Laman

Kamis, 18 Agustus 2016

ERIC JOHNSON


Dilahirkan pada 17 Agustus 1954 di Austin, Texas, AS adalah seorang gitaris Amerika. Albumnya tahun 1990, Ah Via Musicom, mendapatkan platinum oleh RIAA, dan single "Cliffs of Dover" memenangkan Grammy Award untuk Best Rock Instrumental Performance.

Terkenal karena keterampilan gitar listriknya, Johnson juga merupakan gitaris akustik, lap, resonator, dan bass yang sangat mahir, serta seorang pianis dan vokalis ulung. Ia bermain dalam banyak genre, termasuk rock, blues, jazz fusion, soul, folk, new-age, klasik, dan country. Majalah Guitar Player menyebutnya "one of the most respected guitarists on the planet".

Terlahir dalam keluarga yang cenderung suka musik, Johnson dan tiga saudara perempuannya belajar piano, dan ayahnya adalah seorang penggemar alat tiup. Johnson mulai belajar gitar pada usia 11 tahun dan dengan cepat mulai berkembang melalui musik yang akan sangat mempengaruhi gaya masa depannya, antara lain Mike Bloomfield, Chet Atkins, Cream, Jimi Hendrix, Stevie Ray Vaughan, Ric Bailey, Wes Montgomery, Jerry Reed, Bob Dylan, dan Django Reinhardt. Pada usia 15 tahun, ia bergabung dengan band profesional pertamanya, Mariani, sebuah grup rock psychedelic. Pada tahun 1968, Johnson dan grup merekam demo, yang melihat rilisan yang sangat terbatas; bertahun-tahun kemudian, rekaman itu menjadi barang koleksi yang berharga.

Setelah lulus dari sekolah menengah, Johnson secara singkat belajar di University of Texas di Austin dan pergi dengan keluarganya ke Afrika. Dia akhirnya kembali ke Austin dan pada tahun 1974, bergabung dengan sebuah grup fusion lokal bernama Elektromagnets. Grup ini melakukan tur dan rekaman secara regional, tetapi tidak menarik perhatian dari label rekaman besar dan sebagai hasilnya, dibubarkan pada tahun 1977. Namun, kekuatan permainan Johnson menarik pemuja kecil yang mengikuti rekaman awal grup, dan beberapa dekade kemudian, dua album mereka diberi rilisan luas dalam bentuk compact disc.

Setelah pembubaran Electromagnets, Johnson membentuk sebuah trio tur, Eric Johnson Group, dengan drummer Bill Maddox dan bassis Kyle Brock. Mereka bermain untuk penonton di sekitar Austin. Dari 1976–1978, Johnson merekam Seven Worlds, album debutnya, di Odyssey Studios di Austin. Sengketa kontrak mengikutinya, dan Seven Worlds tidak dirilis hingga 1998 di Ark21 Records.

Tidak dapat mengamankan kontrak manajemen baru, Johnson mulai bekerja sebagai gitaris sesi untuk beberapa aksi terkenal, termasuk Cat Stevens, Carole King, dan Christopher Cross. Saat menjadi seorang musisi sesi, Johnson terus tampil secara lokal di Austin.

Karier Johnson menjulang kembali pada tahun 1984 ketika ia menandatangani kontrak dengan Warner Bros. Records. Christopher Cross dan produser David Tickle merekomendasikan Johnson ke label itu. Penampilan terobosannya di Austin City Limits pada tanggal 31 Juli 1984 direkam dan kemudian dirilis pada CD/DVD pada tahun 2010. Penampilan dari Cliffs Of Dover dari konser didistribusikan dalam sebuah halaman suara flexi-disc dalam edisi Mei 1986 dari majalah Guitar Player.

Pada bulan Mei 1986, majalah Guitar Player memuat cerita sampul tentang Johnson. Artikel ini membantu mempromosikan rilisan dari Tones dan membawa pujian kritis Johnson serta meningkatkan profilnya di komunitas gitar dan musik. Lagu album "Zap" dinominasikan untuk Grammy Award 1987 untuk Best Rock Instrumental Performance, tetapi secara keseluruhan, album tersebut tidak laku, dan Warner Bros. membiarkan kontrak Johnson berakhir. Dia menandatangani kontrak dengan label indie Cinema Records, didistribusikan oleh Capitol Records.

Pada saat Johnson merilis album debutnya di Capitol Record 1990, Ah Via Musicom, dia secara teratur memenangkan penghargaan untuk musiknya di pers gitar. Selama periode ini, Johnson juga menarik pengakuan untuk suara yang kaya, seperti biola yang dia hasilkan dari '54 Fender Stratocaster yang dicintainya, yang dia beri nama Virginia. Lagu kedua album, "Cliffs of Dover", mencontohkan suara uniknya dan memenangkan Johnson Award Grammy 1991 untuk Best Rock Instrumental Performance. Ah Via Musicom adalah sebuah hit crossover dan disertifikasi sebagai platinum.

Johnson adalah seorang perfeksionis yang diakui, dan sifat-sifat itu tampaknya bekerja melawan rilisan tindak lanjut Ah Via Musicom. Tidak senang dengan rekamannya, Johnson membuat master, kemudian menghapus beberapa lagu yang sudah selesai untuk album baru dan menunda perilisannya selama tiga tahun, di atas tiga tahun ia telah menghabiskan tur untuk mendukung Ah Via Musicom. Dia juga mengalami kemunduran yang melibatkan pertumbuhan musik dan masalah pribadi saat merekam album berikutnya, Venus Isle.

Venus Isle dirilis pada tanggal 3 September 1996. Ini adalah album dengan pengaruh world music yang menunjukkan pertumbuhan Johnson sebagai gitaris, penulis lagu, produser, pengarah musik, dan vokalis. Tapi album ini menerima tinjauan yang beragam dan tidak cocok dengan kesuksesan pendahulunya. Akibatnya, Johnson dikeluarkan dari Capitol Records. Dia melambung kembali dengan tur yang sukses dari Oktober hingga November 1996 dengan sesama gitaris Joe Satriani dan Steve Vai. Dinamakan "G3" tur, itu menghasilkan sebuah compact disc dan DVD penjualan platinum yang sukses berjudul G3: Live in Concert. 
 

Johnson akhirnya kembali ke studio rekaman, merilis Souvenir pada Januari 2002 pada label Vortexan Records miliknya sendiri. Album ini, dirilis di Internet, menerima hampir 65.000 pemutaran dalam tujuh minggu pertama setelah dibuat tersedia di mp3.com. Johnson mempromosikan Souvenir dengan sebuah tur listrik pada tahun 2003 dan sebuah tur akustik pada tahun 2004.

Album Johnson, Bloom dirilis pada bulan Juni 2005, pada label Favored Nations milik Vai. Album ini dibagi menjadi tiga bagian dengan gaya musik yang berbeda, dimaksudkan untuk menampilkan fleksibilitas Johnson. Penampilan Austin City Limits bulan Desember 1988 miliknya dirilis pada DVD dan compact disc pada New West Records pada bulan November 2005. DVD instruksi gitarnya, The Art of Guitar (Hal Leonard Corporation), juga dirilis di akhir tahun 2005.

Pada 24 Juni 2014, Provogue Records merilis Europe Live, retrospektif dari karya Johnson yang menampilkan dua komposisi baru. Salah satu komposisi baru berjudul "Evinrude Fever" dan menarik inspirasi dari ski air dan perahu.

Pada tahun 1994, Johnson membentuk proyek sampingan bernama Alien Love Child dan bermain secara sporadis ketika sedang merekam Venus Isle. Umpan balik penggemar positif dari acara tersebut membuat Alien Love Child menjadi pertunjukan permanen. Rekaman pertunjukan langsung, Live and Beyond, dirilis pada tahun 2000 pada label Favored Nations milik Steve Vai. Alien Love Child menampilkan kehebatan vokal Malford Milligan, seorang musisi daerah Austin yang mengepalai band lokal yang sangat populer Storyville, yang terdiri dari anggota Stevie Ray Vaughn's Double Trouble.

Pada tahun 1998, Johnson adalah salah satu juri dalam kompetisi "Best Unsigned Bands" milik Musician magazine, bersama dengan Ani DiFranco, Moby, Art Alexakis dari Everclear, Keb 'Mo', dan Joe Perry dari Aerosmith.

Pada tahun 2003, Johnson menyumbang solo gitar di album solo Mike Tramp, More to Life than This. Solo ini tampil di lagu "The Good, the Sad and the Ugly".

Pada bulan September 2006, Johnson mengambil bagian dalam produksi teater berjudul Primal Twang: The Legacy of the Guitar - perjalanan teater definitif pertama melalui sejarah 3.500 tahun yang berwarna-warni dan kontroversial. Pada bulan September 2007, Johnson berpartisipasi dalam produksi teater kedua oleh perusahaan yang sama berjudul Love In: A Musical Celebration di mana ia memaminkan serangkaian musik Jimi Hendrix, sebuah penghargaan untuk tahun 1967, sering disebut "The Summer of Love".

Pada akhir 2006, Johnson berpartisipasi dalam tur G3 kedua di Amerika Selatan, dengan Joe Satriani dan John Petrucci.

Johnson muncul sebagai bagian dari Ultimate Musician's Fantasy Music Camp milik majalah Guitar Player di Las Vegas pada bulan Februari 2014, dengan gitaris Joe Perry, Steve Vai, Elliot Easton, Michael Anthony, dan lain-lain. Ia tampil bersama Zakk Wylde, Buddy Guy, Jonny Lang, Kenny Wayne Shepherd, Dweezil Zappa, dan Doyle Bramhall II sebagai bagian dari edisi ke delapan dari Experience Hendrix Tour yang menyoroti musik Jimi Hendrix, pada Maret 2014. Johnson kembali ke Experience Hendrix Tour pada bulan September dan Oktober 2014. Johnson dan sesama gitaris Mike Stern memulai Eclectic Guitar Tour mereka pada tanggal 6 November 2014, dan merilis sebuah album yang mendukungnya pada tanggal 27 Oktober 2014. Pada bulan Agustus 2015, ia berpartisipasi dalam "Vai Academy" bersama dengan gitaris Steve Vai dan Sonny Landreth, dan juga memulai tur akustik di Barat Daya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...