Laman

Jumat, 26 Agustus 2016

GEOFF DOWNES




Dilahirkan pada 25 Agustus 1952 di Stockport, Cheshire, Inggris dengan nama lengkap Geoffrey Downes. Dia sangat dikenal sebagai anggota dari duo new wave The Buggles, band progressive rock Yes, dan supergrup Asia.

Downes menciptakan The Buggles dengan Trevor Horn pada 1977. Setelah 3 tahun dalam penulisan lagu dan proses rekaman, The Age of Plastic, dirilis pada 1980. Kini dikenal sebagai album yang sangat berpengaruh dan sebuah lambang dari era electropop, album itu juga menelurkan singel "Video Killed the Radio Star", yang menjadi no. 1 di 16 negara. Pada tahun yang sama, baik Horn dan Downes bergabung dengan Yes dan merekam album Drama sebagai bagian dari band. Namun pada tahun berikutnya, Yes dibubarkan.


Setelah berakhirnya Yes, Downes dan Horn mulai mengerjakan album kedua Buggles, Adventures in Modern Recording, yang dirilis pada 1981. Pada tahun yang sama, Downes mendirikan Asia dengan sesama anggota Yes Steve Howe, mantan anggota King Crimson John Wetton, dan mantan drumer Emerson, Lake & Palmer Carl Palmer. Hasil komersil yang lemah akan Adventures in Modern Recording, waktu yang padat Downes dengan Asia dan Horn ingin fokus untuk menjadi produser, membawa pembubaran bagi The Buggles. Tak lama kemudian Yes terbentuk kembali pada 1983, tanpa mereka, tapi dengan Horn sebagai produser.


Sejak 1981, Downes tampil dengan Asia dan merilis 14 album dengan mereka (band bubar pada 1986, tapi dia bergabung kembali pada 1990 setahun setelah terbentuk kembali), sementara itu juga merilis album solo (termasuk beberapa album dengan Wetton), dan bertindak sebagai produser rekaman untuk berbagai artis antara lain Mike Oldfield dan Thompson Twins. Saat dia menjadi satu-satunya anggota asli yang tersisa sejak 1993, Downes melakukan reuni dengan lineup asli Asia pada 2006, termasuk Howe yang telah bergabung kembali dengan Yes. Pada 2011, Downes kembali ke Yes 30 tahun setelah penampilan pertamanya dengan band, dan merilis album keduanya dengan mereka, Fly from Here. Album itu, diproduseri oleh Horn, menampilkan materi dari duo itu yang aslinya digubah untuk The Buggles. Downes kini menjadi anggota baik Asia dan Yes; juga, dia kadang-kadang melakukan reuni dengan Horn untuk membawakan musik Buggles sejak 1998.


Downes sudah masuk dalam Guinness Book of Records untuk menampilkan permainan keyboard dengan 1 penampilan tunggal, dengan sebuah recoder berjumlah 28 track.

Pada sebuah wawancara pada Desember 2006, Downes mengatakan 3 orang pemain yang telah memberikan pengaruh padanya adalah Rick Wakeman (Yes), Keith Emerson (Emerson, Lake & Palmer) dan terutama Dave Sinclair (Caravan). Pada wawancara pada Agustus 2015, Downes mengatakan band Inggris favoritnya adalah King Crimson, dengan Journey, Kansas dan Foreigner sebagai band-band Amerika favoritnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...