Laman

Minggu, 28 Agustus 2016

ALEX LIFESON




Dilahirkan pada 27 Agustus 1953 di Fernie, British Columbia, Canada dengan nama Aleksandar Živojinović dari orang tua imigran Serbia, Nenad dan Melanija Zivojinovich (Serbia: Živojinović), dan dibersarkan di Toronto. Dia mengambil nama panggung "Lifeson" dari terjemahan nama "Zivojinovich", yang berarti 'son of life" dalam bahasa Serbia. Dia mengenal pelatihan musik secara formal pertama kali saat bermain viola, yang dia tinggalkan untuk bermain gitar pada usia 12 tahun. Gitar pertamanya adalah hadiah Natal dari ayahnya, sebuah gitar akustik merk Kent yang kemudian ditingkatkan menjadi model gitar listrik buatan Jepang. Selama masa remajanya, dia terpengaruh oleh gaya permainan Jimi Hendrix, Pete Townshend, Jeff Beck, Eric Clapton, Jimmy Page, Steve Hackett dan Allan Holdsworth.

Tetangga Alex yang bernama John Rutsey mulai bereksperimen pada seperangkat drum sewaan. Pada 1963, Alex dan John membentuk band bernama The Projection, yang akhirnya berubah nama menjadi Rush pada Agustus 1968 setelah perekrutan bassis dan vokalis orisinil Jeff Jones. Seorang teman Alex saat SMA yang bernama Geddy Lee menggantikan posisi Jeff Jones tidak lama berselang. Rush merilis album debut studio mereka pada 1974. Tak lama kemudian John Rutsey digantikan oleh Neil Peart.


Rush mengambil cuti dari dunia musik selama beberapa tahun mulai 1997 karena drumer Neil Peart mengalami tregedi pribadi dalam hidupnya, dan Alex tidak memainkan gitarnya selama setahun setelah peristiwa itu. Namun, setelah berkarya di studio rumahnya dengan beberapa karya, Alex kembali ke Studio dengan Rush untuk mulai mengerjakan album Vapor Trails yang dirilis pada 2002. Hingga kini, Alex bersama Rush telah menghasilkan album studio sebanyak 20 buah. Album teranyar Rush adalah Clockwork Angels yang dirilis pada Juni 2012.


Saat Rush cuti Alex mengerjakan proyek solo pertamanya, Victor, yang dirilis pada 1996. Judul album dan nama band diambil dari sajak karya W.H. Auden, yang juga berjudul "Victor". Baik putranya, Adrian, maupun istri Alex, Charlene juga berkontribusi pada album tersebut. Sebuah album lanjutan, juga kemungkinan berisi vokal oleh Sarah McLachlan, diberitakan akan dirilis pada akhir 1990-an, tapi tidak jadi dirilis karena kurangnya dukungan dari Atlantic Records terhadap album pertama.

Selain dengan Rush, Alex juga menjadi musisi tamu atau produser bagi artis-artis lain. Dia menjadi musisi tamu pada album milik Platinum Blonde yang dirilis pada 1985 dengan judul Alien Shores menampilkan solo gitar pada lagu "Crying Over You" dan "Holy Water". Kemudian, pada 1990, dia muncul di album milik Lawrence Gowan berjudul Lost Brotherhood sebagai gitaris. Pada 1995, dia menjadi bintang tamu pada 2 trek di album milik Tom Cochrane berjudul Ragged Ass Road dan kemudian pada 1996 pada lagu "Like a Girl" milik I Mother Earth dari album Scenery and Fish. Pada 1997 dia muncul pada album Merry Axemas: A Guitar Christmas. Pada 2006, Alex mendirikan The Big Dirty Band, dimana ditujukan untuk menyiapkan materi soundtrack untuk Trailer Park Boys: The Movie. Alex menjadi gitaris tamu pada album Fear of a Blank Planet oleh band progressive rock asal UK, Porcupine Tree, pada lagu Anesthesize. Dia juga muncul pada album Fly Paper yang dirilis pada 2008 oleh band progressive rock asal Detroit, Tiles, pada trek "Sacred and Mundane". Alex membuat komposisi tema untuk musim pertama seri tv fiksi ilmiah Andromeda. Dia juga memproduseri 3 buah lagu dari album Away from the Sun oleh 3 Doors Down.

Gaya permainan gitar Alex telah memberi pengaruh pada gitaris-gitaris antara lain: Michael Romeo, Brendt Allman, John Petrucci, Marcel Koenen, Jim Matheos, Vinnie Moore, Alex Skolnick, Paul Gilbert, Andreas Kisser, dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...