Laman

Rabu, 24 Agustus 2016

GARY HOEY


Dilahirkan di Lowell, Massachusetts, AS pada 23 Agustus 1960. Pada usia 14 tahun, dia sering berkeliaran di luar Berklee College of Music, mencari teman dan menawarkan jasa mengajar gitar. Untuk mencurahkan waktunya pada musik, dia keluar dari SMA dan mulai bermain di klub-klub lokal Boston dan mengajar gitar untuk para pemain muda. Dia ikut audisi untuk Ozzy Osbourne pada 1988, saat Ozzy mencari pengganti untuk Jake E. Lee, tapi pekerjaan tersebut berhasil diambil oleh Zakk Wylde.

Pada 1990, dia bersatu dengan penyanyi Joe Ellis, bassis Rex Tennyson, dan drummer Frankie Banali untuk membentuk Heavy Bones. Band ini merilis album debut mereka pada 1992, tapi bubar tidak lama setelah itu.


Pada 1993, dia merekam album Animal Instinct yang sukses, yang menampilkan cover dari hit “Hocus Pocus” milik Focus. Tidak hanya masuk ke Billboard Top 5, menyebabkan semua single lainnya menjadi lagu rock yang dimainkan setiap tahun, tapi album ini juga mendapatkan perhatian dari penggemar rock klasik. Soundtrack Endless Summer II kemudian menyusulnya. Dia melakukan rekaman sebanyak 12 album instrumental, semuanya berorientasi gitar listrik. Rilisan 1996 miliknya, Bug Alley, memamerkan kemampuan vokalnya yang kemudian dia teruskan di album-album berikutnya. Dia terus melakukan tur secara rutin.

Album terkini Gary Hoey, “Dust & Bones” dirilis pada 2016. Dia sudah merekam 20 album dan memiliki lima hit Billboard top 20, dan disebut sebagai salah satu top 100 guitarists of all time.

Sebagai seorang penulis, produser, dan pemain gitar, para klien Hoey termasuk Disney, ESPN, dan No Fear, dan sudah menampilkan National Anthem untuk New England Patriots, San Diego Padres, dan Boston Red Sox. Hoey sudah tampil di documenter VH1 Classic, “Aftermath”, dan sudah menjadi bintang tamu bersama Michael Anthony, Ace Frehley, dan Dave Mason, di the 2010 Rock N Roll Fantasy Camp di Los Angeles, yang melakukan debut sebagai seri khusus di VH1 Classic yang dimulai pada musim gugur.


Seri “Ho Ho Hoey” terkenal miliknya dari CD Natal dan kunjungan radio langsung selama musim liburan menjadi acara tahunan di ratusan stasiun radio seluruh negeri. Selain itu, interpretasi tahunan live miliknya, “Ho Ho Hoey’s Rockin’ Holiday Show,” mendapatkan penggemar baru setiap tahun. Kartu ucapan musik milik Hallmark menampilkan dua dari klasik “Ho Ho Hoey” milik Gary.


Selain melakukan tur sebagai penampil utama, Hoey sudah melakukan tur dengan Brian May, Ted Nugent, Foreigner, Joe Satriani, The Doobie Brothers, Kenny Wayne Shepard, Eric Johnson, Steve Vai, Peter Frampton, Rick Derringer, Deep Purple, and Lita Ford. Dia medukung Jeff Beck pada tur di AS pada musim semi 2010. Gary bermain dan memproduseri beberapa lagu pada album Living Like a Runaway milik Lita Ford pada 2012, dan melakukan tur dengannya untuk mendukung album itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...