Laman

Rabu, 24 Agustus 2016

DEAN DeLEO


Dilahirkan pada 23 Agustus 1961 di Montclair, New Jersey, AS. DeLeo dan adiknya Robert tumbuh di komunitas Jersey Shore di Point Pleasant Beach.

Adik Dean, Robert bertemu dengan vokalis Scott Weiland di sebuah konser Black Flag. Robert kemudian memperkenalkan Dean pada Scott dan sebuah ide untuk membentuk sebuah band terjadi. Dean adalah seorang gitaris dan Robert meyakinkannya untuk bergabung. Mereka kemudian bertemu dnegan drummer Eric Kretz, dan band kemudian terbentuk. Mereka menggunakan nama Mighty Joe Young, terinspirasi oleh film dengan judul yang sama. Mereka manggung di banyak bar di wilayah Hollywood, dan pada akhirnya mendapatkan kesepakatan rekaman dengan Atlantic Records pada 1992. Namun, mereka dipaksa untuk merubah nama mereka, karena nama “Mighty Joe Young” sudah dipergunakan. Weiland memutuskan nama “Stone Temple Pilots”; walaupun dia menyatakan bahwa nama itu tidak memiliki arti yang jelas, dia hanya menyukai inisial “STP”.


Band secara cepat menjadi terkenal dengan rilisan album debut mereka Core, yang terjual lebih dari 8 juta buah. Penjualan rekaman itu didahului dengan perilisan single-single “Sexy Type Thing” dan “Plush”, dan membantu memantapkan Stone Temple Pilots sebagai salah satu dari banyak banya grunge yang terkenal pada awal 1990an. Namun, mereka diberi kritikan karena terlalu komersil dan mengambil keuntungan dari para penggemar grunge. Dengan album kedua mereka Purple, mereka merubah kritikan dan menjadi band rock komersil yang bergengsi. Stone Temple Pilots merekam lima album studio dan menjual lebih dari 30 juta rekaman di seluruh dunia. Pada 2008, setelah lebih dari lima tahun berpisah, band melakukan reuni. Pada 25 Mei 2010 band merilis album keenam mereka, Stone Temple Pilots, album pertama yang dirilis setelah band melakukan reuni.

Namun, band mengalami banyak kesulitan, terutama karena masalah yang dimiliki Scott Weiland dengan kecanduan narkoba. Band terpaksa membatalkan sebagain besar tur mereka setelah 1995, saat Weiland keluar masuk rehabilitasi. DeLeo bersaudara dan Eric Kretz akhirnya membentuk sebuah band baru, Talk Show, yang merilis satu album. Stone Temple Pilots kemudian melakukan reuni, merilis dua album lagi, dan dibubarkan sekali lagi pada 2003. Weiland menjadi penyanyi utama dari Velvet Revolver, Kretz membuka sebuah studio di California, dan DeLeo bersaudara mulai bekerja dengan Richard Patrick, penyanyi utama dari band Filter untuk membuat lagu untuk album keempat Filter. Hasil alhir adalah sebuah lagu yang disukai ketiganya, maka mereka menghubungi Ray Luzier, seorang drummer sesi yang terkenal, dan Army of One terbentuk. Debut milik band dirilis pada 14 Nopember 2006, dan mereka bubar pada Mei 2007.


DeLeo bekerja dengan Laughter Train pada akhir 1998-1999.

Permainan Dean telah mendapat pengakuan selama bertahun-tahun. Album kedua STP, Purple, yang dirilis pada 1994, berada di rangking no. 73 di daftar 100 Greatest Albums of All-time oleh majalah Guitar World.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...