Laman

Sabtu, 12 Desember 2015

TED NUGENT




Dilahirkan dengan nama lengkap Theodore Anthony Nugent di Redford, Michigan pada 13 Desember 1948, dan dibesarkan di metropolitan Detroit, Michigan, anak dari Marion Dorothy (nama gadis, Johnson) dan Warren Henry Nugent. Ayah Nugent adalah staf sersan Angkatan Darat, dan ia dibesarkan dalam rumah tangga yang sangat ketat. Dia pindah ke Palatine, Illinois saat mash remaja, dan memiliki dua abang : John dan Jeffrey, dan adik prempuan, Kathy. Dibesarkan secara Katolik, Nugent telah menyebutkan diri sebagai orang Katolik berkali-kali selama wawancara, dan menyatakan bahwa ia secara teratur hadir di gereja. Dia bersekolah di William Fremd SMA di Palatine, Illinois, kemudian dipindahkan setelah tahun pertamanya ke St. Viator SMA di Arlington Heights, Illinois.

Nugent telah merilis lebih dari 34 album dan telah menjual total selama karirnya lebih dari 30 juta rekaman. Dia dikenal di seluruh awal karirnya pada tahun 1970 untuk menggunakan ampli Fender, sebagian besar yang menjadi ciri khas sound-nya, dan memainkan gitar hollow-body Gibson Byrdland.
 
Tampil sejak 1958, Nugent telah melakukan tur setiap tahun sejak tahun 1967, rata-rata lebih dari 300 pertunjukan per tahun (1967-1973), 200 per tahun (1974-1980), 150 (1981-1989), 127 konser pada tahun 1990, 162 konser pada tahun 1991, 150 konser pada tahun 1993, 180 pada tahun 1994, 166 pada tahun 1995, 81 tahun 1996, Summer Blitz '97, '98, Rock Never Stop '99, 133 konser dengan Kiss 2K. Rencana Nugent di tahun 2005 yang terlibat tur denganpenyanyi-penulis lagu musik country Toby Keith, yang Nugent temui di Irak saat mereka berdua tampil di acara USO yang disponsori untuk pasukan koalisi. Nugent tur dengan musisi Detroit lokal Alex Winston selama musim panas 2007 dan 2008. 

Pada tanggal 4 Juli 2008, di Musik Teater DTE Energy di Clarkston, Michigan, Ted Nugent memainkan konser ke 6000 nya. Derek St. Holmes (penyanyi asli untuk band Ted Nugent), Johnny Bee Badanjek (drummer Mitch Ryder dan The Detroit Wheels), dan guru gitar Nugent dari 1958 Joe Podorsek semua bermain di atas panggung dengan berbagai lagu Nugent.


Edisi pertamanya dari The Amboy Dukes dimainkan di The Cellar, sebuah klub dansa remaja di luar Chicago di Arlington Heights, Illinois, dimulai pada akhir 1965, sementara Nugent adalah seorang siswa di St. Viator High School. "Band tetap" untuk the Cellar pada saat itu adalah Shadows Knight, meskipun Amboy Dukes akhirnya menjadi band tetap sampai penutupan klub. 

Single kedua The Amboy Dukes adalah "Journey to the Center of the Mind", yang menampilkan lirik yang ditulis oleh gitaris kedua The Amboy Dukes Steve Farmer. Nugent, seorang pegiat anti-narkoba yang bersemangat, selalu mengklaim bahwa ia tidak tahu bahwa lagu ini adalah tentang penggunaan narkoba. The Amboy Dukes (1967), Journey to the Center of the Mind (1968) dan Migration Rusty Day ( 1969) - semua rekaman pada label Mainstream - terjual cukup baik. Pada tanggal 5 April 1968, Nugent bersama dengan sekelompok musisi melakukan penghormatan kepada Martin Luther King dengan memainkan sejumlah sesi lagu folk, rock dan blues. Joni Mitchell bermain pertama, diikuti oleh Buddy Guy, Cactus, dan Jimi Hendrix. Musisi lain yang ikut adalah BB King dan Al Kooper.
 
Setelah menetap di sebuah peternakan di Michigan pada tahun 1973, Nugent menandatangani kontrak rekaman dengan label rekaman Frank Zappa, DiscReets Records dan merekam Call of the Wild. Tahun berikutnya, Tooth Fang & Claw (yang berisi lagu "Great White Buffalo", yang diaransemen dengan Rob Grange) memeperoleh basis penggemar untuk Nugent dan anggota Amboy Dukes lainnya. Perubahan personil hampir menghancurkan band, yang kemudian dikenal sebagai Ted Nugent & the Amboy Dukes. Nugent bersatu kembali dengan anggota lain dari Amboy Dukes di 2009 Detroit Music Awards, yang berlangsung pada 17 April 2009. Band psychedelic ini menerima kehormatan prestasi yang berbeda pada acara tersebut. The Dukes juga bermain bersama pada upacara tersebut, menandai penampilan di depan publik pertama mereka di lebih dari 30 tahun. 

Nugent menghapus nama band Amboy Dukes untuk selamanya pada tahun 1975, dan menandatangani kontrak dengan Epic Records. Derek St. Holmes (gitar, vokal), Rob Grange (bass) dan Clifford Davies (drum) adalah anggota band tambahan utama untuk album multi-latinumnya di tahun 1970an : Ted Nugent (1975), Free-For-All (1976) dan Cat Scratch Fever (1977). Album ini menghasilkan lagu andalan radio populer "Hey Baby", "Strangehod", "Dog Eat Dog", dan "Cat Scratch Fever". Selama tiga tahun inilah Nugent muncul sebagai pahlawan gitar bagi penggemar musik hard rock, banyak dari mereka tidak menyadari magang panjangnya dengan the Amboy Dukes. Lineup Band ini melakukan tur secara ekstensif, juga merilis album live multi-platinum Double Live Gonzo!, sampai perpecahan pada tahun 1978 ketika St Holmes dan Grange pergi. St Holmes digantikan oleh Charlie Huhn dan Grange oleh Dave Kiswiney. Davies pergi sekitar tahun 1982 setelah tinggal untuk merekam Weekend Warriors (1978), State of Shock (1979), Scream Dream (1980) dan Intensities in 10 Cities (1981). Album Intensities in 10 Cities menyertakan lagu kontroversial "Jailbait." 

Pada tanggal 8 Juli, 1979, Ted ada di program radio rock King Biscuit Flower Hour. Ini adalah siaran asli dari penampilan Ted dari Live at Hammersmith '79 yang telah direkam selama penampilan kedua pada malam di Hammersmith Odeon, London pada tahun 1979. Sebuah album dari program ini dirilis pada tahun 1997.
 
Selama era ini, Nugent terkenal karena pernyataannya bahwa ia tidak minum minuman beralkohol atau merokok tembakau atau ganja. Dalam sebuah wawancara untuk VH1 's Behind The Music, Nugent mengatakan hal ini disebabkan karena ayahnya setelah ditegur dia ketika dia pulang berbau alkohol setelah malam minum. Nugent telah menyatakan sebagai pengaruh pada gerakan straight edge, yang menghindari minum alkohol dan penggunaan narkoba. 

Nugent menyatakan mendapat pengaruh musiknya dari Vanilla Fudge, Jeff Beck, The Ventures, Wayne Cochran, Jimmy Page, Elvis Presley, The Beatles, The Yardbirds, Duane Eddy, Eric Clapton, Lonnie Mack, Steppenwolf, Mitch Ryder & Detroit Wheels, The Animals, Little Richard, Bo Diddley, Chuck Berry, Frank Zappa, dan Muddy Waters.

Selama periode 1982-1989, Nugent merilis serangkaian album solo cukup sukses. Pada tahun 1989, ia bergabung dengan supergrup Damn Yankees, dengan Jack Blades (bass / vokal, dari Night Ranger), Tommy Shaw (gitar / vokal, dari Styx) dan Michael Cartellone (drum). Album Damn Yankees (1990) menjadi hit, memperoleh multi-platinum di AS, berkat peran yang tidak kecil dari balada "High Enough". Video untuk lagu ini menampilkan Nugent dengan baju pendeta, dan kemudian dengan baju bergaris zebra selama solo gitar. Hal ini juga menandai penampilan pertama topi 'WhackMaster'nya.


Kembali ke karir solo, Nugent merilis Spirit of the Wild pada tahun 1995, album yang mendapatkan tanggapan baik. Album ini juga menandai kembalinya Derek St. Holmes ke band studio Nugent. Serangkaian perilisan arsip juga keluar pada 1990-an, menjaga nama Nugent dalam ingatan nasional. Dia juga mulai mengadakan acara radio di Detroit pada WWBR-FM ("102,7 The Bear, Detroit Rock Animal") dan mengambil alih kepemilikan di beberapa bisnis yang berhubungan dengan berburu. Dia menciptakan acara TV untuk beberapa jaringan; Wanted: Ted or Alive di Versus, Ted Nugent Spirit of the Wild di PBS dan The Channel Outdoor, serta Surviving Nugent dan Supergroup-Damnocracy di VH1.
 
Ted Nugent muncul pada rilisan David Crowder Band, Remedy di tahun 2007, bermain gitar pada lagu "We Won't Be Quiet". Ia mengumumkan tur "Trample the Walk, Hurdle the Dead" pada tanggal 21 April 2010. 


Pada tanggal 14 Maret 2011 Nugent merilis sebuah lagu baru, "I Still Believe", sebagai unduhan gratis melalui website-nya untuk pelanggan surat kabar nya. Pada bulan April 2011 Nugent mengumumkan bahwa mantan frontman Derek St. Holmes akan bergabung dengan band-nya untuk I Still Belive Tour-nya Nugent. 

Pada akhir 1990-an, Nugent mulai menulis untuk berbagai majalah. Ia telah menulis lebih dari 20 publikasi dan penulis buku laris New York Times God, Guns and Rock 'n' Roll (Juli 2000), Kill it and Grill It (2002) (ditulis bersama dengan istrinya, Shemane) , BloodTrails II: Truth About Bowhunting (2004), dan "Ted, White, and Blue: The Nugent Manifesto" (2008).
 
Nugent telah menikah dua kali dan memiliki delapan anak. Pada akhir 1960-an, sebelum pernikahan pertamanya, Nugent adalah ayah seorang anak, Ted (Mann) dan seorang gadis, yang ia serahkan untuk diadopsi pada saat masih bayi. Ini tidak diketahui umum sampai tahun 2010. Kedua saudara itu diadopsi secara terpisah dan tidak memiliki kontak dengan satu sama lain. si anak lelaki mempelajari identitas ayah kandungnya pada tahun 2010 melalui upaya sang anak perempuan untuk melakukan kontak dengan dia dan orang tua kandung mereka. Menurut laporan berita, Nugent selama bertahun-tahun telah membahas keberadaan anak-anak ini dengan anak-anaknya yang lain. 

Ia menikah dengan istri pertamanya, Sandra Jezowski, dari tahun 1970 sampai 1979. Mereka memiliki dua anak, anak Theodore Tobias "Toby" Nugent dan putri Sasha Nugent. Sandra meninggal dalam kecelakaan mobil pada tahun 1982.
 
Pada tahun 1978, Nugent memulai berhubungan dengan gadis asal Hawaii berusia 17 tahun Pele Massa. Karena perbedaan usia mereka tidak bisa menikah maka Nugent bergabung dengan orangtua Massa di penandatanganan dikumen untuk membuat dirinyanya sebagai wali hukum, sebuah pengaturan yang masuk peringkat No. 63 di majalah Spin pada bulan Oktober 2000 di daftar mereka "100 Sleaziest Moments in Rock".

Pernikahan keduanya adalah dengan Shemane Deziel, yang ia temui saat menjadi tamu di WLLZ-FM-nya Detroit, di mana dia adalah anggota staf berita. Mereka menikah pada tanggal 21 Januari 1989. Bersama-sama mereka memiliki seorang putra, Rocco Winchester Nugent.
 
Pada tahun 2004 Nugent terlibat dalam gugatan hukum tentang seorang anak yang dia miliki dengan Karen Gutowski pada tahun 1995. Hal itu diselesaikan, dengan Nugent diperintahkan untuk membayar $ 3.500 per bulan dalam pembiayaan anak. 

Nugent menderita gangguan pendengaran. Sebuah artikel majalah Rolling Stones November 2005 mencatat Nugent, antara lain, secara terbuka mengakui masalah pendengaran.

Nugent adalah pada Dewan Penasehat untuk Hunt Of A Lifetime Foundation, Inc. Dewan Penasehat Ted Nugent - Direktor of Spirit Source www.huntofalifetime.org
 
Sejak awal 1990-an Nugent telah menjadi populer dan dikritik karena keyakinan konservatif dan anti-nya obat dan sikap anti alkoholnya. Dia adalah juru bicara nasional untuk Drug Abuse Reistance Education (DARE), menganjurkan "natural highs" dapat ditemukan di sebuah gaya hidup luar ruangan.

Nugent saat ini menjabat di Dewan Direksi dari National Rifle Association (NRA).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...