Laman

Rabu, 20 Januari 2016

PAUL MASVIDAL




Dilahirkan dengan nama Paul Albert Masvidal di Puerto Rico pada 20 Januari 1971 dari pemimpin sipil dan bisnis Kuba-Amerika Raul Masvidal. Hari-hari awal Masvidal dihabiskan di daerah Miami di mana ia belajar gitar klasik sejak usia dini dengan Carlos Molina. Guru gitar Dave Weissbrot adalah pengaruh besar dan memacu kecintaan Masvidal pada jazz, gitar Steinberger, dan filsafat Timur; ia menjadi seorang inisiat untuk Kriya Yoga di akhir remajanya dan telah menjadi praktisi Buddha sejak tahun 2000, meskipun ia baru-baru ini mendapatkan hubungan dengan akarnya di Yudaisme. Masvidal bertemu drummer Sean Reinert pada tahun 1984 di Gulliver Academy dan segera mulai jamming dengan dia, membentuk pra-Cynic Crypha dan Seweed. 


Masvidal berbicara secara rinci tentang pengalamannya dalam kehidupan awalnya di beberapa posting dalam serinya "Metta Mind Journal", yang dia terbitkan di blog musik MetalSucks.


Cynic merilis empat demo dari tahun 1988 hingga tahun 1991, dengan Masvidal mengembangkan reputasi di kancah metal Florida untuk keahlian bermusiknya. Pada tahun 1989, ketika Masvidal di SMA, ia melakukan tur Meksiko sebagai gitaris pengganti band Death tetapi menolak undangan untuk bergabung secara permanen dengan band agar tetap berkomitmen untuk Cynic. Ini membuat banyak wartawan penasaran pada saat itu, karena Death muncul sebagai band bawah tanah berpengaruh dan populer, tetapi Masvidal tetap berpegang teguh dan mengaku sangat percaya pada Cynic. Namun, Masvidal kembali ke Death menggantikan gitaris James Murphy untuk jadwal di tur internasional Spiritual Healing pada tahun 1990, yang menyebabkan pada tahun 1991 untuk Masvidal dan sesama anggota Cynic Reinert direkrut oleh Death untuk merekam album "terobosan" Human. Selain itu, pada tahun 1991 Masvidal membantu band Chicago Master untuk merekam album mereka On the Seventh Day God Created ... Master. Masvidal menangani semua tugas gitar di album ini. Setelah menyelesaikan tur dunia mereka dengan Death, baik Masvidal dan Reinert kembali ke Cynic pada tahun 1992. 


Tahun 1993 Cynic merilis Focus di label Roadrunner, satu-satunya album Cynic yang direkam sampai 2008. Roadrunner merilis ulang Focus pada tahun 2004 sebagai edisi kolektor khusus karena permintaan yang tinggi. Masvidal juga merekam spin-off Cynic, Portal, namun tahun 2007 Cynic kembali melakukan tur, menampilkan Masvidal dan Reinert. 


Berbasis di Los Angeles, Masvidal belajar di Musician Institute dan juga membentuk band ethereal alternative Aeon Spoke dengan Reinert, digambarkan sebagai 'progressive ethereal rock' dan memiliki rilisan utuh pada tahun 2007 di SPV Records. Pada tahun 2004, band ini menerima pemutaran di Inggris untuk single Silence, antara lain BBC Radio 2 dan XFM, yang mengarah ke berbagai pertunjukan dan penampilan radio di UK. Tahun berikutnya, lagu Emmanuel muncul dalam film What the Bleep Do We Know!? dan band ini kembali ke Eropa. Lagu-lagu mereka juga muncul di serial tv Warner Brothers Smallville, One Tree Hill dan film Cry Wolf.


Masvidal juga menulis dan menampilkan musik untuk televisi dan film, kredit termasuk judul utama (kredit komposer) pada pertunjukan seri remaja NBC nominasi Emmy Operation Junkyard, film pendek The Yellow Umbrella, A Bride in Black, asisten Ben Vaughn dan musisi sesi untuk jaringan sitcom Carsey Warner That '70s Show dan 3rd Rock from the Sun. Masvidal memiliki perpustakaan lagu secara rutin yang ditampilkan pada jaringan dan televisi kabel dan juga berkolaborasi dengan penyanyi pop 80-an Terri Nunn. Penulis musik Jeff Wagner, di Mean Deviation, menyatakan bahwa "setiap penonton dari 3rd Rock from the Sun, That '70s Show, The Price Is Right, Queer as Folk, dan sejumlah program televisi acak mungkin telah sengaja menemukan anggota inti Cynic tanpa menyadarinya. Masvidal memproduksi album anak-anak untuk aktor Jim Carrey berjudul How Roland Rolls.


Masvidal menyelesaikan rekaman album baru Cynic berjudul Traced in Air, yang dirilis pada tanggal 17 November 2008 di Eropa dan 25 November 25 2008 di Amerika Serikat dengan pujian kritis. Sejak merilis Traced in Air, Masvidal telah melakukan tur dengan Cynic sebagai bagian dari beberapa paket tur besar, bermain dengan band metal populer seperti Opeth, Dream Theater, Mastodon, Meshuggah, Between the Buried and Me, dan The Faceless. Pada Hove Festival, Masvidal dan Cynic berbagi panggung dengan band yang lebih mainstream seperti The Killers, Arcade Fire, Modest Mouse, Slayer dan Queens of the Stone Age. Pada tahun 2010, Cynic merilis sebuah EP berjudul Re-traced, menampilkan ulang interpretasi dari beberapa lagu Traced in Air. Cynic merilis sebuah EP berjudul Carbon-Based Anatomy Anatomi ke seluruh dunia pada tanggal 11 November 2011 yang menerima ulasan positif. Cynic merilis catatan rekaman utuh ketiga berjudul Kindly Bent to Free Us pada 14 Februari 2014 menerima pujian kritis dari pers utama.


Masvidal muncul di album proyek Devin Townsend Deconstruction sebagai vokalis tamu pada lagu "Sumeria", bersama Joe Duplantier dari Gojira.
 
Ben Ratliff dari New York Times menyebut "lirik filosofis"-nya Masvidal, yang menyatakan bahwa ia adalah "musisi yang dapat memperluas rasa ketenangannya sendiri menjadi seni agresif, berkelas".


Sebagai penemu, Masvidal mengajukan paten sukses pada tahun 1999 (yang telah disetujui pada tahun 2002), yang melibatkan perangkat untuk membantu individu dengan suara cacat. Ketertarikan Masvidal ini berasal dari pekerjaan sukarelanya yang luas dengan pasien AIDS, orang sakit parah dan orang tua di daerah Los Angeles. 

Pada Mei 2014, ia, bersama dengan sesama anggota Cynic Sean Reinert, menyatakan ke public sebagai gay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...