Laman

Rabu, 31 Agustus 2016

ROLAND GRAPOW




Diahirkan pada 30 Agustus 1959 di Hamburg, Jerman. Dia dikenal sebagai mantan gitaris Helloween, selama 12 tahun setelah menggantikan gitaris pendiri Kai Hansen. Dia juga dikenal sebagai pemimpin dari band power metal Masterplan.

Dia mulai bermain gitar pada usia 12 tahun. Ayahnya membelikan Roland sebuah gitar dan memasukkan Roland ke sebuah tempat les gitar, tapi Roland tidak mengerti bagian teori gitar dan gurunya mengatakan kepada ayah Roland bahwa Roland tidak berbakat bermain gitar.


Pengaruh musikalnya adalah Grand Funk Railroad, Rainbow, Deep Purple, Toto, Foreigner, Kansas, Styx, Judas Priest, Scorpions, MSG, Yngwie Malmsteen, dan masih banyak lagi.


Sebelum bergabung dengan Helloween, Roland merupakan anggota dari band heavy metal Rampage. Dia bergabung dengan band itu pada 1979, dan bermain di 2 buah album studio mereka "Victim of Rock" pada 1980, dan "Love Lights Up The Night" pada 1982. Dia meninggalkan Rampage pada 1983. Dia kemudian hamour tidak aktif hingga bergabung dengan Helloween pada 1989. Roland bermain pada album-album Pink Bubbles Go Ape, Chameleon, Master of the Rings, The Time of the Oath, High Live, Better Than Raw, Metal Jukebox, dan The Dark Ride.


Selama masih dengan Helloween dia juga membuat proyek solo. Rilisan pertama, The Four Seasons of Life, menampilkan anggota Helloween yang menjadim musisi pendukung, dengan Roland menyanyi dan bermain gitar. Pada album kedua, Kaleidoscope, mantan dan anggota dari band Yngwie Malmsteen menjadi musisi pendukung.


Pada 2001, Roland dan rekan seband Uli Kusch dipecat dari Helloween karena perbedaan musikal dan pribadi. Pada 2012, dalam sebuah wawancara dengan Chief Editor Metal Shock Finland, Mohsen Fayyzi, Grapow menyatakan:


“Saya merasa sangat kerasan di Helloween. Di pertengahn tur saya mengatakan sesuatu pada Michael dan Markus dan saya mengatakan opini saya tentang sesuatu. Saya ingin membuat sesuatu yang terbaik untuk band saya pikir mereka menyalahartikan saya, seperti saya ingin menjadi pimpinan. Saya sudah mengatakan kebenaran dan itulah saya… Itu adalah masa yang hebat di Helloween…tapi saya bahagia saat saya meninggalkan band setelah Dark Ride karena itu adalah salah satu album favorit saya, album itu sangat merubah hidup saya.”


Roland dan Kusch memutuskan untuk melanjutkan proyek sampingan yang telah mereka rencanakan dan membentuk band Masterplan dengan mantan penyanyi Ark dan The Snakes Jorn Lande. Setelah Kusch meninggalkan band pada 2006, Roland menjadi pimpinan dan penulis lagu utama dari Masterplan.


Pada 2015 dia terlibat dalam dua buah supergrup: Serious Black, yang terdiri dari bassis Mario Lochert (Visions of Atlantis), gitaris Domik Sebastian (Edenbridge), vokalis Urban Breed (Bloodbound, Pyramze), dan drumer Alex Holzwarth (Rhapsody of Fire). Setelah merilis album As Daylight Breaks pada 2015 dia meningalkan band dan digantikan oleh Bob Katsionis (kibordis dan gitaris Firewind). Yang lain adalah Level 10, yang selain Grapow juga menampilkan gitaris Alex Beyrodt (Primal Fear, Silent Force), bassis Mat Sinner (Primal Fear, Silent Force, Sinner), drumer Randy Black (W.A.S.P., Primal Fear, Annihilator), kibordis Alessandro Del Vecchio (Voodoo Circle, Eden's Curse) dan vokalis Russell Allen (Symphony X, Adrenalin Mob). Level 10 sudah merilis album Chapter One pada 2015.



Roland saat ini tinggal di Zvolenska Slatina, Slovakia, dimana dia bekerja sebagai produser musik di studio miliknya. Pada 2011 dia mencampur album Motherland untuk band metal progresif Italia Daedalus dan bermain solo gitar pada lagu Underground. Dia juga memproduseri band metalcore Ceko X-Core pada album dan debut mereka “In Hell” dan juga rekaman mereka berikut “Life and Stuff”. Band powrr metal Ceko lainnya Eagleheart merekam album kedua mereka “Dreamtherapy” untuk Scarlet Records, dengan Grapow memporduseri, mencampur, membuat master dan menjadi vokal tamu dan solo gitar. Dia juga memproduseri band symphonic metal Slovakia Anthology dan album mereka “The Prophecy”. Kerja kolaborasinya pada album solo yang diakui milik gitaris Tony Hernando “Actual Events” (menampilkan Mike Terrana pada drum) membawanya untuk mengerjakan album oleh band metal Spanyol terkenal Saratoga (dengan Tony Hernando pada gitar), “Secretos y revelaciones” (2009) dan “Nemesis” (2012). Roland Grapow terus berkolaborasi sebagai produser untuk band baru yang dibentuk oleh Tony Hernando dengan sensasi vokal baru Ronnie Romero, Lords of Black, dengan sebuah album debut yang mendapat pengakuan pada 2014 dan sebuah album baru “II” yang dirilis oleh Frontier Music pada 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...