Laman

Minggu, 21 Agustus 2016

DIMEBAG DARRELL


Dilahirkan dengan nama Darrell Lance Abbott pada 20 Agustus 1966 di Ennis, Texas, AS, dari pasangan Carolyn dan Jerry Abbott, seorang musisi dan produser musik country. Sebelum menginginkan gitar, dia minta sepeda BMX kepada orang tuanya. Dia belajar gitar saat berusia 12 tahun, sebuah gitar Hondo Les Paul dengan sebuah amplifier kecil. Setelah memenangkan serangkaian kompetisi gitar lokal, yang sering diadakan di Agora Theatre and Ballroom di Dallas, Texas, dia memenangkan penghargaan sebuah gitar Dean ML. Kemudian menjual gitar itu kepada luthier Buddy Blaze, yang memasang Floyd Rose bridge dan memberi gambar petir milik Abbott: Blaze mengembalikannya beberapa tahun kemudian. Secara kebetulan, ayahnya juga membelikannay sebuah Dean ML di pagi hari sebelum dia ikut kompetisi, tapi dengan model cherry sunburst. Abbott bertemu dengan pacarnya Rita Haney saat masih muda.

Gaya permainan Abbott terpengaruh oleh Randy Rhoads, K.K. Downing & Glenn Tipton, Ritchie Blackmore, Steve Clark & Pete Willis, Tony Iommi, Angus Young, Adrian Smith & Dave Murray, Ace Frehley, Kirk Hammett, Kerry King & Jeff Hannemann, Michael Schenker, Eddie Van Halen, dan Billy Gibbons.



Abbott membentuk Pantera pada 1981 dengan kakaknya Vinnie Paul pada drums. Band ini bermain dengan band-band thrash metal seperti Slayer, Megadeth, Venom, dan Metallica juga band-band tradisional seperti Black Sabbath, Iron Maiden, Motorhead, dan Judas Priest. Tak lama sebelum penyanyi Phil Anselmo bergabung dengan Pantera, Abbott diundang oleh Dave Mustaine untuk bergabung dengan Meagdeth. Abbott mau bergabung, tapi dengan syarat bahwa Mustaine juga menyewa kakaknya Vinnie pada drums. Karena Mustaine telah menyewa drumer Nick Menza, Abbott bertahan dengan Pantera.

Pantera mulai mengalami ketegangan tinggi antara para anggota band pada pertengahan 1990-an, karena ketergantungan obat bius tingkat tinggi yang dialami vokalis Phil Anselmo.



Pada 2001, grup menyatakan hiatus, di saat ini Anselmo mempunyai proyek sampingan, seperti Superjoint Ritual dan Down. Hal ini makin memperuncing masalah dalam band, saat Abbott dan Paul menunggu Anselmo untuk dapat bekerja  dengan mereka lagi. Frustrasi dengan Anselmo membuat mereka memutuskan untuk membubarkan Pantera pada 2003.

Setelah 1 tahun, Vinnie dan Dimebag membentuk Damageplan, sebuah band heavy metal yang mempunyai sound bergaya groove metal ala Pantera. Abbott bersaudara merekrut mantan gitaris Halford Pat Lachman pada vokal, dan Bob Zilla pada bass. Damageplan merilis album debutnya New Found Power di AS pada 10 Februari 2004, yang langsung berada di No. 38 di Billboard 200, terjual sebanyak 44.676 kopi pada minggu pertama penjualannya.


Pada 8 Desember 2004, Darrell ditembak di panggung saat konser bersama Damageplan di Alrosa Villa di Columbus, Ohio. Oleh seorang mantan marinir, Nathan Gale (25 tahun) menggunakan pistol Beretta 92FS caliber 9 mm. Gale menembak Darrell sebanyak tiga kali tepat di kepalanya. saat tembakan pertama, beberapa penonton mengira bahwa penembakan itu adalah bagian dari konser, namun, mereka curiga sebab Gale masih terus menembaki Darrell, dan akhirnya penonton sadar bahwa tembakan itu bukan bagian dari konser. Setelah melepas total lima belas tembakan, Gale menewaskan empat dan melukai tujuh lainnya.

Jeff "Mayhem" Thompson, kepala keamanan band, tewas ketika berusaha menangkap Gale. Nathan Bray ( penonton) tewas ketika mencoba untuk melakukan CPR pada Abbott dan Thompson. Ada rumor bahwa salah satu penonton melompat di depan pria bersenjata itu (Gale) untuk menyelamatkan nyawa anggota band. Teknisi drum Damageplan John "Kat" Brooks, juga terkena tembak sebanyak tiga kali ia berusaha untuk merebut senjata itu dari Gale.

Sebanyak tujuh orang polisi masuk melalui pintu depan dan bergerak menuju panggung. Petugas James Niggemeyer masuk melalui pintu belakang bergerak kearah belakang panggung. Gale hanya melihat petugas yang ada di depan panggung; ia tidak melihat Petugas Niggemeyer, yang dipersenjatai dengan Remington 870 kaliber 12 . Akhirnya, Petugas Niggemeyer mendekati Gale dari sisi berlawanan dari panggung untuk menghindari sandera dan melepaskan satu tembakan tepat saat Gale memandang ke arah Niggemeyer, Niggemeyer terus menembak tepat di wajah Gale sebanyak delapan kali, Gale pun terbunuh seketika.

Dua orang penggemar melakukan CPR pada Darrell sampai paramedis tiba, Namun, Darrell dinyatakan meninggal di tempat kejadian.

Ada sebuah teori yang menyatakan bahwa, Gale adalah penggemar berat Pantera, mungkin ia marah karena pecahnya Pantera, atau karena perseteruan antara Darrell dan Phil Anselmo, tetapi teori ini kemudian ditepis oleh penyidik. Teori lain menyatakan bahwa Darrell telah mencuri sebuah lagu yang telah ditulis oleh Gale. Sekitar 6 bulan sebelum penembakan itu, Gale masuk ke sebuah perkelahian di sebuah konser Damageplan di Cincinnati.

Pada bulan Desember 2006, sebuah lagu kolaborasi langka ditemukan. Sebuah lagu karya Dimebag Darrell yang bekerjasama dengan musisi local Dallas "Throbbin Donnie" Rodd dan merekam lagu " Country Western Transvestite Whore ". Dalam lagu tersebut Darrell sebagai gitar utama dan vokal. Dimebag Darrell, Vinnie Paul dan Rex (selama Era Pantera) dan bersama Bob Zilla (di Era Damageplan) selalu melakukan pesta tahun baru mereka dengan konser bertajuk " Gasoline ", awalnya nama kelompok ini “Dimebag dan Vinnie plus” Thurber T. Mingus dan Stroker dari “Pumpjack”.

Darrell, Vinnie dan Rex juga merekam cover lagu dari ZZ Top, seperti lagu "Heard It on the X" dengan nama band "Tres Diablos" untuk ECW (gulat) . Pada tahun 2012, trek yang belum pernah dirilis sebelumnya, "Twisted", dengan Darrell pada vokal dan gitar, digunakan dalam video promosi untuk Elephant (Merek Skateboards).

Dalam berbagai wawancara, Dimebag Darrell menyatakan bahwa riff-nya sebagian besar dipengaruhi oleh Tony Iommi (Black Sabbath). Iommi juga mempengaruhi gaya tone and tuning gitarnya yang sering bernada dasar D ♭ atau lebih rendah. Pantera juga meng-cover bebrapa lagu dari Black Sabbath. Seperti lagu "Planet Caravan", "Hole in the Sky" dan "Electric Funeral". Eddie Van Halen juga berpengaruh besar dalam permainan gitar Dimebag Darrell. Darrell mempelajari lagu "Eruption" nada demi nada dan lagu ini Ia mainkan hamper setiap hari.

Pete Willis (Def Leppard) juga mempunyai pengaruh besar bagi Darrell. Dalam majalah Guitar World, Darrell berkata; "Album Def Leppard yang pertama benar-benar hebat, dan gitaris asli mereka (Pete Willis) adalah seorang gitaris yang hebat”.

Pada akhir 1980-an, era genre Power Metal, Dimebag Darrell sering men-cover lagu dari Joe Satriani, seperti lagu "Crushing Day". Ia juga memasukkan unsur permainan Joe Satriani, seperti lagu "Echo", ke live guitar solonya. Darrell mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Guitar World bahwa chord di intro lagu "Cemetery Gates" dipengaruhi oleh chord yang banyak ditemukan di lagu Ty Tabor 's (King’s X). Seperti halnya Billy Gibbons, Darrell sering memanfaatkan pentatonic scale dan pinch harmonics disetiap solo dan gitar ritemnya.

Tiga solo gitar dari Darrell masuk dalam kategori 100 sepanjang masa versi majalah Guitar World Top 100 of all-time pada lagu: "Walk" (peringkat no. 57), "Cemetery Gates" (No. 35), dan "Floods" (No. 15). Darrell menyatakan bahwa "Eddie Van Halen adalah heavy rock and roll, tapi Randy adalah heavy metal".

Eddie Van Halen adalah teman dekat Darrell. Eddie mempunyai sebuah gitar berwarna hitam dengan garis-garis kuning (biasa disebut " bumblebee”) dari produsen gitar Charvel. Semasa hidupnya, Darrell mengatakan pada Eddie bahwa warna gitar Bumblebee adalah kombinasi warna favoritnya, dan beberapa bulan sebelum kematian Darrell, Eddie telah mengizinkan Darrell untuk menyalin warna-warna tersebut. Setelah mendengar tragedi kematian Darrell, Eddie menawarkan untuk menempatkan original gitarnya (Bumblebee ) kedalam peti mati Darrell. Menurut pacar Darrell Rita, Van Halen menyatakan: " Dime was an original and only an original deserves the original!". Vinnie Paul juga mengatakan "If he had known he would be buried with this guitar, he would have said 'shoot me now!'".

Dimebag Darrell di endorse oleh Dean Guitars sejak tahun1980-an. Cintanya pada gitar karya Dean Guitars dimulai pada saat ia masih muda. Setelah dengan Dean Guitars selesai, ia bekerja sama dengan Washburn gitar untuk menciptakan sebuah gitar seperti Dean ML yang sering ia gunakan. Setelah Kontraknya dengan Washburn berakhir. Ia kembali bekerjasama dengan Dean Guitars yang telah dibuka kembali dengan Darrell. Namun, sebelum ia sempat menandatangani kontrak dengan Dean, produsen gitar favorit seumur hidup, kematian pun lebih dulu mendatanginya.

Dimebag Darrell mempunyai beberapa koleksi gitar yang lain, seperti blue Hamer ML, white ML from 1984, red ML untuk pembuatan video lagu 'This Love', dan dua gitar Jackson Rhoads.

Gitar “Dean From Hell” milik Darrell menggunakan Bill Lawrence guitar pickup. Namun, Perusahaan Pickup ternama; Seymour Duncan juga membuatkan pickup signature untuk Darrell yang bernama “Dimebucker”, model setelah original Bill Lawrence pickup L-500XL. Setelah pabrik Dean ditutup pada tahun 1994 ia menandatangani kontrak dengan Washburn, namun, ia kembali ke Dean lagi pada tahun 2004.

Beberapa bulan sebelum kematiannya Dimebag Darrell merancang gitar bernama “Razorback”, gitar tersebut adalah versi modifikasi dari DeanML. Gitar yang lebih runcing dan memiliki duri tambahan di sayap. beberapa variasi juga ditambahkan pada Razorback, seperti 24-fret, cat yang berbeda, maple top, menggunakan EMG pickup, dan juga di-desain dengan versi berbentuk V “Razorback V”.

Permainan Darrell banyak dipuji para gitaris karena pemilihan nada instrumentalnya. sehingga Darrell termasuk dalam "The 50 Greatest Tones of All Time" versi majalah Guitar Player. Ramah pada para penngemar, Darrell digambarkan oleh Allmusic sebagai "salah satu gitaris yang paling berpengaruh dalam genre metal modern.

4 komentar:

  1. Saya fans sejati dimebag darrell dan saya sangat menyukai band PANTERA...

    BalasHapus
  2. Dime is no.1 guitarist in the world for heavy metal.

    BalasHapus
  3. Lagu cametery gates bila dengar pasti sy teringat kat dimebag darrell....sy sgt merindui beliau

    BalasHapus
  4. Eddie Van Halen adalah guru dimebag R I P

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...