuk Kiss selama periode pada tahun 1980an ketika band ini memutuskan untuk tampil tanpa tata rias. 

Pada tahun 2006, Stanley memperbaharui hubungannya dengan Washburn dan menggunakan Washburn PS2000. Sebelumnya, ia telah memiliki empat gitar signature yang dibuat oleh Silvertone, dan Ibanez Iceman dengan spesifikasinya, memiliki nama PS10.  


Pada tahun 2007 (sebelum pertunjukan final Hit 'N Run Tour pada tanggal 27 Juli), Stanley dirawat di rumah sakit karena tachycardia. Dalam ketidakhadirannya, Kiss tampil live sebagai trio untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade. Konser ini adalah penampilan Kiss yang pertama tanpa kehadiran Stanley.

Pada bulan September 2007, Stanley mengambil bagian dalam Rock 'n Roll Fantasy Camp sebagai bintang tamu untuk kedua kalinya di New York City. Pada tahun 2009 Stanley merekam 3 iklan suara untuk amal Kars4Kids. Stanley terus tur dengan Kiss; the KISS 2010 The Hottest Show on Earth our (kelanjutan dari the Sonic Boom Over Europe Tour yang juga merupakan kelanjutan dari Kiss Alive/35 World Tour) yang dimulai Maret 2010 dan berakhir di Guadalajara, Meksiko pada bulan Oktober. 


Stanley sangat jarang rekaman atau melakukan di luar Kiss. Dia menulis dan merekam materi untuk album solo di 1987-1988, yang dipetieskan untuk mendukung kompilasi Kiss, Smashes, Thrashes & Hits. Sementara tidak pernah secara resmi dirilis, lagu-lagu seperti "Don’t Let Go" dan "When Two Hearts Collide" telah beredar sebagai rekaman bootleg. Salah satu lagu dari proyek itu, "Time Traveler," dirilis sebagai bagian dari 2001 box set milik Kiss.
 
Pada tahun 1989, Stanley memulai tur klub singkat. Band tur-nya antara lain gitaris Bob Kulick dan calon drummer Kiss Eric Singer. Pada tahun yang sama, Stanley menyanyikan vokal utama pada judul lagu yang menjadi judul album untuk soundtrack dari film horror Wes Craven Shocker.  

Dua puluh delapan tahun setelah merilis album solo pertamanya (sebagai bagian dari empat album Kiss bersama yang secara bersamaan dirilis), Stanley merilis album kedua, Live to Win, pada 24 Oktober 2006. Judul lagu dari album solonya, "Live to Win ", muncul di episode South Park "Make Love, Not Warcraft ". Pada bulan Oktober dan November 2006, Stanley memulai tur teater dalam mendukung Live to Win. Band tur-nya adalah band tetap dari acara TV CBS, Rock Star, yang terdiri dari Paul Mirkovich (kibord), Jim McGorman (gitar), Rafael Moreira (gitar utama), Nate Morton (drum), dan Sasha Krivtsov (bass). Pada bulan April 2007, Stanley memperpanjang tur ke Australia, bermain di Coolangatta, Wollongong, Newcastle, Sydney, Melbourne, Perth dan Adelaide. Bagian dari tur difilmkan untuk sebuah film dokumenter berjudul Paul Stanley: Live to Dream oleh Film Foetus berbasis di Chicago. Penampilan band di House of Blues di Chicago diabadikan pada film dan dirilis pada tahun 2008 di DVD dan format download audio digital dengan judul One Live Kiss.


Pada tahun 2008, Stanley bernyanyi duet dengan Sarah Brightman, "I Will Be With You", pada album Symphony milik Brightman. 

Stanley cenderung untuk menyanyi dengan nada yang tinggi dari jangkauan vokalnya. Pada Music From "The Elder" ia bereksperimen dengan falsetto ("Just a Boy", "The Oath"). 

Pada tahun 1999, Stanley membintangi produksi Toronto dari The Phantom of the Opera, di mana ia memainkan peran Phantom. Dia muncul dalam musical itu dari 25 Mei - 1 Agustus, dan lagi tahun itu dari 30 September sampai 31 Oktober 1999. Stanley melakukan debut sebagai pelukis pada tahun 2006, memamerkan dan menjual karya seni asli. Stanley berkolaborasi dengan grup power pop berbasis Boston Click Five pada hit single mereka, "Angel To You (Devil to Me)". Di masa lalu, Stanley diminta untuk memproduseri album untuk Poison tapi ia tidak pernah bisa berkomitmen karena karyanya pada proyek Kiss. Namun, Stanley memproduseri album debut untuk band bernama New England. Single pertama dari album itu pada tahun 1978 berjudul "Don’t Ever Wanna Lose Ya" dan kemudian menjadi hit Top-40 pada tahun 1979.


Pada tanggal 15 Agustus 2013, Stanley, Gene Simmons dan manajer Doc McGhee menjadi bagian dari kelompok kepemilikan yang menciptakan tim L.A. Kiss Arena Football League, yang memainkan pertandingan kandang mereka di Honda Center di Anaheim, California.
Pada bulan April 2014, Stanley menerbitkan memoarnya, Face the Music: A Life Exposed. Dalam memoir itu, Stanley, yang Yahudi, menuduh mantan rekan seband Ace Frehley dan Peter Criss sebagai anti-Semitisme.

Hit Parader menempatkan dia di peringkat No. 18 pada daftar mereka Top 100 Metal Vocalists of All Time. Angket pembaca Gibson.com juga menempatkannya di No. 13 pada daftar mereka Top 25 Frontmen. 

Pada tahun 2001, istri pertama Stanley, aktris Pamela Bowen, mengajukan gugatan cerai setelah sembilan tahun menikah. Mereka memiliki satu anak, Evan Shane Stanley, lahir pada 6 Juni 1994. Pada tanggal 19 November 2005, Stanley menikah degan pacar lama Erin Sutton di Ritz-Carlton, Huntington di Pasadena, California. Mereka memiliki anak pertama mereka, Colin Michael Stanley, pada tanggal 6 September 2006. Pasangan itu memiliki anak kedua mereka, Sarah Brianna, pada 28 Januari 2009, di Los Angeles. Pada tanggal 9 Agustus 2011, mereka memiliki anak ketiga mereka, Emily Grace. 

Stanley telah memiliki dua operasi penggantian pinggul:pertama setelah tur "Rock the Nation" pada bulan Oktober 2004, dan yang kedua pada bulan Desember 2004 setelah komplikasi muncul dari operasi pertama. Dia telah mengumumkan bahwa ia akan membutuhkan operasi pinggul ketiga di masa depan. Dia menganggap degenerasi pinggul kirinya sebagai bagian produk dari ribuan pertunjukan yang dilakukan di sepatu platform yang sejak awal 1970-an. 


Pada bulan Oktober 2011, Stanley menjalani operasi pada pita suaranya. Dia berkata, "Aku menahan diri untuk standar yang lebih tinggi daripada yang lain. Dengan itu dalam pikiran, saya ingin memperbaiki beberapa masalah kecil yang datang daslam 40 tahun berkhotbah dalam rock 'n' roll."

Karena lahir cacat akibat microtia, Stanley adalah seorang duta besar untuk organisasi amal AboutFace, sebuah organisasi yang menyediakan dukungan dan informasi kepada orang-orang dengan perbedaan wajah. Dia telah muncul di acara-acara penggalangan dana dan video untuk meningkatkan kesadaran.

Penghargaan
  • Stanley dilantik ke the Long Island Music Hall of Fame pada tahun 2006.
  • Stanley mendapat penghargaan the Showman of the Year dari the Classic Rock Awards untuk tahun 2008
  • Stanley menerima the Classic Gold Telly Award untuk film konsernya One Live Kiss pada tahun 2009.
  • Stanley menerima the Sound Partners Lifetime Achievement Award dari the House Research Institute.
  • Stanley bersama dengan anggota Kiss asli, Gene Simmons, Peter Criss dan Ace Frehley dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...