Laman

Selasa, 16 Agustus 2016

TOMMY ALDRIDGE




Lahir pada 15 Agustus 1950 di Jackson, Mississippi, AS, adalah seorang drumer veteran untuk hard rock dan heavy metal. Tommy telah tercatat dengan berbagai band dan artis sejak 1970-an, seperti Black Oak Arkansas, Pat Travers Band, Ozzy Osbourne, Gary Moore, Whitesnake, Ted Nugent dan Thin Lizzy.


Pemain drum otodidak, Aldridge awalnya terinspirasi oleh musik-musik dari Cream, The Beatles, Jimi Hendrix dan Led Zeppelin. Para drumer seperti Joe Morello, Ginger Baker dan John Bonham adalah pengaruh besar saat Aldridge membangun gaya permainan drumnya. Aldridge sendiri sudah menjadi drumer berpengaruh, dan dianggap sebagai pelopor dari double bass drum.


Pada awal 1970an, Aldridge mulai memainkan musik asli dengan Alley Keith di Florida Pandhandle. Terinspirasi oleh para drumer seperti Louis Bellson dan Sam Woodyard, dia mulai menggunakan double-bass drum dan menjadi pelopr awal dari gaya permainan drum hard rock double kick drum. Dia kemudian mendapatkan pengakuan sebagai drumer dari grup southern rock Black Oak Arkansas, merekam beberapa album dengan band antara 1972 dan 1976. Tidak bahagia dengan banyak penggunaaan band dari hashish, Aldridge berusaha untuk pergi. Dia terpaksa pergi diam-diam di tengah malam dan kemudian "hide out in Chicago" setelah meninggalkan Black Oak Arkansas, saat manajemen band tidak memberikan kebebasan kontraknya. Satu setengah tahun melakukan tuntutan hukum, setelah itu dia bebas untuk rekaman lagi. Aldridge menghabiskan 1978 hingga 1981 dengan Pat Travers Band, merekam lima album pada saat itu.


Pada saat berpisah dengan Travers pada 1981, Alridge pindah ke UK dimana dia mulai bekerja dengan Gary Moore, merekam album Dirty Fingers pada 1981. Melalui Moore dia bertemu gitaris Randy Rhoads dan akhirnya bergabung dengan dia di band Ozzy Osbourne. Walaupun Aldridge dikreditkan dan gambarnya ada di sampul dari album album 1981 Osbourne, Diary of a Madman, Lee Kerslake yang sebenarnya memainkan semua bagian drum di rilisan asli. Aldridge mengatakan bahwa bekerja dengan Randy Rhoads sebagai "highlight of my career." Aldridge muncul di album Bark at the Moon milik Osbourne pada 1983 dan juga sepasang album live (Speak of the Devil dan Tribute) sebelum meninggalkan band pada 1983.



Kemudian, Aldridge, bersama dengan bassis dan mantan rekan band Ozzy Osbourne Rudy Sarzo, bergabung dengan virtuoso gitar/kibord Tony MacAlpine membentuk proyek singkat bernama MARS. Sebagai teman dekat, Alridge dan Sarzo kemudian masuk Whitesnake, yang saat itu sedang melakukan tur untuk mendukung album Whitesnake yang sangat sukses. Aldridge dan Sarzo kemudiamn tampil di album susulan milik band, Slip of the Tongue, dirilis pada 1989. Mengumumkan bahwa dia akan istirahat dari industri musik, frontman Whitesnake David Coverdale mengistirahatkan band setelah tur.


Menyusul jabatannya di Whitesnake, Aldridge bermain di band Manic Eden, dengan mantan rekan bandnya di Whitesnake Adrian Vandenberg dan Sarzo. Lineup band juga menyertakan mantan vokalis Little Caesar Ron Young.


Selama 1990an Aldridge bekerja dengan sejumlah band mulai Motorhead hingga Ted Nugent.


Dari 2002 Aldridge melakukan tur dengan Whitesnake bersama David Coverdale (vokal), Doug Aldrich (gitar), Reb Beach (gitar), Marco Mendoza/Uriah Duffy (bass) dan Timothy Drury (kibord). Aldridge meninggalkan Whitesnake pada 2007 untuk menjalani musik lainnya.


Dari 2007 hingga 2009 Aldridge melakukan tur dengan Thin Lizzy bersama Scott Gorham, John Sykes dan marco Mendoza. Bagian solo drumnya di tur Thin Lizzy ini termasuk perkusi "hands-only" dimana dia memainkan snare, tomtom, dan cymbal tanpa stick seperti yang dia lakukan saat tur dengan Black Oak Arkansas, Pat Travers, Ozzy Osbourne dan Whitesnake.


Tommy adalah seorang klinikis drum yang diminati sejak awal 1980an, dan tidak peduli dengan siapa dia bekerja, kebanyakan pekerjaannya melibatkan klinik drum dan festival setiap tahun.



Diumumkan bahwa Thin Lizzy bersama The Answer, akan mendukung AC/DC di pertunjukan stadion di Inggris, Irlandia dan Skotlandia dan pada akhir Juni 2009, tapi pemunculan ini dibatalkan setelah Tommy mengalami patah tulang dalam sebuah kecelakaan. Pada 30 Juni, situs band mengumumkan bahwa John Sykes meninggalkan Thin Lizzy dan semua pertunjukan untuk sisa 2009 ditunda atau dibatalkan. Gorham mengatakan bahwa dia akan mengumumkan rencana masa depan Thin Lizzy segera. Pada Mei 2010 Thin Lizzy tidak menyertakan Aldridge di lineup baru, karena proses pemulihan dari cedera itu dan drumer asli Brian Downey kembali.


Pada 25 Januari 2013, diumumkan bahwa Tommy bergabung kembali dengan mantan bandnya Whitesnake untuk ketiga kalinya dan adalah drumer mereka hingga kini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...